https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial

Authors

  • Rofy Anggiana Putra Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Doddy Iskandar Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3128

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Strategi, Tiktok

Abstract

Abstract. JX has a social media Tiktok with a number of followers of around 800 thousand followers. And having around 15 million likes. The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. This study examines contemporary phenomena which are studied in depth regarding online media marketing communication strategies. By using data collection techniques observation, interviews, and documentation. The results of the research show that PT. JX uses Tiktok social media in carrying out marketing communication activities because Tiktok social media increases sales and increases brand awareness. The constraints faced by PT. JX is a time constraint, Tiktok social media system, and customers. Despite the constraints of the Tiktok system, JX continues to learn about the provisions and rules made by the Tiktok social media. In the event that JX's customers always make reliable products so that customers are more confident and interested in JX perfume products, compared to other competitors or competitors who sell counterfeit products. PT strategy JX Akbar's work in optimizing marketing communications through Tiktok social media is to create clear and structured content planning and create a special schedule or timeline so that the content is spread out in a timely manner.

Abstrak. PT. JX memiliki social media Tiktok dengan jumlah pengikut sekitar 800 ribu pengikut. Dan memiliki jumlah sekitar 15 juta like. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini meneliti fenomena kontemporer yang dikaji secara mendalam mengenai strategi komunikasi pemasaran media online. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Alasan PT. JX menggunkan media sosial Tiktok dalam melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran adalah karena media sosial Tiktok meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Kendala yang dihadapi oleh PT. JX adalah kendala waktu, system media sosial Tiktok, dan customer. Dalam kendala system Tiktok Jayrosse terus mempelajari tentang ketentuan dan aturan-aturan yang dibuat oleh media sosial Tiktok. Dalam kendala customer Jayrosse selalu membuat produk yang terpercaya agar customer lebih yakin dan tertarik pada produk parfum Jayrosse, dibandingkan pesaing lainnya maupun pesaing yang menjual produk palsu. Strategi PT. JX dalam mengoptimalisasikan komunikasi pemasaran melalui media sosial Tiktok adalah dengan membuat content planning dengan jelas dan terstruktur dan membut jadwal atau timeline khusus agar konten tepat tersebar pada waktunya.

References

Afrizal, M. A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo Persada.

Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Bohang, F. K. (2018). Tiktok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia. Kompas.

Cangara, H. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Huda, Asrul dan Ardi, Noper 2021. Teknik Multmedia dan Animasi. Padang UNP Press

Irawan, W. (2015). User Acceptance dan Media Richness pada Video Conference dalam Kehadiran Bersama secara Sosial (Sosial Co-prence). Jurnal Komunikasi Indonesia, 4(1), 15–26.

Kleindl, B.A. dan J.L. Burrow. 2005. E-Commerce Marketing. United States of. America: South Western. Kohno, Teppei.

Komariah, Siti. 2019. “Hubungan Penggunaan Media Instagram Asian Games 2018 dengan Minat Berolahraga Followers Instagram Asian Games 2018.” Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Krisnawati, D. 2016. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian AMKD Merek Aqua (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i1.30

Mahendra, Bimo. 2017. Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, Volume 16, No. 01, Mei 2017, 151 – 160.

Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Nazib, M. A. 2016. “Model Efektivitas Iklan, Brand Image & Brand Awareness Berbasis Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Komunitas Sepeda Motor Sport Honda di Semarang).” Skripsi. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relations. Jakarta: Esensi.

Pulizzi, J., & Barrett, N. (2009). Get content. Get customers. McGraw Hill.

Puntoadi, Danis, 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex. Komputindo.

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto, 2010. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rumanti, Sr. Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grasindo.

Ruslan, Rosady. 2005. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

SanKarya, Ridwan dan Josua Tarigan. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudarsono, Heri. 2008. Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar. Yogyakarta: UII.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (1998). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi.

WiKarya, S., & Yana. (2021). Pajak Penghasilan Atas Giveaway. Penerbit Adab.

Wibowo, Sukarno dan Dedi Supriadi. 2013. Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Yin, R. K. 2009. Case Study Research: Design and Method. Edisi Ke-4. California: Sage Publications, Inc.

Downloads

Published

2023-12-23