Hubungan antara Aktivitas Instagram Alfamart Gema Budaya Balaraja dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan

Authors

  • Gia Tamaya Bilqis Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • M. E. Fuady Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3125

Keywords:

Media Sosial, Instagram, Karyawan

Abstract

Abstract. This research is based on a phenomenon that occurred regarding the fulfillment of information needs of the employees in a company. This research aims to determine the relationship between the social media activities of the @alfamartgemabudaya_balaraja Instagram account and the fulfillment of the employees’ information needs at the Sumber Alfaria Trijaya Inc., Tbk Balaraja Branch. This research used a quantitative method with a correlational study approach. The respondents’ population of this research is active employees from Sumber Alfaria Trijaya Inc., Tbk Balaraja Branch. The sampling taken was 99 samples. The data collection was carried out in the form of a questionnaire distributed via Google Forms. The result of this research shows that there is a relationship between the social media activities of the @alfamartgemabudaya_balaraja Instagram account and the fulfillment of the employees’ information needs at the Sumber Alfaria Trijaya Inc., Tbk Balaraja Branch. The data shows a correlation test result of 0.892. The relationship category is very strong, significant, positive, and unidirectional. Thus, it can be concluded that the more frequent the social media activities of the Instagram account @alfamartgemabudaya_balaraja in providing information, the more fulfilled the fulfillment of the information needs and can build a better relationship between the company and its employees.

Abstrak. Penelitian ini didasarkan pada suatu fenomena yang terjadi mengenai pemenuhan kebutuhan informasi pada karyawan dalam suatu perusahaaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas media sosial akun instagram @alfamartgemabudaya_balaraja dengan pemenuhan kebutuhan informasi pada karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk Cabang Balaraja. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Populasi responden pada penelitian adalag karyawan aktif yang berasal dari PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Balaraja. Sampel yang diambil sebanyak 99 sampel. Mengenai pengambilan data yaitu berupa kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Hasil mengenai penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara aktivitas media sosial akun Instagram @alfamartgemabudaya_balaraja dengan pemenuhan kebutuhan informasi karyawan yang ada di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Balaraja, data menunjukan hasil uji korelasional sebesar 0,892. Kategori hubungan yang sangat kuat, signifikan, postif serta searah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin sering aktivitas media sosial akun Instagram @alfamartgemabudaya_balaraja dalam memberikan informasi, maka akan semakin terpenuhi pemenuhan kebutuhan serta dapat membangun hubungan yang lebih baik lagi antara perusahaan dengan para karyawannya.

 

References

Amadea, I. P., & Hernawati, R. (2023). Hubungan Marketing Public Relations dengan Brand Awareness. Jurnal Riset Public Relations, 69–76. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.2049

APJII. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146.

Arifah, A., & Yulianita, N. (2022). Hubungan antara Tayangan Presiden di vaksin dengan Minat Vaksin Masyarakat. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 136–141. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.498

Fauzan, I., & Suherman, M. (2022). Hubungan Membaca Berita Online di Line Today dengan Kepuasan Membaca Audience. Jurnal Riset Public Relations, 42–46. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.884

Herdiansyah, H. (2019). Wawancara, Observasi, dan Focus Group (1st ed.). Rajawali Persada.

Ilham Akbar Zam Zamy, & Dadi Ahmadi. (2023). Strategi Creative Branding Hijack Sandals untuk Meningkatkan Brand Image. Jurnal Riset Public Relations, 47–54. https://doi.org/10.29313/ jrpr.v3i1.1995

Irfan Fauzi, M., & Yuliati, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 148–155. https://doi.org/ 10.29313/jrpr.v1i2.500

Maulana, I. A., & Nurrahmawati. (2022). Grooming Front Officer dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Public Relations, 53–58. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.887

Mufty Machmud, A., & Yuningsih, A. (2022). Hubungan Kampanye Vaksinasi dengan Sikap Followers untuk Divaksin. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 162–168. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.502

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurvita Sari, D., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi : Communication Journal, 3(1).

Nuryanto, N. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Balai Pustaka.

Priyono, A., & Ahmadi, D. (2021). Strategi Komunikasi Marketing Public Relations Barli Coffee. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 90–95. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.306

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. In Jurnal Common | (Vol. 3).

Rakhmat, J., & Ibrahim, I. S. (2017). Metode Penelitian Komunikasi : Dilengkapi Contoh Analisis Statistik Dan Penafsirannya. PT Remaja Rosda Karya.

Ramadhan, M. A., & Chatamallah, M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran X. Jurnal Riset Public Relations, 19–22. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.641

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-23