Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan BUMN
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3112Keywords:
PT. KAI, Peduli Lingkungan, CSRAbstract
Abstract. Merging companies in carrying out CSR activities is a claim for losses experienced by society, especially in environmental damage. PT Kereta Api Indonesia has a superior program with organic waste management using the Black Soldier Flyes (BSF) system. This research was conducted with the aim of analyzing the process of CSR activities carried out by PT Kereta Api Indonesia in the Indonesian Railroad Cares for the Environment activity and to find out the supporting and inhibiting factors in each process of its implementation at the PT KAI company. In this study, the researcher chose to use the case study method, using a constructivism approach or paradigm. Data collection techniques used interview and pbservation methods with informants who were CSR staff at PT KAI’s CSR activities. The results of this study are expected to be useful for both researchers and for other researchers who will conduct similar research. The results of this study are that PT Kereta Api Indonesia’s corporate social responsibility activities were formed by going through eight stages, starting form receiving proposals, conducting surveys, reporting surveys results, applying for disbursement of funds, disbursing funds, implementing activities, evaluating, and finally reporting activity results.
Abstrak. Keterlibatan perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR merupakan tuntutan atas dampak kerugian yang dialami masyarakat khususnya pada kerusakan lingkungan. PT Kereta Api Indonesia memiliki program unggulan dengan pengelolaan sampah organik menggunakan sistem Black Soldier Flyes (BSF). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis mengenai proses dari kegiatan CSR yang dilaksanakan PT Kereta Api Indonesia dalam kegiatan Kereta Api Indonesia Peduli Lingkungan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan juga penghambat dalam setiap proses penyelenggaraannya pada perusahaan PT KAI. Dalam penelitian ini, peneliti memilih untuk menggunakan metode studi kasus, dengan menggunakan pendekatan atau paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai dengan narasumber yang merupakan staff CSR di PT KAI dan juga masyarakat yang terlibat dengan kegiatan CSR PT KAI. Hasil dari penelitian ini yaitu kegiatan corporate social responsibility PT Kereta Api Indonesia dibentuk dengan melewati delapan tahapan yang dilalui yakni, dimulai dari penerimaan proposal, pelaksanaan survey, pelaporan hasil survey, pengajuan pencairan dana, pencairan danam, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, dan yang terakhir pelaporan hasil kegiatan.
References
Agung Setiawan, & Maman Suherman. (2023). Implementasi CSR PT X dalam Membangun Ketahanan Pakan Ternak. Jurnal Riset Public Relations, 33–40. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1955
Agusta, I. 2003. Teknik Pengumpulan dan Analisis data Kualitatif 1
Anatan, L. (2009). Coorporate Social Responsibility (CSR): Tinjauan Teoritis dan Praktik di Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 66–77. https://doi.org/10.28932/JMM.V8I2.192
Azizah, Eka P. N, Nurnawati Hindra, Herning Suryo. 2022. "Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Kereta Api Indonesia Wilayah DAOP 4 Semarang Melalui Kegiatan Rail Clinic dan Rail Library". Surakarta: UNSRI
Cahya. Riyan Ardi. (2022). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk sebagai Upaya dalam Pembinaan Lingkungan dan Kemitraan. JIM : Journal of International Management, 1(1).
Fairus, F. 2020. "Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem Dan Prosedur Penggajian Dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Pada Pt Pancaran Samudera Transport," Dalam Jurnal Repository STIE Indonesia.
Hadi, S. 2016, Juni. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. 1, 74-79.
Kai.id. 2017. Diambil dari https://www.kai.id/corporate/csr
Kriyantono, R. 2020. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Lestari, I. D., & Hernawati, R. (2022). Kegiatan CSR dalam Meningkatkan Corporate Image. Jurnal Riset Public Relations, 1–5. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.626
Lourrinx Effine, Mahyati, M., Sitorus, E., Soputra, D., Tangio, J. S., Firdaus, Rois, I., Pasanfa, O., Ahmad, H., Syahrir, M., & Akbar, F. (2022). Pendidikan Lingkunan Hidup (1st ed., Vol. 1). Kita Menulis.
McGrath, S. K., & Whitty, S. J. 2017. "Stakeholder Defined," Dalam Jurnal Springfield: International Journal of managing. (Vol. 10)
Nayenggita, G. B., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2019). Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 61. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23119
Nur'aqil, Ariiq N., Rochman, Fatchur. 2022, Januari. "Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Pada Program TJSL PT Angkasa Pura II (Persero) Periode 2021". Malang: Journal of Development Economic and Social Studies. Vol 1 No 1, 142-147.
Situmeang, I. V. 2016. Corporate Social Responsibility; Dipandang dari Pespektif Komunikasi Organisasi. Yogyakarta: Ekuilibria.
Suparni, N. 1994. Pelestarian, Pengelolaan dan Penegakan Hukum Lingkungan. Sinar Grafika
Widjaja, G., & Pratama, Y. A. 2008. Risiko Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR. Jakarta: Rorum Sahabat.