Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Konstruksi Kesan Positif tentang Protokoler Unisba

Authors

  • Friska Eldianita Nur Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Nova Yulianti Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3015

Keywords:

Komunikasi Massa, Instagram, Kesan

Abstract

Abstract. The rapid development of technology is very fast due to the presence of new media such as social media which is very popular among people today, namely Instagram. It is not easy to convey information, impressions and a good image in the eyes of the public. The Unisba Protocol tries to take advantage of Instagram social media in building a positive impression about the Unisba Protocol through its Instagram account @protokolerunisba by creating content that is interesting, consistent, informative and also educative for Unisba students. The purpose of this study is to examine the use of Instagram social media in the construction of positive impressions about the Unisba Protocol, to find out how to build information and content concepts on the Unisba Protocol Instagram social media, to find out how to manage information in building a positive impression of the Unisba Protocol, to find out how visual design of the Unisba Protocol Instagram feed display, to find out how to find solutions to limitations/obstacles when building positive impressions through the Unisba Protocol Instagram.

Abstrak. Pesatnya perkembangan teknologi yang sangat cepat dikarenakan hadirnya media baru seperti media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat saat ini yaitu Instagram. Tidak mudah menyampaikan informasi, kesan dan citra yang baik di mata masyarakat. Protokoler Unisba mencoba memanfaatkan media sosial Instagram dalam konstruksi kesan positif tentang Protokoler Unisba melalui akun instagramnya @protokolerunisba dengan membuat konten-konten yang menarik, konsisten, informatif dan juga edukatif bagi mahasiswa Unisba. Tujuan dari penelitian ini meneliti tentang pemanfaatan media sosial Instagram dalam konstruksi kesan positif tentang Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana cara membangun konsep informasi dan konten di media social Instagram Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana cara pengelolaan informasi dalam membangun kesan positif Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana perancangan visual tampilan feed Instagram Protokoler Unisba, untuk mengetahui bagaimana solusi dari keterbatasan/hambatan pada saat membangun kesan positif melalui Instagram Protokoler Unisba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.

References

Alex, S. (2013). Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Azizah, N. Z. N., & Imran, A. I. (2019). Proses Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Membangun Citra Positif melalui Media Sosial Instagram@ Keretaapikita. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 26(1), 19-26.

Budhirianto, S. (2018). Analisis Wacana Media Terhadap Kebijakan Dan Citra Pemerintah Di Surat Kabar Daerah Pada Tahun 2017. Jurnal Pikom, 104.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology, 1(1), 565–572.

Dewi, F. A. D. K. (2013). Pembentukan dan Pengelolaan Kesan Para Facebookers. Ragam, 13(3).

Erarslan, Ali. 2019. Instagram as an Education Platform for EFL Learners. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, v18 n3 p54-69 Jul 2019. ERIC.

Fauzi, M. I., & Yuliati, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 148-155.

Fitri, A. N. (2020). Jokowi dan Kekuatan Pencitraan Diri Serta Relasinya Dengan Umat Islam. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 1-17.

Jalaludin Rahmat, 2005, Psikologi Komunikasi, Bandung; PT Remaja Rosdakarya

Kencana, W. H. (2020). Peran Dan Manfaat Komunikasi Pembangunan Pada Aplikasi Pelacak Covid-19 Sebagai Media Komunikasi Kesehatan: Kajian Media Komunikasi Dalam Perspektif Sosial. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(1), 83-95.

Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., & Pakpahan, N. S. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 134-142.

Kusuma, R. S., & Azizah, N. (2018). Melawan radikalisme melalui website. Jurnal Aspikom, 3(5), 943-957.

Mahendra, I. T. (2017). Peran media sosial instagram dalam pembentukan kepribadian remaja usia 12-17 tahun di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi (Bachelor's Thesis, Fitk).

Mansuri, M. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Personal Branding Mahasiswa/I Public Relations Universitas Mercu Buana (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).

Mcquail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Nurvita Sari, D., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi : Communication Journal, 3(1).

Nordin, N. H., Mohammad, N. S., & Mohamad, A. M. (2019). Media Sosial dan Instagram Menurut Islam. Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, 13, 1.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490-501.

Sinta, S. (2021). Konstruksi Pemberitaan Rancangan Undangundang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUUPKS) Di Media Online (Analisis Framing di kompas. com dan tirto. id) (Doctoral dissertation, Framing, Media, Kekerasan, Seksual).

Downloads

Published

2023-12-22