Pengaruh Citra Sekolah terhadap Keputusan Orangtua Memilih Sekolah di SDIT Zaid bin Tsabit
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.2482Keywords:
Keputusan Memilih, SDIT, Citra SekolahAbstract
Abstract. This study aims to (1) determine the image of SDIT Zaid Bin Tsabit school according to the parents of students (2) to determine parents' decisions in choosing educational services at SDIT Zaid Bin Tsabit (3) to analyze the effect of school image on parents' decisions to choose a school at SDIT Zaid Bin Thabit. This research is a quantitative study using SPSS 25. Using a simple linear regression analysis technique. The population and sample in this study were parents of SDIT Zaid Bin Tsabit students. The population is 288 parents of students. The sample used was 81 samples using the non-probability sampling technique. The results showed (1) the image of the school at SDIT Zaid Bin Tsabit obtained the average value of the variable in the very good category from parents. This can be seen from the results that have been determined. (2) parents' decision to make a decision to choose a school at SDIT Zaid Bin gets the variable average score in the very good category. (3) based on the results of data analysis and field research, it is known that school image has a real influence on parents' decisions to choose a school. The effect of school image on parents' decision to choose a school at SDIT Zaid Bin Tsabit is 63%, while the remaining 37% is influenced by other factors not examined in this study.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui citra sekolah SDIT Zaid Bin Tsabit menurut orang tua siswa (2) untuk mengetahui keputusan orang tua dalam memilih jasa pendidikan di SDIT Zaid Bin Tsabit (3) untuk menganalisa pengaruh citra sekolah terhadap keputusan orang tua memilih sekolah di SDIT Zaid Bin Tsabit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan SPSS 25. Menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu orangtua siswa SDIT Zaid Bin Tsabit. Populasi sebanyak 288 orangtua siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 81 sampel dengan teknik nonprobability sampling, Hasil penelitian menunjukan (1) citra sekolah di SDIT Zaid Bin Tsabit mendapatkan nilai rataan variabel dengan kategori sangat baik dari orangtua siswa. hal tersebut dilihat dari hasil yang telah ditentukan. (2) keputusan orangtua terhadap pengambilan keputusan memilih sekolah di SDIT Zaid Bin mendapatkan nilai rataan variabel dengan kategori sangat baik. (3) berdasarkan hasil analisis data dan penelitian dilapangan diketahui bahwa citra sekolah memiliki pengaruh yang nyata terhadap keputusan orangtua memilih sekolah. Pengaruh citra sekolah terhadap keputusan orangtua memilih sekolah di SDIT Zaid Bin Tsabit sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada pada penelitian kali ini.
References
Ahmad, S., Hamdani, I., Ikhtiono, G., Sodikin, A., & Ibn Khaldun Bogor, U. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Siswa Berseklah di MTs Al Asiyah. 6. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Alviana, A. F., & Nanik Setyowati, R. R. (2023). Motivasi Orang Tua dalam Penentuan Pendidikan Tinggi Anak di Kelurahan Meri Kota Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 494–509. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n2.p494-509
Enjina, Samsuddin, & Kurniasari, F. (2019). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Orangtua Memilih Jasa Pendidikan di Sekolah Dasar Amkur Bengkayang. Jurnal Produktivitas, 6(1), 75–70.
Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi (6th ed.). Kencana Prenedia Media Group.
Maulidia, I., Siregar, M. R. A., & Jayawinangun, R. (2022). Bagaimana Komunikasi Antara Pengelola Dengan Pemerintah Dalam Membangun Citra Destinasi Kampung Wisata Tematik? Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 6(1), 54–62. https://doi.org/10.33751/jpsik.v6i1.5313
Putra, D. G. A. A. S., Mitarani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2022). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga Dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan Di Sekolah Dasar Jambe Agung Batubulan. EMAS, 3(4).
Qorib, F., Utami Rezkiawaty Kamil, S., Jumrana, & La Tarifu. (2022). Reshaping Today’s Education with Social Media. Jurnal Riset Public Relations, 105–110. https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1355
Rusmini, R., Hariyanto, D., & Kurniasari, F. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Jasa Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kubu Raya. JURNAL PRODUKTIVITAS, 5(1). https://doi.org/10.29406/jpr.v5i1.1252
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukanto, T., Surya, A., Teknologi, N. I., Trenggalek, B., Trenggalek, K., & Mekky Briyantoro, I. (2023). Pengaruh Citra Institusi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Masuk Institut Teknologi dan Bisnis Trenggalek. 2(1).
Sulchan, K., & Rizal, H. F. (2021). Improving School Image and Parents’ Interest in Choosing Schools Influenced by Product, Promotion and Pricing Strategies in Elementary Schools. Indonesian Journal of Innovation Studies, 15. https://doi.org/10.21070/ijins.v15i.554
Tauhid, S. M., Nurmalasari, N., Foldra, F., & Jayawinangun, R. (2020). Trend kajian pembelajaran daring: Suatu telaah pustaka. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 4(2), 123–130. https://doi.org/10.33751/jpsik.v4i2.2535