Strategi Pengelolaan Konten Morgy Coffee

Authors

  • Irsyad Nugraha Ritonga Hubungan Masyarakat
  • M.E. Fuady Hubungan Masyarakat, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1829

Keywords:

Strategi, Konten, Coffee Shop, Morgy Coffee, Social Media, Instagram

Abstract

Abstract—The activity of drinking coffee has now become a lifestyle carried out by most people, this can be seen from the increasing proliferation of coffee shop outlets in Indonesia, especially the city of Bandung. Coffee shops are not only used as a place to drink coffee, but many are also used as gathering places, meetings, or other activities. Morgy Coffee is a coffee shop that has a pretty good impression in the community, especially in the city of Bandung. This can be seen in reviews on various platforms, one of which is Instagram social media for food bloggers, influencers, and people who have visited. Social media becomes a medium as a necessity in creating good branding. Therefore it is very important to manage social media content to make it easier for audiences to get the information they need and to become a medium of communication between companies and their audiences. The purpose of this research is to find out how Morgy Coffee's content management strategy is. The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, and documentation. The results of the research that has been done are that the reason Instagram is used as a marketing medium for Morgy Coffee products is because Instagram is considered flexible, interactive and has many Instagram features. The process of managing content through Instagram @morgycoffee carries out the process or planning, namely the first stage is preparing content, determining the type of content and target market, then posting content. The obstacles faced by Morgy Coffee are non-technical obstacles, where employees make negligence and the content ideas are similar to other competitors.

 

Abstrak—Kegiatan minum kopi saat ini sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari semakin menjamurnya gerai coffee shop di Indonesia khususnya kota Bandung. Coffee shop tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk meminum kopi saja, namun banyak dijadikan juga sebagai tempat berkumpul, meeting, ataupun aktivitas lainnya. Morgy Coffee merupakan salah satu coffee shop yang memiliki kesan yang cukup baik di tengah masyarakat terutama di Kota Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dalam review di berbagai platform salah satunya media social Instagram para food blogger, influencer, maupun masyarakat yang penah berkunjung. Media sosial menjadi media sebagai kebutuhan dalam menciptakan branding yang baik. Oleh karena itu sangat penting mengelola konten media sosial untuk mempermudah khalayak dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkannya dan menjadi media komunikasi antara perusahan dengan khalayaknya. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan konten Morgy Coffee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu alasan Instagram digunakan sebagai media pemasaran produk Morgy Coffee yaitu karena Instagram dinilai fleksible, interaktif dan memiliki banyak fitur Instagram. Proses pengelolaan konten melalui Instagram @morgycoffee melakukan proses atau perancanaan yaitu tahap yang pertama adalah mempersiapkan konten, menentukan jenis konten dan target pasar, lalu memposting konten. Hambatan yang dihadapi oleh Morgy Coffee adalah hambatan non teknis, dimana karyawan melakukan kelalaian dan kesamaan ide konten dengan pesaing lainnya.

References

Afrizal, M.A. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Atmoko Dwi. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Ayu, Putri Eryta. 2013. Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. Surabaya: UPN Veteran Jawa Timur.
Bogdan., Taylor Dan. 1984. Bentuk Penelitian Kualitatif Teori Dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Mizan Pustaka.
Dr. Jalaluddin Rakhmat, M.Mc., Dr. Idi Subandy Ibrahim, M. S. 2017. Metode Penelitian Komunikasi : Dilengkapi Contoh Analisis Statistik Dan Penafsirannya. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Dr. Rulli Nasrullah, M. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Luttrell, Regina. 2015. How To Engage, Share And Connect. London: Rowman& Littlefield.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution. 1998. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsiti.
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rima Wati, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian, Kuantitatif, Dan R&D. Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. 2006. Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Sumarsono, D. 2015. Luar Biasa Bisnis Restoran Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Thomas, Kuhn. 2002. Peran Oparadigma Dalam Revolusi Sains. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode,. Jakarta: Rajawali Press.

Jurnal :
Azlina, A. 2015. “Pengaruh Aktivitas Pada Instagram Terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram Di Bandung (Studi Pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka).” E-Proceeding Of Management,.
Haenlein, Andres Kaplan & Michael. 2010. “User Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media,.” Business Horizons

Internet :
I.R, Jeko. (2022). “Jumlah Pengguna Internet Dunia Sentuh 3,8 Miliar” Https://M.Liputan6.Com/Tekno/Read/3051109/Jumlah-Pengguna-Internet-Dunia-Sentuh-38-Miliar Diakses Pada Agustus 2022 Pukul 17.00
Yudhianto. (2022). "132 Juta Pengguna Internet Indonesia, 40% Penggila Medsos" Https://Inet.Detik.Com/Cyberlife/D-3659956/132-Juta-Pengguna-Internet-Indonesia-40-Penggila-Medsos. Diakses Pada Agustus 2022 Pukul 17.20
Https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/ Diakses Pada September 2022 Pukul 16.05

Downloads

Published

2023-07-18