Promosi Concept Store melalui Media Sosial

Authors

  • Mochamad Raihan Rachmansyah Public Relation, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Maya Amaliah Oesman Palapah Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i1.1798

Keywords:

Promosi, Media Sosial, Three Ways Strategy

Abstract

Abstract. Other. At the same time, they have to be able to overcome the competition in order to make their business runs well. One of the strategies to deal with this situation is doing promotional activities. These activities can be done offline or online. In addition, along with the development of the technology, the promotional activities continue to grow, especially the online one. Currently, online promotion is the choice of many business activists. Online promotion can be done through social media. One brand that uses it is HGL House, as a concept store that uses social media as a promotional medium. The social media used is Instagram, by utilizing the reels feature. The purpose of this study is to find out how the promotional activities carried out by HGL House through Instagram reels. The data to be obtained are the stages of planning, implementation, obstacles and evaluation of the promotional activities carried out. This research employs qualitative case study method. Data were collected through interviews, observations, and literature reviews. The results of this research are expected to result a better understanding in the implementation of promotional activities carried out from the planning, implementation, obstacles to evaluation stages carried out in these promotional activities associated with the three way strategy.

 

Abstrak. Banyaknya brand-brand bermunculan di kota Bandung menjadikan pesaing bermunculan. Para penggiat bisnis harus bisa mengatasinya agar bisnisnnya berjalan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan aktivitas promosi. Aktivitas promosi bisa dilakukan dengan cara offline maupun online. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, aktivitas promosi seakan terus berkembang. Saat ini promosi secara online menjadi pilihan yang banyak diilih oleh para penggiat bisnis. Promosi online dapat dilakukan dengan cara melalui media sosial. Salah satu brand yang memamnfaatakannya adalah HGL House sebagai salah satu concept store yang menggunakan media sosial yang dijadikan sebagai media promosi. Media sosial yang dipakai adalah instagram dengan memanfaatkan fitur reels. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana aktivitas promosi yang dilakukan oleh HGL House melalui instagram reels. Adapun hal yang ingin di peroleh adalah mengenai tahap perencanaan, pelaksanaan, hambatan dan evaluasi dari aktivitas promosi yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualtatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil pada penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan penerapan aktivitas promosi yang dilakukan dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, hambatan hingga evaluasi yang dilakukan dalam aktivitas promosi tersebut dikaitkan dengan three ways strategy.

 

References

Kotler,Philip, Kevin Lane Keller.2012.Marketing Management,14th Edition. United States Of America: Pearson.

E-book. Zulki Zulkifli Noor (2016). Manajemen Pemasaran Stratejik Dilengkapi dengan Kasus-Kasus dalam Bidang Bisnis dan Sektor Publik. Yogyakarta: CV. Budi Utama. (hlm. 70)

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta (hlm 246)

E-book. Astri Rumondang Banjaŕnahor, Bonaraja Purba, Andriasan Sudarso, Syafrida Hafni Sahir, Risma Nurhaini Munthe, Iskandar Kato, Dyah Gandasari, Sukarman Purba, Muliana Muliana, Muhammad Ashoer, Diena Dwidienawati Tjiptadi, Hendra Hendra, Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Richard Berlien, Hasyim Hasyim. Manajemen Komunikasi Pemasaran (2021). Medan: Yayasan Kita Menulis. (hlm 98)

E-book. Mokhammad Nurin Fajarudin (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Jakarta: Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). (hlm.6)

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita (hlm.10)

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta (hlm 246)

Deddy Mulyana, Komunikasi Antar Budaya (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003), hal.12

Harris Kristanto “Pengaruh Product Placement Pada Film Indonesia terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Masyarakat Surabaya”

Muhammad Aulia Nurahman “Strategi Marketing Public Relation The Sun Hotel Sidoarjo Khoirul. (2016). Analisis Framing Berita Banjir Oleh Humas di Website Pemerintah Kota Samarinda. 523.

Harris Kristanto “Pengaruh Product Placement Pada Film Indonsia Terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Masyarakat Surabaya”

Andiwi Meifilina. Instagram Reels Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswa. Widya Komunika Vol 11 No.2 Oktober 2021.

Djoko Lesmana Radji “Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Delizza Pizza Kota Gorontalo Dikutip Pada 10 Agustus 2022 pukul 18.44

Didier Neonisa “Peran Iklan Layanan Masyarakat Dalam Sosialisasi Program BuSway Oleh Pemprov Dki” Dikutip pada 5 Mei 2022 pukul 10:25”

Lustono , Fadila Laila Cahyani. “Pengaruh Media Promosi Digital atau Online dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Belanjadolo Online Kecamatan Banjarnegara. STIE Tamansiswa Banjarnegara. Jawa Tengah. Vol 20 Januari 2020.

Sandi, E. D. (2020, Desember, Minggu). Layout concept store dan persepsi visual Retrieved from https://binus.ac.id/bandung/2020/12/layout-concept-store-dan -persepsi-visual-konsumen/

Nindita, Anggun. (2022, Agustus, Senin). Perempuan dimanjakan di Happy Go Lucky from https://www.ayobandung.com/fashion/pr-79620479/perempuan-dimanjakan-di-happy-go-lucky

Downloads

Published

2023-07-17