https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Penyusunan Program Ngapel oleh Iprahumas Indonesia

Authors

  • Muhamad Handar Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpr.vi.1351

Keywords:

media sosial, media humas, instagram

Abstract

Abstract. This study aims to determine the preparation of the NGAPEL program implemented by Iprahumas Indonesia. In its realization in accordance with Law no. 14 of 2008 concerning Openness of Public Information, Iprahumas Indonesia as a government public relations officer functions to provide education and information to the public. The research method used is qualitative. The tools used are observation, documentation, interviews, and literature conducted on informants and key informants in Iprahumas Indonesia. The data obtained was immediately compiled and analyzed so that it became a descriptive data. The results obtained are that the NGAPEL live program on IG TV Iprahumas can share information related to many things and information both in the nature of entertainment, information and education whose scope is in the public sphere or the wider community, the topic of conversation is adjusted to the current conditions, neutral and transparent. The conclusion of this study is that the NGAPEL Iprahumas Indonesia program has become a vehicle for information education in the field of public relations in a practical way in implementing the values ​​of the NGAPEL program as Iprahumas Indonesia's vision, "increasing the capacity of Public Relations Pranata as a career and professional path: developing a dynamic professional organization of Public Relations Pranata and adaptive to the dynamics of society.”

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan program NGAPEL yang diterapkan Iprahumas Indonesia. Dalam perwujudannya sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Iprahumas Indonesia sebagai humas pemerintah berfungsi untuk memberikan edukasi dan informasi kepada publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Alat yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan kepustakaan yang dilakukan kepada informan dan key informant yang ada di Iprahumas Indonesia. Data yang diperoleh langsung disusun dan dianalisis sehingga menjadi sebuah data deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah program live NGAPEL di IG TV Iprahumas dapat saling sharing informasi terkait banyak hal dan informasi baik yang bersifat entertaintment, informasi maupun edukasi yang cakupannya ke ranah publik atau masyarakat luas, topik perbincangan pun disesuaikan dengan kondisi yang sekarang terjadi, bersifat netral dan transparan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program NGAPEL Iprahumas Indonesia telah menjadi wahana edukasi informasi di bidang kehumasan secara praktis dalam mengimplementasikan nilai-nilai program NGAPEL sebagaimana visi Iprahumas Indonesia, “meningkatkan kapasitas Pranata Humas sebagai jenjang karir dan profesi: mengembangkan kelembagaan organisasi profesi Pranata Humas yang dinamis dan adaptif terhadap dinamika masyarakat.”

References

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari (ed.); 1st ed.). jejak. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_penelitian_kualitatif/59V8DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+kualitatif+sugiyono&printsec=frontcover

Ardianto, E., Komala, L. & Karlinah, S. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media. https://www.google.co.id/books/edition/Komunikasi_massa/euYPzgEACAAJ?hl=id

Brogan, C. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. John Wiley & Sons, Inc. https://www.google.co.id/books/edition/Social_Media_101/in7BSJlU7z4C?hl=id&gbpv=0

Ernawati. (2013). Peranan Sekretaris Profesional sebagai Public Relations dalam Organisasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Indonesia, I. (2020). Sejarah Singkat IPRAHUMAS. Iprahumas Indonesia. http://iprahumas.id//pages/sejarah-singkat-iprahumas

Julianti, S. (2020). Program Live NGAPEL di IG TV Iprahumas.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Kualitatif/TP_ADwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=teknik+pengumpulan+data+menurut+sugiyono+(2017)&printsec=frontcover

Mefita, S. & Yualinto, M. (2018). Fenomena Gaya Hidup Selebgram (Studi Fenomenologi Selebgram Awkarin). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, 6(4), 567–573.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Teori_dan_Riset_Media_Siber_cybermedia/JVNDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Teori+dan+Riset+Media+Siber+(Cybermedia&printsec=frontcover

Nurdin, I. & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitan Sosial. Media Sahabat Cendekia. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_SOSIAL/tretDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Menurut+(Kriyantoro,+2008),+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+membuat+deskripsi+secara+sistematis,+faktual,+dan+akurat+tentang+fakta-fakta+dan+sifat+populasi+ata

Setkab, H. (2015). Peran Humas Dalam Mensukseskan Program Pemerintah. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. https://setkab.go.id/peran-humas-dalam-mensukseskan-program-pemerintah/

Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, 8(2), 47–54.

Usman, H. & Akbar, P. S. (2004). Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270

Yeniartha. (2020). Program Live NGAPEL di IG TV Iprahumas.

Downloads

Published

2022-12-20