Upaya Guru PAI dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Thaharah Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Fauziah Dewi Rahayu Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Nan Rahminawati Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung
  • Ikin Asikin Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v3i1.1884

Keywords:

Upaya Guru PAI, Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran Thaharah

Abstract

Abstract. In PAI learning the lowest learning achievement was in Thaharah material, this shows that 33 grade IV students at SD Mathlaul Khoeriyah Bandung achieved a KKM score of only 60%, while 40% of students did not achieve a KKM score. The research method used in this study is a qualitative approach, descriptive method and case studies. Data collection techniques through interviews, observation and documentation. Data analysis techniques: data reduction, data presentation, and verification/conclusion. The existing condition of Islamic education learning in grade IV at SD Mathla'ul Khoeriyah Bandung, teachers still use conventional methods in class, namely passive students and less conducive learning, resulting in low student learning outcomes. The material with the lowest KKM score was on Thaharah material. The efforts of PAI teachers in improving learning outcomes of thaharah material for class IV who had low KKM scores at SD Mathla'ul Khoeriyah Bandung. The results of learning thaharah material for grade IV students at SD Mathla'ul Khoeriyah after the efforts made by the PAI teacher in improving student learning outcomes in thaharah material. The total number of 33 class IV students passed the quality standards of PAI subjects from KKM 80.

Abstrak. Pada pembelajaran PAI pencapaian hasil belajar yang paling rendah adalah pada materi Thaharah, hal ini menunjukkan bahwa 33 siswa kelas IV di SD Mathlaul Khoeriyah Bandung mencapai nilai KKM hanya 60%, sedangkan 40% siswa tidak mencapai nilai KKM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metode deskriptif dan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, dan veruvikasi/penarikan kesimpulan. Kondisi eksisting pembelajaran PAI kelas IV di SD Mathla’ul Khoeriyah Bandung guru masih menggunakan metode konvensional di kelas, yaitu siswa pasif dan pembelajaran kurang kondusif, mengakibatkan hasil belajar siswa tetap rendah. Materi dengan nilai KKM terendah yaitu pada materi Thaharah. Upaya guru PAI dalam peningkatan hasil belajar materi thaharah kelas IV yang memiliki nilai KKM rendah di SD Mathla’ul Khoeriyah Bandung. Hasil belajar materi thaharah siswa kelas IV di SD Mathla’ul Khoeriyah setelah upaya yang dilakukan guru PAI dalam peningkatan hasil belajar ketuntasan siswa pada materi thaharah jumlah keseluruhan siswa kelas IV 33 orang lulus standar mutu mata pelajaran PAI dari KKM 80.

References

Asidik, ilham arif. (2021). Menjaga Kebersihan Siswa Kelas X.

Azizah, C. (n.d.). Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. IAIN Kediri.

Bujangga, H. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN PAI PADA SEKOLAH UMUM. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 35–47. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i1.1063

Dewi, H. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD IT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

E. Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Hanafi. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. CV Budi Utama.

Kintan Nur’imanda, & Fitroh Hayati. (2022). Upaya Guru PAI dalam Melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi pada Masa Pandemik. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 37–43. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.980

M. Bahron. (2017). Upaya Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan. Studi, Program Agama, Pendidikan Pendidikan, Jurusan Islam, Agama Ilmu, Fakultas Dan, Tarbiyah Islam. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Negeri, S. M. A. , & H. K. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE TALKING STICK RUJI.

Purwanto. (2019). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Rohaeni, Rahminawati, N., & Khambali. (2022). Pelaksanaan Program Bimbingan Tahfidz Al-Qur’an Melalui Media Whatsapp dan Google Meet Di SDIT Al-Fajri Cikarang Timur Kab. Bekasi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2178

Rohmah, N. (n.d.). PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 ADIWERNA.

Sinaga, R. (2018). Upaya guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tangerang Selatan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Sundari, E. (2022). UpayaMeningkatkanKemampuan Shalat SiswaPada Mata Pelajaran PAI Melalui Metode DemonstrasiSiswaKelasIVSDN12 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(7).

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Weti Anggayuni. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CARD SORT TERHADAP PEMEROLEHAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD.

Downloads

Published

2023-07-20 — Updated on 2023-08-12

Versions