https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implikasi Pendidikan QS Al-Kahfi Ayat 70 tentang Etika Komunikasi Murid kepada Guru

Authors

  • Ratna Juwita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Dinar Nur Inten Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1518

Keywords:

Etika komunikasi, Murid, Guru

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to collect the opinions of the mufassir about the interpretation of Qs. Al-Kahfi verse 70; Discovering the essence of Qs. Al-Kahfi verse 70; Collecting Opinions of educational experts on the ethics of student communion to teachers in studying; Formulate the educational implications of Qs. Al-Kahfi verse 70 on the ethics of student communion to teachers in studying. This research uses the type and approach of library studies (library research). Methods and techniques for collecting studies in the form of literature studies. Research activities are carried out by examining more deeply the various interpretations and books related to the core of this research problem. The essence of Qs. Al-Kahfi verse 70: 1) Obey and obey the rules and regulations when the position is in study. 2) Do not interrupt the conversation and listen to each explanation first. 3) Be patient and patient by not rushing to get answers from each explanation. 4) Do not ask or speak before being welcome. Implications Qs. Al-Kahfi verse 70: 1) Obey and respect all rules and regulations. 2) Communicate with good language and be polite when speaking. 3) Empathy as well as being a good listener when others speak. 4) Ask or talk if you are welcome. 5) Be afraid and patient when studying.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan pendapat para mufassir tentang tafsiran Qs. Al-Kahfi ayat 70; Menemukan esensi dari Qs. Al-Kahfi ayat 70; Mengumpulkan Pendapat para ahli pendidikan tentang etika komuniasi murid kepada guru dalam menuntut ilmu; Merumuskan implikasi pendidikan dari Qs. Al-Kahfi ayat 70 terhadap etika komuniasi murid kepada guru dalam menuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kajian kepustakaan (library research). Metode serta teknik pengumpulan kajian berupa study literatur. Kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji secara lebih dalam dari berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan inti masalah penelitian ini. Esensi dari Qs. Al-Kahfi ayat 70: 1) Patuh dan taat terhadap peraturan dan ketentuan ketika posisi sedang dalam menuntut ilmu. 2) Tidak menyela pembicaraan dan mendengarkan setiap penjelasan terlebih dahulu. 3) Bersikap tawadhu serta sabar dengan tidak terburu-buru untuk mendapatkan jawaban dari setiap penjelasan. 4) Tidak bertanya atau berbicara sebelum dipersilahkan. Implikasi Qs. Al-Kahfi ayat 70: 1) Patuh dan hormat terhadap segala peraturan dan ketentuan. 2) Berkomunikasi dengan bahasa yang baik serta bersikap sopan saat berbicara. 3) Empati serta menjadi pendengar yang baik saat orang lain berbicara. 4) Bertanya atau berbicara jika sudah dipersilahkan. 5) Bersikap tawadhu dan sabar saat menuntut ilmu.

References

Alfiyyah Nur Hasanah, & Ikin Asikin. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Riwayat Imam Ahmad No 11472 tentang Etika Menjaga Lisan. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2(1), 43–50. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.981

Al-Qaradhawi, Y. (2001). Fikih Taysir. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Zamzami, M. (2018). Etika Menuntut Ilmu Dalam Qs. Al-Kahfi Ayat 60-82 Reinterpretasi Kisah Nabi Musa Dalam Menghadapi Dekadensi Moral Pelajar. El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 219–230.

Barnlund. (1970). Transactional Model of Communication. New York: Harper & Row.

Bertens, K. (2013). Etika. Ygyakarta: PT kanisius.

Corry, A. (2009). Etika Berkomunikasi dalam Penyampaian Aspirasi. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 1(1), 14–18.

Muhamad, I. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Najikha, A. (2019). Etika Berbahasa Tidak Sopan Menyebabkan Timbulnya Kekerasan terhadap Guru. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/amilanajikha/5d08e4050d823063c21aee72/etika-berbahasa-tidak-sopan-yang-menyebabkan-timbulnya-kekerasan-terhadap-guru

Nasr, S. H. (2015). The Study Quran A New Translation and Commentary. New York: HarperOne.

Shamith, U. bin A. (2022). Hadits Ahmad No.21693. ShareOneAyat Sampaikan Walau Hanya Satu Ayat. https://shareoneayat.com/hadits-ahmad-21693

Downloads

Published

2022-12-21