Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1482Keywords:
Al-Quran, Metode Iqro, TPQAbstract
Abstract. This study aims to determine the effectiveness of the iqro method in improving the ability to read the Qur'an at TPQ X Rengasdengklok Karawang. Data collection techniques in this study using observation, interviews, and documentation. Data analysis is done by compiling data, connecting data, reducing, presenting data, then concluded. The results of this study reveal 4 findings, namely: 1) Teacher planning in improving the ability to read the Qur'an with the iqro method and has not fully met the criteria, because in the planning there are still some things that have not been fully implemented. 2) The implementation of the teacher in improving the ability to read the Qur'an with the iqro method is in accordance with the existing concept or the implementation clearly follows the rules of the iqro method. 3) Teacher evaluation in improving the ability to read the Qur'an with the Iqro method in its implementation can be said to be still less effective. 4) As for the obstacle, it is constrained by time, place and lack of educators. The conclusion is that the use of the iqro method in improving the ability to read Al-Qur’an is less effective because of the lack of teachers and the absence of learning evaluation.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analasis data dilakukan dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan 4 temuan yaitu: 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro dan belum sepenuhnya memenuhi kriteria, karena dalam perencanaanya masih ada beberapa hal yang belum sepenuhnya terlaksana. 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro sudah sesuai dengan konsep yang ada atau pelaksanaanya sudah jelas mengikuti aturan metode iqro. 3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro dalam pelaksanaannya dapat dikatakan masih kurang efektif. 4) adapun kendalanya yaitu terkendala oleh waktu, tempat dan juga kurangnya tenaga pendidik. Kesimpulannya yaitu penggunaan metode iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kurang efektif karena kurangnya guru dan tidak adanya evaluasi pembelajaran.
References
Anshori. (2013). Ulumul Qur’an: Kaidah-kaidah memahami firman tuhan. Jakarta: . Rajawali Press.
Budiyanto, H. (1995). Prinsip-prinsip Metodologi Buku Iqro (Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an). Yogyakarta: Team tadarus AMM.
Humam, A. (2000). Buku Iqra’, Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, Jilid I-6. Yogyakarta: Team Tadarus AMM.
Kuswoyo. (2014). Metode Iqra’ K.H. As'ad Humam Perspektif Behavioristik. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 2(1), 122–141.
Ramadhan, S. (2020). Penerapan Metode Iqra’ dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al- Qur'an (Studi Pada Rumah Qur ' an Miftahussa ' adah Desa Mandiri Kecamatan Tomoni) [Agama Islam Negeri Palopo]. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2955/1/SANDI RAMADHAN.pdf
RI, M. A. (1991). Buku Iqro Cara Cepat Belajar Membaca Al-Quran. Jakarta: Departemen Agama Pusat.
Sari, A. N., Djuaini, & Qadafi, M. (2020). Implementasi Metode Iqro Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Siswa RA Perwanida II Mataram. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 14–26.
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sulistya, M., & Pamuji. (2016). Metode Iqro ’ Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1), 1–10.
Sundari, J. W. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Pohon Huruf Pada Anak. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.