https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implementasi Metode Hiwar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Ratna Widian Ningke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Eko Subiantoro Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1480

Keywords:

Metode Hiwar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Abstract

Abstract. The method is one of the appropriate and harmonious ways to present something so that an effective and efficient learning goal is achieved in accordance with what is expected. The method that can be applied by PAI teachers for this is the implementation of the hiwar method. This method can encourage student participation to ask questions and express their opinions. This research is a research with a pre-experimental approach. Data collection techniques in this study using interviews, observation, and documentation. This quantitative research is presented in the form of numbers and text to explain clearly how the preliminary activities, core activities, and evaluation of learning are carried out by PAI teachers in implementing the hiwar method at SMK X Margasari. The previous condition of learning participation was classified as lacking with an average value ranging from 53%-54%. This is because learning focuses on teacher explanations and textbooks only. Lack of exploring student knowledge makes students tend to be passive and less enthusiastic in expressing their opinions or asking questions. The lack of discussion activities also affects student learning participation. Therefore, with the implementation of the hiwar method students are able to increase learning participation (participation in asking questions, answering questions, doing assignments, discussing and concluding material) with an average range ranging from 58.33% - 98.80% and getting good and very good categories.

Abstrak. Metode merupakan salah satu jalan yang ditempuh sesuai dan serasi untuk menyajikan suatu hal sehingga tercapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan apa yang diharapkan. Metode yang bisa diterapkan oleh guru PAI untuk hal tersebut adalah dengan implementasi metode hiwar. Metode tersebut dapat mendorong partisipasi siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan pre-experimental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian kuantitatif ini disajikan dalam bentuk angka dan teks untuk menjabarkan secara jelas bagaimana kegaiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dalam pengimplementasian metode hiwar di SMK X Margasari. Kondisi sebelumnya partisipasi belajar tergolong kurang dengan nilai rata-rata yang berkisar 53%-54%. Hal ini dikarenakan pembelajaran berfokus pada penjelasan guru dan buku paket saja. Kurangnya meng-eksplore pengetahuan siswa membuat siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam mengemukakan pendapatnya ataupun bertanya. Kurangnya kegiatan diskusi pun mempengaruhi partisipasi beajar siswa. Oleh karena itu, dengan implementasi metode hiwar siswa mampu meningkatkan partisipasi belajar (partisipasi bertanya, menjawab pertanyaan, mengerjakan tugas, diskusi serta menyimpulkan materi) dengan range rata-rata berkisar 58,33% - 98,80% dan mendapatkan kategori baik serta sangat baik.

References

Cruickshank, D. R., Jenkins, D. B., & Metcalf, K. K. (2008). The Act of Teaching (5th ed.). New York: McGraw Hill.

Dimyati, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwiastuti, N., Suhardini, A. D., & Aziz, H. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis PBL Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. SPeSIA: Prosiding Pendidikan Agama Islam, 5(2), 174–180.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Indrawati, M. (2016). Modul Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing Berbasis E - Learning. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136

Nurjanah, N., Aziz, H., & Rachmah, H. (2021). Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Mata Pelajaran PAI terhadap Minat Belajar PAI di SMAN 11 Kabupaten Tangerang. SPeSIA: Prosiding Pendidikan Agama Islam, 7(2), 225–230. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/30660

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Thabroni, G. (2021). Metode Pembelajaran: Pengertian, Jenis & Macam (Menurut Para Ahli). Serupa.id. https://serupa.id/metode-pembelajaran-pengertian-jenis-macam-menurut-para-ahli/

Downloads

Published

2022-12-21