https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Hubungan Antara Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Unisba dalam Pemenuhan Kebutuhan Belajar di Masa Pandemi

Authors

  • Mochamad Isya Anshori Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.810

Keywords:

Pemenuhan Kebutuhan Belajar, Pertemuan Zoom, Komunikasi

Abstract

Abstract. Currently the world is being shocked by the outbreak of covid 19, then the Indonesian government imposed an emergency status that obliges him to work from the household of the Unisba community. Their faces become communicating as well as students communicating with lecturers. The research was conducted at the Islamic University of Bandung on Jl Tamansari No.1 Bandung 40116. The model in this study is the SMCR of David K ​​Berlo (Source, Message, Channel, Receiver) namely "Lecturer and Student Communication". and Students, the message is to fulfill learning needs, the channel is the use of mass media such as WhatsApp and Zoom Meeting, the recipients are students. The method in this study is correlational with a quantitative approach with probability sampling technique or simple random sampling and then calculated using the Slovin formula, the results obtained are 80 student respondents and to determine the relationship between Unisba lecturer and student communication in meeting learning needs. The results were then analyzed using Spearman Rank Correlation with SPSS version 2.0. The calculation results show that there is a fairly strong relationship between lecturer and student communication (S-M-C-R) with the fulfillment of learning needs Social learning theory (cognitive, behavioral, environmental influences) during the covid 19 pandemic, which is 0.518 and T count 6.782%.

Abstrak. Saat ini dunia sedang dikejutkan dengan mewabahnya covid 19, kemudian pemerintahan Indonesia memberlakukan status darurat yang mewajibkan masyarakatnya untuk bekerja dari rumah tak terkecuali Unisba juga terkena dampaknya yang memberlakukan mahasiswa dan dosen belajar dan mengajar dari rumah yang terjadi adalah pemenuhan kebutuhan belajar menjadi menurun mahasiswa menjadi susah berkomunikasi dengan teman tanpa tatap muka mereka menjadi susah berkomunikasi begitu juga mahasiswa berkomunikasi dengan dosen. Penelitian dilakukan di Universitas Islam Bandung di Jl Tamansari No.1 Bandung 40116. Model dalam penelitian ini adalah S-M-C-R dari David K Berlo (Source, Message, Channel, Receiver) yaitu “Komunikasi Dosen dan Mahasiswa ”Sumber dalam penelitian ini adalah komunikasi Dosen dan Mahasiswa, pesannya adalah pemenuhan kebutuhan belajar, salurannya adalah penggunaan media massa seperti WhatsApp dan Zoom Meeting, penerima adalah mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling probabilitas atau random sampling sederhana lalu dihitung dengan menggunakan rumus slovin didapat hasil 80 responden mahasiswa dan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi dosen dan mahasiswa Unisba dalam pemenuhan kebutuhan belajar. Hasil tersebut kemudia dianalisa menggunakan Korelasi Rank Spearman dengan spss versi 2.0. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara komunikasi dosen dan mahasiswa (S-M-C-R) dengan pemenuhan kebutuhan belajar Teori belajar social (kognitif, perilaku, pengaruh lingkungan) di masa pandemi covid 19 yaitu sebesar 0,518 dan T hitung 6.782%.

Downloads

Published

2022-07-10