https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Penerapan Komunikasi Bisnis Dalam Memberdayakan Pelaku Usaha UMKM

Authors

  • Anne Ratnasari Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i2.4989

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Pemberdayaan Pelaku Usaha, UMKM

Abstract

Persatuan Pengusaha Sapta Mandiri (PPSM) merupakan perkumpulan pelaku usaha yang termasuk dalam skala pelaku usaha kecil. Pelaku usaha ini berupaya untuk mengaktifkan anggota melalui komunikasi bisnis agar dapat membangun jiwa kewirausahaan, sehingga usahanya berkembang. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis aspek yang dilakukan pengurus dalam menyusun pesan komunikasi antarpribadi, aktivitas pengurus dalam memotivasi pelaku usaha, dan upaya pengurus dalam membangun kemitraan bisnis untuk memberdayakan pelaku usaha. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian adalah studi literatur, wawancara mendalam, dan observasi. Informan penelitian adalah Ketua, Sekertaris, dan tiga  orang pelaku usaha anggota PPSM yang memiliki bisnis makanan ringan, kue basah, dan sayuran. Hasil penelitian menemukan bahwa pengurus mampu menyusun pesan komunikasi antarpribadi secara verbal dan nonverbal, berkomunikasi interaktif melalui komunikasi tatap muka dan media digital, pengurus membekali pelaku usaha  agar mampu membuat informasi produk  yang diunggah di facebook dan Instagram. Pengurus mampu memotivasi pelaku usaha dengan cara menumbuhkan semangat anggota untuk belajar terkait kewirausahaan, dan pengurus mendukung anggota untuk mampu membangun kemitraan bisnis.

References

Ahmadi, D., & Natasya Giyar Dwisyafitri. (2022). Implementasi Strategi Promosi Wisata Melalui Website Sipinter Berish. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 108–118. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1529

Anurogo, D., Ula, A. N. M., Hamidah, S., & Abas, S. (2023). Pengantar Muamalah. Solok: PT MAFI Media Literasi Indonesia.

Berger, J. (2023). Magic Words. Yogyakarta: Pustaka Bentang.

Devito, J. A. (2015). Human Communication: The Basic Course. New York: Pearson.

Edinov, S. (Ed.). (2023). Komunikasi Bisnis. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Faridi, A., Ismail, M., Handiman, U. T., & Saputra, D. H. (2023). Pengantar Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Fauzi, F., Al-Khowarizmi, A. K., & Muhathir, M. (2020). The e-business community model is used to improve communication between businesses by utilizing union principles. Journal of Informatics and Telecommunication Engineering, 3(2), 252–257.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.

Hague-Fawzi, M. (Ed.). (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, dan Implementasi. Jakarta: Pascal Books.

Herwati, et al. (2023). Motivasi Dalam Pendidikan: Konsep, Teori, Aplikasi. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Kadri. (2022). Komunikasi Manusia: Sejarah, Konsep, Praktek. Mataram: Alamtara Institute.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2022). Marketing 5.0. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.

Kurum, B. (2023). Marketing Communication Essentials: From Zero to Hero. Istanbul: Independently Published.

Lestari, N. T., & Sirine, H. (2019). Komunikasi pemasaran terpadu dan ekuitas merek: Studi pada Gojek Indonesia cabang Yogyakarta. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(1), 1–8.

Marta, R. F., et al. (2024). Komunikasi Antarpersonal. Kab. Bandung: Widia Media Utama.

Moleong, L. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2023). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Jakarta: Pranada Media.

Oktaviani, I., & Pujiyanto, R. (2023). Komunikasi Bisnis Untuk Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Bani Press.

Pranogyo, A. B., & Hendro, J. (2024). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Teori dan Praktek Efektif. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Prastiarini, N., & Pratiwi, R. H. B. (2020). Promosi dan pemasaran objek wisata Tirta Sihongko dalam upaya menarik wisatawan. Profesi Humas, 5(1), 38–57.

Putra, L. V., & Ramadhani, N. L. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Putri, L. A., & Anggraini, D. M. (2024). Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) terhadap keputusan pembelian paket umrah pada Travel Selatour Cabang Bukit Tinggi. J-ISACC: Journal Islamic Accounting Competency, 5(2), 91–100.

Refi Maulana Yusuf, & Dadi Ahmadi. (2022). Kampanye Budaya Beberes di Media Sosial Instagram. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 151–158. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1530

Sabil M Sungkar, & Dadi Ahmadi. (2023). Pengelolaan Konten Instagram dalam Konten Dakwah #Shift1MinuteBooster Shift Media. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 121–124. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3226

Saefullah, E. (Ed.). (2023). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Salman, R. S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2023). Penerapan 7 Pilar Komunikasi Bisnis Produk Barenbliss di Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(2), 107–114.

Siswati, E., Iradawaty, S. N., & Imamah, N. (2024). Purbalingga. Eureka Media Aksara.

Suhairi, S., Wulandari, J. P., Iswanti, P., & Fauzi, I. S. (2023). Analisis etika komunikasi bisnis dalam strategi pemasaran produk di sosial media. Jurnal Ekonomika dan Bisnis (JEBS, 3), 379–384.

Suwandi (Ed.). (2002). Manajemen Pemasaran: Implementasi Strategi Pemasaran di Era Society 5.0. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Suwandi (Ed.). (2024). Psikologi Pendidikan. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Thesaputra, C. E., & Manafe, L. A. (2023). Penerapan komunikasi bisnis dalam meningkatkan penjualan telur asin (Java Agro). Demand: Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development, 5(1).

Toler, S. (2019). The Power of Positive Words. Oregon: Harvest House Publishers.

Winata, R., Arya, F., Ferdyansyah, M., Fajarini, N., Halisah, R., & Ramadhani, P. (2023). Peran komunikasi bisnis dalam membantu perkembangan UMKM Tahu Payah. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 17(3).

Yin, R. K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2024-12-26