https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Effectiveness of Humor in Advertising: Descriptive Comparative Study

Authors

  • Cafriaty Mathylle Tampubolon Universitas Telkom
  • Adi Bayu Mahadian Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i2.4495

Keywords:

Kompleksitas Humor, Komunikasi Pemasaran, Keterkaitan Humor

Abstract

Iklan humor dapat membentuk pemahaman konsumen terhadap sebuah merek atau produk, karena teknik ini dapat menarik perhatian konsumen. Sehingga pendekatan ini efektif dilakukan oleh perusahaan untuk promosi iklan produk mereka. Adanya ketidakkonsistenan pada penelitian sebelumnya, hal ini menjadi cela bagi penelitian ini untuk mencari kurangnya pengetahuan tentang efektivitas penggunaan humor dalam iklan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas penggunaan humor dalam iklan melalui iklan Fituno tersebut tercapai atau tidak kepada audiens baik secara persuasi, menarik perhatian, atau mengingat pesan dari kedua iklan tersebut. Metode dari penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah efektivitas penggunaan humor dalam iklan Fituno pada akun @dennysumargoreal mendapatkan kategori efektif. Sedangkan efektivitas penggunaan humor dalam iklan “#HarusFit, Minum Fituno” mendapatkan kategori efektif. Sub variabel kompleksitas humor pada kedua iklan Fituno tidak signifikan. Namun sub variabel keterkaitan humor terhadap efektivitas penggunaan humor dalam iklan Fituno “#HarusFit, Minum Fituno” yaitu sebesar 2,1%.

References

Ahmadi, D., & Natasya Giyar Dwisyafitri. (2022). Implementasi Strategi Promosi Wisata Melalui Website Sipinter Berisi. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 108–118. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1529

Barry, J. M., & Graça, S. S. (2018). Humor Effectiveness in Social Video Engagement. Journal of Marketing Theory and Practice, 26(1–2), 158–180. https://doi.org/10.1080/10696679.2017.1389247

Barta, S., Belanche, D., Fernández, A., & Flavián, M. (2023). Influencer marketing on TikTok: The effectiveness of humor and followers’ hedonic experience. Journal of Retailing and Consumer Services, 70(July 2022). https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2022.103149

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Belajar.

Djambaska, A., Petrovska, I., & Bundaleska, E. (2015). Is Humor Advertising Always Effective? Parameters for Effective Use of Humor in Advertising. Journal of Management Research, 8(1), 18. https://doi.org/10.5296/jmr.v8i1.8419

Eisend, M. (2011). How humor in advertising works: A meta-analytic test of alternative models. Marketing Letters, 22(2), 115–132. https://doi.org/10.1007/s11002-010-9116-z

Ivani, N. N. (2019). Analisis Isi Kualitatif Daya Tarik Pesan Humor dalam Iklan Toyota di Youtube. Telkom University.

Kewlani, D., Gulabwani, G., & Purohit, K. (2022). Impact of Humor in Advertising on Consumer Purchasing Decisions. International Journal of Management, Public Policy and Research, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.55829/ijmpr.v1i1.13

Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501

Mediani Tri Rahmawati, Zulfebriges, & Dadi Ahmadi. (2023). Penggunaan Umpan Klik pada Situs Grid.id. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 123–132. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2746

Mirandha, I. Y., & Mahadian, A. B. (2018). Perbandingan Persepsi Khalayak Antara Iklan Yang Mengandung Humor Dan Tidak Mengandung Humor. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 112. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11673

Primanto, A. B., & Dharmmesta, B. S. (2019). What Happens After They Laugh: How Humorous Advertisements Have an Effect on Consumers’ Attitudes, Word of Mouth Intentions, and Purchase Intentions, With the Need for Humor Playing a Moderating Role. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(2), 113–127. https://doi.org/10.22146/jieb.23036

Refi Maulana Yusuf, & Dadi Ahmadi. (2022). Kampanye Budaya Beberes di Media Sosial Instagram. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 151–158. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1530

Sabil M Sungkar, & Dadi Ahmadi. (2023). Pengelolaan Konten Instagram dalam Konten Dakwah #Shift1MinuteBooster Shift Media. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 121–124. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3226

Speck, P. S. (1987). On Humor and Humor in Advertising.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Alfabeta.

Vogels, E., & Watnick, R. (2023, April 24). Teens and social media: Key findings from Pew Research Center surveys Title. Pew Research Center.

Downloads

Published

2024-12-30