https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Manajemen Risiko dan Bisnis GoTo Financial serta Implementasinya dalam Komunikasi Bisnis

Authors

  • Izni Nur Indrawati Maulani Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Venny Sevtiany Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i2.4406

Keywords:

Pengelolaan Risiko, Komunikasi Manajemen Risiko, Risiko Bisnis

Abstract

Pada perkembangan dunia bisnis saat ini, perusahaan bisnis tidak dapat terhindar dari berbagai risiko yang mungkin dihadapi. Risiko merupakan sesuatu yang berhubungan dengan ketidakpastian, yang dapat berakibat positif (peluang) maupun negatif (risiko). Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Financial Technology, GoTo Financial memiliki kemungkinan risiko bisnis seiring perkembangan revolusi industri 4.0 yang terjadi. GoTo Financial yang juga merupakan perusahaan start up, memiliki perbedaan risiko dengan perusahaan yang sudah existing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pengelolaan bisnis GoTo Financial dalam mengatasi risiko bisnis yang mungkin terjadi dalam operasionalisasi bisnis perusahaan, serta untuk mengetahui peran komunikasi dalam manajemen risiko bisnisnya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GoTo Financial telah melakukan berbagai upaya untuk mengelola risiko yang mungkin terjadi dalam perusahaan dengan memperhatikan pola-pola manajerial dan jenis-jenis risiko yang muncul. Peran komunikasi dalam manajemen risiko adalah dalam penyamaan persepsi, mengatasi kendala dalam operasional perusahaan, serta mencari solusi atas kendala yang dihadapi. Komunikasi yang dilakukan adalah formal dan informal melalui email serta forum meeting, sebagai media komunikasi dengan seluruh karyawan.

References

Adin, Z. & Izzati, IHY. (2023). Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2324

Asir, M., Yuniawati, R. A., Mere, K., Sukardi, K., & Anwar, Muh. A. (2023). Peran Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan: Studi Manajemen Sumber Daya Manusia. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 32–42. https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.844

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar.

Derradji, R., & Hamzi, R. (2024). The Convergence of Process-Risk Management and Decision-Making: an Integrated Vision. International Journal of Business Continuity and Risk Management, 14(3), 305–326. https://doi.org/10.1504/IJBCRM.2024.141606

Djojosoedarso, S. (2003). Prinsip-prinsip Manajemen Risiko dan Asuransi. Salemba Empat.

E.Y. Utami et al. (2024). Analisis Korelasi Manajemen Risiko dan Ketahanan Bisnis terhadap Keunggulan Kompetitif Perusahaan Sektor Jasa di Indonesia. Jurnal Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 92–102. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/smb.v2i02.367

Follet, M. P. (1997). Manajemen dalam Organisasi. Kencana.

GJ. Woo & H. Chang. (2020). Transparency as the Best Policy: Risk Communication for Both Business and Beyond. BCRP: Business Communication Research & Practice, 3(1), 68–71. https://doi.org/https://doi.org/10.22682/bcrp.2020.3.1.68

GoTo Financial. (2021). Dokumen GoTo Financial. PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Hidayatullah et al. (2024). Penerapan Manajemen Risiko Guna Meminimalisir Kerugian Pada Kegiatan Pengiriman Redpack. Jurnal Ilmiah Manajemen FORKAMMA, 7(2), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/frkm.v7i2.30571

Hirai, A. (2024). What Kills Startups? Cayenne Consulting. https://www.caycon.com/what-kills-startups?

Iriantara, Y. (2010). Komunikasi Bisnis. Universitas Terbuka.

Irwan, Rizki, Z. A., & Ramdani, R. F. P. (2024). Strategi Manajemen Risiko untuk Menghadapi Tantangan Bisnis di Era Ketidakstabilan Global. In D. Solihin (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Manajemen (pp. 1550–1554). Universitas Pamulang.

J.S. Sihotang et al. (2024). Analisis Manajemen Risiko Terhadap Keberlangsungan Usaha UMKM: Studi Kasus pada Evan Bakery. JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, 1(4), 374–385.

Kasidi. (2014). Manajemen Risiko. Ghalia Indonesia.

Khairi, MW. & Maryani, A. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis Online ShopShopee dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 125–130. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3228

L. Rabe et.al. (2024). Making Risk Communication in Practice: Dimensions of Professional Logics in Risk and Vulnerability Assessments. Journal of Risk Research, 27(3), 389–403. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/13669877.2024.2328199

LE. Situmorang & BL. Manullang. (2024). Penerapan Manajemen Risiko Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Sejiwa. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 251–262. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.1050

M. Purwanti & N. Heriana. (2024). Pengaruh Penerapan Manajemen Resiko Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Konstruksi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2020-2022. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(5), 2900–2912. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i5.3233

MA. Miradji et al. (2024). Manajemen Risiko dalam Strategi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 435–439. https://doi.org/: https://doi.org/10.62017/merdeka

Ostadi, B., & Ghobadi, Z. N. (2024). Calculating The Business Continuity Value by Considering Several Destructive Events and Co-occurrence of Risk Factors. International Journal of Business Continuity and Risk Management, 14(1), 30–56. https://doi.org/10.1504/IJBCRM.2024.137238

Pratala, E. & Supriadi, YN. (2023). Buku Ajar Komunikasi Bisnis. Eureka Media Aksara.

R. Kurnia et al. (2023). Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000:2018 Pada Usaha Pembibitan DT Maruhun. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 4(2), 146–160. https://doi.org/https://doi.org/10.32815/jpro.v4i2.1681

R. Salsabila et al. (2024). Analisis Strategi Manajemen Risiko Dalam Menghadapi Ketidakpastian Bisnis. MUSYTARI: Neraca Manajemen,E Konomi Akuntansi, 12(5), 110–120. https://doi.org/https://doi.org/10.8734/musytari.v12i5.9002

Rahmadanis et al. (2023). Efektivitas Penerapan Manajemen Risiko Pada PT. Indofood Sukses Makmur. Jurnal Magisma, 11(2), 163–171. https://doi.org/https://doi.org/10.35829/magisma.v11i2.323

S. Balaji et.al. (2024). A Study on Risk Management in Corporate Business. Involvement International Journal of Business, 1(3), 197–209. https://doi.org/https://doi.org/10.62569/iijb.v1i3.26

S. Kalogiannidis et.al. (2023). Business Communication and Crisis Management in International Business: a European Perspective. International Journal of Business Continuity and Risk Management, 13(4), 323–346. https://doi.org/10.1504/IJBCRM.2023.134495

Sinulingga, R. A. (2019). Sistem Manajemen Resiko pada PT. Unilever Indonesia, Tbk. The International Journal of Applied Business, 3(1).

Siswanto. (2017). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.

Solihin, I. (2009). Pengantar Manajemen. Erlangga.

Tabun et al. (2023). Manajemen Risiko Bisnis Era Digital (Teori dan Pendekatan Konseptual). Penerbit SEVAL.

Virglerova et.al. (2021). Model of business risks and their impact on operational performance of SMEs. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 35(1), 4047–4064. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1331677X.2021.2010111

Wibisono et al. (2023). Analisis Manajemen Resiko Pemasaran, Operasional, Human Capital dan Finance pada PT. Agrindo Sumber Harum. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(3), 1895–1913. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3519

Z.R. Yusrahamdani et al. (2024). Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Media Sosial Di Era Digital Sekolah Musik YMS Antapani. Jurnal Common, 8(1), 43–57. https://doi.org/https://doi.org/10.3410/common.v8i1.12744

Downloads

Published

2024-12-30