Konstruksi Nasionalisme Generasi Z di Era Media Digital dalam Membangun Ketahanan Informasional
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i2.4399Keywords:
Generasi Z, Media Sosial, Ketahanan InformasionalAbstract
Penelitian ini akan mengkaji: “Bagaimana Konstruksi Nasionalisme Generasi Z di Era Digital dalam Membangun Ketahanan Informasional? Kegunaan penelitian ini menjadi referensi bagi partai politik, lembaga pendidikan, Kemendagri, Kemenkominfo untuk membuat kebijakan yang berkaitan dengan pembentukan ketahanan informasional pada Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah, mix method, yaitu menganalisis isi informasi tentang nasionalisme di media sosial, dan diperdalam melalui metode penelitian kualitatif. Penelitian bersifat interpretif dengan pendekatan etnografi untuk melihat nilai-nilai sosial dan kultural Generasi milenial tentang ekspresi “nasionalisme” mereka di media digital. Subjek penelitian ini adalah generasi Z dengan kategori mahasiswa PTN/PTS, kader partai, anggota ormas yang menggunakan media sosial Instagram dan TikTok yang dipilih secara purposif. Peneliti melakukan analisis dengan memakai teknik Analisis Media Siber (AMS), serta teknik triangulasi data sebagai tahap validasi data. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa representasi aktivis memahami nasionalisme dan cinta tanah air melalui konten media sosial masih berada di level pertengahan atau out set the box. Nasionalisme dimaknai hanya mencintai tanah air dengan mengikuti bela negara, program-program pemerintah di kampus, dan membela bangsa.
References
Adamentha Tarigan, T., Liui, F., Hanif, M., & Glorino Rumambo Pandin, M. (2022). Challenges And Solutions In Maintaining Indonesian Generation Z Nationalism In The Digitalization Era. Jurnal Syntax Fusion, 2(02), 350–362. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i02.160
Ahmadi, D., Rinawati, R., Fardiah, D., Darmawan, F., Umar, M., & Syam, N. K. (2023). Digital Literacy for Women’s Empowerment: A Solution to Raising Awareness of Countering Hoaxes. https://doi.org/10.29313/mimbar.v39i2.2645`2645
Al Mega, A. N. P., & Ahmadi, D. (2022). Perencanaan Komunikasi Digital Akun Instagram @ASPAN_Lampung. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3592
Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik di Era Media Sosial. Jurnal Komunikas. Jurnal Komunikasi, 8(1), 91–101.
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.
Faiq Muhammad Fauzan, Firmansyah, & Dadi Ahmadi. (2024). Bentuk Jurnalisme Warga dalam Pemberitaan di Media Online. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital (JRJMD), 4(1), 1–8.
Fauzi, F., Al-Khowarizmi, A. K., & Muhathir, M. (2020). The e-business community model is used to improve communication between businesses by utilizing union principles.
Martian, Ferra. (2020). Motif Orientasi Politik Partai Solidaritas Indonesia. Jurnal DIalektika. Volume 7. Nomor 2.
Mediani Tri Rahmawati, Zulfebriges, & Dadi Ahmadi. (2023). Penggunaan Umpan Klik pada Situs Grid.id. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 123–132. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2746
Moch. Dickry Sabbieq Nursidqi, & Aning Sofyan. (2023). Kampanye Politik Aggota DPRD Kabupaten Garut Jawa Barat pada Pemilu 2019. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 87–98. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2644
Rachmiatie, A., Hasbiansyah, O., Khotimah, E., & Ahmadi, D. (2013). Strategi Komunikasi Politik dan Budaya Transparansi Partai Politik. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(2), 123. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i2.384
Refi Maulana Yusuf, & Dadi Ahmadi. (2022). Kampanye Budaya Beberes di Media Sosial Instagram. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 151–158. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1530
Rozikin, F. C. (2021). Historical Meme As a Solution to Improve Generation Z Nationalism in Indonesia. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(2), 151. https://doi.org/10.24127/hj.v9i2.3823
Sabil M Sungkar, & Dadi Ahmadi. (2023). Pengelolaan Konten Instagram dalam Konten Dakwah #Shift1MinuteBooster Shift Media. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 121–124. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3226
Santoso, D. H. (2021). New Media and Nationalism in Indonesia: An Analysis of Discursive Nationalism in Online News and Social Media after the 2019 Indonesian Presidential Election. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 289–304. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-18
Suntara, R. A., Satrio, N., & Asista, A. (2024). Penguatan Nasionalisme Generasi Z pada Era Disrupsi sebagai Upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bangsa di SMA Negeri 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.