https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Konstruksi Nasionalisme Generasi Z di Era Media Digital dalam Membangun Ketahanan Informasional

Authors

  • Ferra Martian Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA
  • Alexandria Cempaka Harum Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA
  • Aldin Aldama Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA
  • Mesya Febriana Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA
  • Samiaji Bagja Pratama Fakultas Ilmu Komunikasi UNISBA

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i2.4399

Keywords:

Generasi Z, Media Sosial, Ketahanan Informasional

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji: “Bagaimana Konstruksi Nasionalisme Generasi Z di Era Digital dalam Membangun Ketahanan Informasional? Kegunaan penelitian ini menjadi referensi bagi partai politik, lembaga pendidikan, Kemendagri, Kemenkominfo untuk membuat kebijakan yang berkaitan dengan pembentukan ketahanan informasional pada Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah, mix method, yaitu menganalisis isi informasi tentang nasionalisme di media sosial, dan diperdalam melalui metode penelitian kualitatif. Penelitian bersifat interpretif dengan pendekatan etnografi untuk melihat nilai-nilai sosial dan kultural Generasi milenial tentang ekspresi “nasionalisme” mereka di media digital. Subjek penelitian ini adalah generasi Z dengan kategori mahasiswa PTN/PTS, kader partai, anggota ormas yang menggunakan media sosial Instagram dan TikTok yang dipilih secara purposif. Peneliti melakukan analisis dengan memakai teknik Analisis Media Siber (AMS), serta teknik triangulasi data sebagai tahap validasi data. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa representasi aktivis memahami nasionalisme dan cinta tanah air melalui konten media sosial masih berada di level pertengahan atau out set the box. Nasionalisme dimaknai hanya mencintai tanah air dengan mengikuti bela negara, program-program pemerintah di kampus, dan membela bangsa.

References

Adamentha Tarigan, T., Liui, F., Hanif, M., & Glorino Rumambo Pandin, M. (2022). Challenges And Solutions In Maintaining Indonesian Generation Z Nationalism In The Digitalization Era. Jurnal Syntax Fusion, 2(02), 350–362. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i02.160

Ahmadi, D., Rinawati, R., Fardiah, D., Darmawan, F., Umar, M., & Syam, N. K. (2023). Digital Literacy for Women’s Empowerment: A Solution to Raising Awareness of Countering Hoaxes. https://doi.org/10.29313/mimbar.v39i2.2645`2645

Al Mega, A. N. P., & Ahmadi, D. (2022). Perencanaan Komunikasi Digital Akun Instagram @ASPAN_Lampung. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3592

Anshari, F. (2013). Komunikasi Politik di Era Media Sosial. Jurnal Komunikas. Jurnal Komunikasi, 8(1), 91–101.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Faiq Muhammad Fauzan, Firmansyah, & Dadi Ahmadi. (2024). Bentuk Jurnalisme Warga dalam Pemberitaan di Media Online. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital (JRJMD), 4(1), 1–8.

Fauzi, F., Al-Khowarizmi, A. K., & Muhathir, M. (2020). The e-business community model is used to improve communication between businesses by utilizing union principles.

Martian, Ferra. (2020). Motif Orientasi Politik Partai Solidaritas Indonesia. Jurnal DIalektika. Volume 7. Nomor 2.

Mediani Tri Rahmawati, Zulfebriges, & Dadi Ahmadi. (2023). Penggunaan Umpan Klik pada Situs Grid.id. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 123–132. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2746

Moch. Dickry Sabbieq Nursidqi, & Aning Sofyan. (2023). Kampanye Politik Aggota DPRD Kabupaten Garut Jawa Barat pada Pemilu 2019. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 87–98. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v3i2.2644

Rachmiatie, A., Hasbiansyah, O., Khotimah, E., & Ahmadi, D. (2013). Strategi Komunikasi Politik dan Budaya Transparansi Partai Politik. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 29(2), 123. https://doi.org/10.29313/mimbar.v29i2.384

Refi Maulana Yusuf, & Dadi Ahmadi. (2022). Kampanye Budaya Beberes di Media Sosial Instagram. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 151–158. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v2i2.1530

Rozikin, F. C. (2021). Historical Meme As a Solution to Improve Generation Z Nationalism in Indonesia. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(2), 151. https://doi.org/10.24127/hj.v9i2.3823

Sabil M Sungkar, & Dadi Ahmadi. (2023). Pengelolaan Konten Instagram dalam Konten Dakwah #Shift1MinuteBooster Shift Media. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 121–124. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3226

Santoso, D. H. (2021). New Media and Nationalism in Indonesia: An Analysis of Discursive Nationalism in Online News and Social Media after the 2019 Indonesian Presidential Election. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 289–304. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-18

Suntara, R. A., Satrio, N., & Asista, A. (2024). Penguatan Nasionalisme Generasi Z pada Era Disrupsi sebagai Upaya Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bangsa di SMA Negeri 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2024-12-30