Hubungan Antara Brand Ambassador Freestyler Produk Sport Lokal Dengan Brand Awareness Pada Komunitas Freestyle Soccer Bandung
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i1.4079Keywords:
Brand Ambassador, Brand Awareness, Fresstyle SoccerAbstract
Abstract. This research is entitled "The Relationship between Freestyler Brand ambassadors of Local Sports Products and Brand awareness in the Freestyle Soccer Community (Correlation Study between Brand ambassadors Ortus Eight and N-Wae Freestyle Soccer Bandung)". Freestyle soccer is a soccer sport that mixes art in it. The essence of this sport is playing football with various styles to make it look beautiful and attractive. This research was conducted with the aim of regarding the relationship between brand ambassadors for freestylers of local sports products and brand awareness in the freestyle soccer community. This research is associative and causal in nature using quantitative methods. The population in this study were all members of the fresstyle scoccer N-Wae Bandung community, totaling 58 people with total sampling as the sample. Data collection techniques used questionnaires, observation and documentation while data analysis was carried out using simple regression analysis. The research results show that brand ambassadors have an influence on brand awareness. Brand awareness can be explained by brand ambassadors as much as 56%. It is hoped that Ortus Eight can recruit ambassadors who can present the product well in order to increase brand awareness.
Abstrak. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Brand Ambassador Freestyler Produk Sport Lokal dengan Brand Awareness Pada Komunitas Freestyle Soccer (Studi Korelasi antara Brand Ambassador Ortus Eight dengan N- Wae Freestyle Soccer Bandung)”. Freestyle soccer adalah olahraga sepak bola yang mencampurkan kesenian di dalamnya. Inti dari olahraga ini ialah memainkan sepakbola dengan beragam macam gaya agar terlihat indah dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengenai hubungan brand ambasador fresstyler produk sport lokal dengan brand awareness pada komunitas fresstyle soccer. Penelitian ini berjenis asosiatif dan bersifat kausalitas dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua anggota komunitas fresstyle soccer N-Wae Bandung yang berjumlah 58 orang dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador mempunyai hubungan kuat dengan brand awareness. Brand awareness dapat dijelaskan oleh brand ambassador sebanyak 56%. Diharapkan Ortus Eight dapat merekrut ambassador yang dapat mempresentasikan produk dengan baik agar dapat meningkatkan brand awareness.
References
A. Shimp, Terence. and J. Craig, Andrews. 2013. Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning. All Rights Reserved.
A. Shimp, Terence. 2016. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta : Salemba Empat.
Budiman, V., Loisa, R., & Pandrianto, N. 2019. Peran Brand Ambassador Pada Iklan dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). Prologia, 2(2), 546–553. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3743Royan (2014:21),
Firmansyah, M. Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta: Qiara Media.
Intan, P dan Andri, A. 2021. Pengaruh Brand ambassador terhadap Brand Image Pada E-Commerce Indonesia. SENMABIS: Conference Series, 1(1): 38-44.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lea-Greenwood, Gaynor. 2013. Fashion Marketing Communications Ebook. USA:
Wiley
Sari, Marlina. 2018. Hubungan antara Brand Ambassador dengan Brand Awareness Mischief Denim. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(1).
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.