https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Strategi Marketing Komunikasi pada Channel Youtube “Jurnal Risa”

Authors

  • Ratu Helga Sarahdiva Universitas Islam Bandung
  • Dadi Ahmadi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i2.4029

Keywords:

Strategi Marketing Komunikasi, Content Creator, Youtube Jurnalrisa

Abstract

Dunia kreativitas dalam ranah konten Youtube terus berkembang, terkhusus di Indonesia. Para content creator harus membuat strategi marketing komunikasi untuk tetap eksis di depan audiens. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali strategi marketing komunikasi pada channel Youtube Jurnal Risa, seorang content creator khususnya dalam konten horor yang terkenal dan berhasil menarik banyak perhatian viewers serta keterlibatan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dialami oleh Jurnal Risa adalah adanya persaingan pasar yang terus meningkat dikarenakan munculnya content creator dan mengalami kesulitan untuk bekerja sama dengan brand untuk mendapatkan sponsor. Adapun upaya tim Jurnal Risa yaitu selalu memperbaharui ide-ide konten mereka agar audiens tidak pernah merasa bosan dan selalu menunggu konten-konten mereka. Jurnal Risa menentukan konten mereka agar tetap unggul di platform Youtube yaitu bisa dilihat dari jenis konten dan visual mereka di media sosial Instagram bahwa walaupun mereka bergerak di bidang konten horor, tetapi mereka tidak pernah membuat para audiensnya ketakutan. Dan terakhir tentunya mereka memanfaatkan fitur di Youtube yaitu Youtube Membership untuk menambahkan pemasukan serta dapat berkomunikasi secara lebih intens dengan audiens atau penggemar berat Jurnal Risa. Strategi marketing komunikasi tim Jurnal Risa memperkuat hubungan antara audiens dengan content creator, berhasil menciptakan konten yang menarik perhatian audiens, dan mengoptimalkan platform digital yang terus berkembang.

References

Ahmadi, D., Rachmiatie, A., & Nursyawal. (2019). Public participation model for public information disclosure. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 35(4), 305–321. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2019-3504-19

Irabella, L., & Chatamallah, M. (2021). Manajemen Krisis Public Relations PT. X Kota Pekanbaru pada Pengunduran Haji dan Umrah di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 130–135. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.420

Irfan Fauzi, M., & Yuliati, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Upaya Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 148–155. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.500

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418

Kurnia, S. S., Ahmadi, D., & Firmansyah, F. (2020). Investigative News of Online Media. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 36(1), 1–11. https://doi.org/10.29313/mimbar.v36i1.4286

Kurnia, S. S., Ahmadi, D., Karsa, S. I., Iskandar, D., & Firmansyah, F. (2020). Model of Disaster Information Cycle of West Java Television Journalists. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(2), 125–134. https://doi.org/10.25008/jkiski.v5i2.415

Mufty Machmud, A., & Yuningsih, A. (2022). Hubungan Kampanye Vaksinasi dengan Sikap Followers untuk Divaksin. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 162–168. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.502

Priyono, A., & Ahmadi, D. (2021). Strategi Komunikasi Marketing Public Relations Barli Coffee. Jurnal Riset Public Relations, 1(1), 90–95. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i1.306

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

River, O. F. B., Sumatra, N., Harahap, A., Mahadewi, E. P., Ahmadi, D., & Tj, H. W. (2021). Conservation Science Monitoring of Macroinvertebrates Along Streams. 12(1), 247–258. https://doi.org/chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://ijcs.ro/public/IJCS-21-18_Harahap.pdf

Downloads

Published

2024-12-30