https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Hubungan Terpaan Media Sosial Intagram dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

Authors

  • Rosy Apriandini Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung
  • Riza Hernawati Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i1.3862

Keywords:

Instagram, Terpaan Media, Pemenuhan Kebutuhan Informasi

Abstract

Abstract. Social media is a form of communication via the Internet that allows users to introduce themselves and participate in social interactions with others. One social media that still has active users is Instagram. Instagram is a social networking platform that still has active users who people use to search for information. One of the Instagram accounts that I visit to get the latest information and news is @Hypenings. The objectives of this research are the current needs approach, current needs approach, daily needs approach, comprehensive needs approach and catch-up needs approach. The type of research used is quantitative research with a correlational research approach. The primary data for this research was collected by distributing questionnaires to 100 respondents who were followers of Instagram @Hypenings. The sampling technique used in this research is probability sampling with simple random sampling technique. The data obtained was analyzed using validity and reliability tests. The purpose of this research is to determine the relationship between @Hypening Instagram and providing the information needs of followers on social media. The results of this research are that there is a fairly strong relationship between the presence of Instagram social media and the satisfaction of needs from the daily needs approach, the comprehensive needs approach, and the catch-up needs approach.   Abstrak. Media sosial adalah suatu bentuk komunikasi melalui Internet yang memungkinkan pengguna untuk memperkenalkan diri dan berpartisipasi dalam interaksi sosial dengan orang lain. Salah satu media sosial yang masih memiliki pengguna aktif adalah Instagram. Instagram merupakan salah satu platform jejaring sosial yang masih memiliki pengguna aktif yang digunakan masyarakat untuk mencari informasi. Salah satu akun Instagram yang saya kunjungi untuk mendapatkan informasi dan berita terkini adalah @Hypenings. Tujuan dari penelitian ini adalah pendekatan kebutuhan saat ini, pendekatan kebutuhan saat ini, pendekatan kebutuhan sehari-hari, pendekatan kebutuhan menyeluruh dan pendekatan kebutuhan catch-up. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Data primer penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut Instagram @Hypenings. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probabilitas sampling dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan @Hypening Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi follower di media sosial. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup kuat antara kehadiran media sosial Instagram dengan kepuasan kebutuhan pendekatan kebutuhan sehari-hari, pendekatan kebutuhan menyeluruh, dan pendekatan kebutuhan catch-up.

References

Ardianto, E. (2014). Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Syaffril, Muhammad. (2004). Perilaku Pencarian Informasi Melalui Koleksi Surat Kabar untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi. UNISBA: Bandung.

Krikelas, James, (1983), “Model of Information Seeking Behavior”, Informatio (Priyono, 2016)n Seeking Behavior and Technology Adoption: Theories and Trends, h. 82-93.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Olii, Helena. 2007. Opini publik. Jakarta: PT Indeks

Puspitadewi, S. 2012. Hubungan Antara Stres dan Motivasi Kerja Pada Mahasiswa Yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Psikologi: Teori dan Terapan. Vol. 2. No. 2 (126-129).

Romney, B.M. & Steinbart, J.P. 2012. Accounting Information System. Pearson Education Limited.

Downloads

Published

2024-07-22