Strategi Humas Jawa Barat dalam Membangun Citra Melalui Konten Instagram
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i1.3857Keywords:
Instagram, Strategi, Humas PemerintahAbstract
Abstract. In the current contemporary era, people use information to understand allaspects of knowledge and other important things that happen. Instagram social media is currently one of the media that is often used as a forum for sharing information, especially by government public relations agencies such as West Java Public Relations. In its implementation, of course a publicist needs a strategy so that the information conveyed can beeffective. The purpose of this research is to find out what strategies are carried out by West Java Public Relations to realize the essence of the hashtag#JabarJuaraLahirBatin in Instagram content @Humas_Jabar. The research method used was a descriptive study of qualitative data. Data collection techniqueswere carried out using interviews, observation and documentation. The results of this research are reviewed in several ways, namely factfinding, planning, communication, and evaluating. In the fact finding stage, West Java Public Relations uses hashtags as an initiation of the government'svision and mission. In the planning stage, West Java Public Relations seeks to plan content strategies and actions to build a positive image. In the communication stage, West Java Public Relations took the initiative to build an image by communicating information through various forms of content. In the evaluation stage, West Java Public Relations always carries out evaluations to review the performance that has been carried out. These effortswerecarried out by West Java Public Relations to continue to build the image of West Javaas an Inner and Inner Champion. Abstrak. Pada era kontemporer saat ini, masyarakat menjadikan informasi sebagai untuk memahami segala aspek pengetahuan serta hal penting lainyang terjadi. Media sosial Instagram saat ini menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk wadah berbagi informasi, khususnya oleh instansi humas pemerintah seperti Humas Jawa Barat. Dalam pelaksanaannya, tentu seorang humas membutuhkan strategi agar informasi yang disampaikan dapat efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Humas Jawa Barat agar terealisasinya esensitagar #JabarJuaraLahirBatin pada konten Instagram @Humas_Jabar. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi deskriptif data kualitatif. Teknikpengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditinjau dalam beberapa hal yaitu fact finding, planning, communication, dan evaluating. Dalam tahap fact finding, Humas Jawa Barat menggunakan tagar sebagai inisiasi visi dan misi pemerintah. Dalam tahap planning, Humas Jawa Barat berupaya merencanakan strategi konten dan tindakan untuk membangun citra positif. Dalam tahap communication, Humas Jawa Barat berinisiasi membangun citra melalui mengkomunikasikan informasi melalui berbagai bentuk konten. Dalam tahap evaluating, Humas Jawa Barat senantiasa melakukan evaluasi untuk menjadi peninjauan terkait kinerja yang telah dilakukan. Upaya-upaya tersebut dilakukan Humas Jawa Barat untuk senantiasa membangun citra Jabar Juara Lahir Batin.References
Amalia, V. (2020). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Public Trust Di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo). AL-
TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan
Anisa, R., Dewi, R., & Hafiar, H. (2021). Menakar positioning dan arah branding programstudi melalui pemetaan penggunaan metode riset. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 229. https://doi.org/10.24198/prh.v5i2.28463
Ayudia, A. P., & Wulandari, S. S. (2021). Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo. Journal of Office Administration:
Education and Practice, 1(2), 249–268. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p249-268
Ibad, K. (2016). Analisis Framing Berita Humas. 4, 520–534.
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Safa Camila Rahma Nur Annisa Priono, Sophia Novita. Peran PR PT. Pegadaian (Persero) Kanwil X Bandung dalam Program Corporate Social Responsibility. Bandung Conf Ser Public Relations. 2023;3(2):871–7.
Santoso, K. R. A. P., Husna, A., Putri, N. W., & Rakhmawati, N. A. (2022). Analisis Topik Tagar Covidindonesia pada Instagram Menggunakan Latent Dirichlet Allocation. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.14421/jiska.2022.7.1.1-9
Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media
Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Biokultur, 9(2), 152. https://doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980
Syahputra, D. I., Hendra, Y., & Hidayat, T. W. (2018). Peran Humas Dalam Membangun Citra Pemerintahan Sumatera Utara Pada Kantor Biro Humas Gubernur. Perspektif, 7(1), 24–29. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2523