Pengaruh Frekuensi dalam Tayangan Kisah Tanah Jawa terhadap Sikap Kepercayaan Hal-Hal Mistis
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v4i1.3773Keywords:
Youtube, Tayangan, Kisah Tanah JawaAbstract
Abstract. Public interest in communication technology such as the internet is increasing at this time. They use the internet as a communication tool and source of information needed in their lifestyle. One of the online social media platforms that is popular among the public is YouTube. YouTube acts as a medium that provides easy access to various information to the public. One of the YouTubers who is being talked about a lot is the YouTube channel Tanah Jawa Stories, with around 2.53 million subscribers and around 666 videos in the horror genre. One of the shows discusses the mystery and history of Penari Village. The aim of this research is to find out whether the frequency, duration and attention paid to the Youtube Channel's Tanah Jawa story have an effect on people's belief in mystical things. This research uses quantitative research methods with a correlation type. Data analysis in this research uses the New Media McQuail and Travis, Gragne, and Cronbanch models. The object of this research is the episode of the Journey of the Story of the Land of Java in Penari Village on the Youtube Channel Story of the Land of Java. The data collection technique used is a questionnaire. The results of this research show an influence between frequency, duration, and attention of YouTube channel viewers about the journey of the story of the land of Java in the village of dancers with attitudes of belief in mystical things. Abstrak. Ketertarikan masyarakat terhadap teknologi komunikasi seperti internet semakin meningkat pada saat ini. Mereka menggunakan internet sebagai alat komunikasi dan sumber informasi yang dibutuhkan dalam gaya hidup mereka. Salah satu platform media sosial online yang populer di kalangan masyarakat adalah Youtube. Youtube berperan sebagai media yang memberikan akses mudah terhadap berbagai informasi kepada khalayak. Salah satu youtuber yang sedang banyak dibicarakan adalah hannel youtube Kisah Tanah Jawa, dengan jumlah pelanggan sekitar 2,53 juta dan sekitar 666 video dengan genre horor. Salah satu tayangannya membahas misteri dan sejarah di Desa Penari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah frekuensi, durasi, dan perhatian terhadap tayangan Channel Youtube Kisah Tanah Jawa berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal mistis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model New Media McQuail dan Travis, Gragne, serta Cronbanch. Objek penelitian ini adalah episode Perjalanan Kisah Tanah Jawa di Desa Penari pada Channel Youtube Kisah Tanah Jawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh antara frekuensi, durasi, atensi pada viewers channel youtube perjalanan kisah tanah jawa di desa penari dengan sikap kepercayaan akan hal-hal mistis.References
Arinilhaq, R. P., & Setiawan, E. (2022, July). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Obyek Wisata dan Seni Budaya di Jawa Barat. In Bandung Conference Series: Public Relations Volume. 2, Nomor. 2, (672-679).
Ardha, Berliani. (2014). “Sosial Media sebagai Media Kampanye Partai Politik di Indonesia,” Jurnal Visi Komunikasi, Fikom Universitas Mercu Buana. Jakarta. Volume 13, Nomor 01, Mei 2014 (hlm. 105-120).
Adit, Dadang, Deddy. (2012). “Pengaruh antara terpaan tayangan jejak petualang dengan sikap mahasiswa terhadap keindahan alam Indonesia,” Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi. Bandung. Volume 1, Nomor 1, April 2012 (hlm. 7).
Ikhsan, M. (2021). “Pengaruh Terpaan Tayangan Review Gadget Di Youtube Terhadap Minat Beli Anggota Komunitas Game @Freefire Riau”. Doctoral Dissertation. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
McQuail, Denis and Sven Windahl, 1993. Communication Models, for the study of mass communications, Second Edition, Longman New York.
Oktaviani, W. P. (2019). “Pengaruh Terpaan Tayangan Jurnalrisa Terhadap Sikap Kepercayaan Hal Mistis Studi Terhadap Anggota Sarasvamily Kota Bandung”. Doctoral Dissertation. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rakhmat, Jalaluddin dan Idi Subandy Ibrahim. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tal-Or, Nurit, Jonathan Cohen, Yariv Tsfati and Albert C. Gunther. (2010). “Testing Causal Direction in the Influence of Persumed Media Influence,” 37(6) (hlm. 801-824).
Tjanatjantia. Widika. (2013). “Sejarah Berdirinya Youtube Sejarah Dunia”.