https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Representasi Citra Wanita Muslim dalam Film Cinta Subuh

Authors

  • Resty Putri Aulia Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Doddy Iskandar Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3229

Keywords:

Representasi, Citra Wanita Muslim, Semiotika John Fiske

Abstract

Abstract. Messages in a film can be in the form of lessons about social, cultural, and religious values. As a country with a Muslim majority equivalent to 86.7% of the population in the country. Currently, especially in Indonesia, there are many films with a background of Islamic values in which there are depictions of Muslim female characters which are used as spectacles that are beneficial for the audience. One of the character depictions that reflects the image of a good Muslim woman is in the film Cinta Subuh. This study aims to analyze the representation of the image of Muslim women in the film Cinta Subuh by using a qualitative approach and John Fiske's semiotic analysis research approach which consists of three levels: reality, representation, and ideology. The results of his research show that the image of Muslim women shown in the film Cinta Subuh is a woman who is obedient in worshiping Allah SWT, dressed in closed genitals, a woman who is easily carried away, and always remembers Allah SWT in every life. and adhere to Islamic teachings. Then a woman who does good (Ihsan) to Allah SWT and fellow human beings.

Abstrak. Pesan dalam suatu film bisa menjadi sebuah pembelajaran mengenai nilai sosial, nilai budaya, dan juga nilai agama. Sebagai negara dengan mayoritas muslim setara dengan 86,7% populasi di dalam negeri. Saat ini khususnya di Indonesia banyak film yang memiliki latar belakang nilai islami dan termasuk juga penggambaran karakter wanita muslim yang dijadikan suatu tontonan yang bermanfaat bagi penontonnya. Penggambaran suatu karakter yang mencerminkan citra wanita muslim yang baik salah satunya terdapat pada film Cinta Subuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi citra wanita muslim di dalam film Cinta Subuh dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian analisis semiotika John Fiske yang terdiri dari tiga level yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa citra wanita muslim yang ditunjukan dalam film Cinta Subuh ini merupakan seorang wanita yang taat beribadah kepada Allah SWT, berpakaian dengan menutupi aurat, sosok wanita yang mudah terbawa perasaan, senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap permasalahan hidup dan menaati ajaran agama islam. Kemudian seorang wanita yang berbuat baik (ihsan) kepada Allah SWT dan kepada sesama manusia.

References

As-syarawi, Syaikh Mutawalli (2003). Fikih Perempuan (Muslimah) Busana dan Perhiasan,

Penghormatan atas Perempuan, Sampai Wanita Karier. Jakarta: Bumi Aksara

Awwam, Q. (2017). Fiqih Wanita. Cerdas Interaktif.

Baksin, Askurifai dkk (2018). Panduan Produksi Film Teori dan Praktik. Bandung: Mediamore Karya

Optima

Darma, Surya dkk. (2022). Pengantar Teori Semiotika. Bandung: Media Sains Indonesia

Dewaniti, Hanny dan Titis Adinda (2019). The Great Muslimah. Jakarta Selatan: Ikon

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta:

LkiS

Hatsi, Aini Z. (2021). Muslimah Itu Spesial. Guepedia

Padrianto, Nigar dkk. (2023). BUDAYA POP: Komunikasi dan Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama

Pratista, Himawan dkk. (2019). 30 Film Indonesia Terlaris 2002-2018. Yogyakarta: Montase Press

Lantowa, Jafar dkk. (2017). Semiotika Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Budi Utama

Aflah, H. (2018). Representasi Nilai-Nilai Islam dalam Film Duka Sedalam Cinta (Analisis Semiotika)

(Doctoral dissertation).

Alamsyah, A. (2012). Perspektif Dakwah Melalui Film. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(2), 197-211.

Ananta Gautama, W. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH DARI MI

MATHLA’UL ANWAR KOTA JAWA KECAMATAN WAY KHILAU KABUPATEN

PESAWARAN (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Aullia, R. N. (2019). Representasi Aksi Feminisme Dalam Film Marlina The Murderer In Four Acts

(Analisis Semiotika Model John Fiske) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal

teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Dayanti, Jutri and Sumaryanto, Sumaryanto (2019) Manajemen Sarana dan Prasarana Penjasorkes SD

Negeri di Kota Bengkulu. S2 thesis, Program Pascasarjana.

Dwiyanti, N. (2016). Analisis semiotik citra wanita muslimah dalam film" Assalamualaikum Beijing"

(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Downloads

Published

2023-12-22