Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop Shopee dalam Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3228Keywords:
Marketing, Komunikasi Bisnis, ShopeeAbstract
Abstract. E-commerce is a platform in the form of an application whose purpose is to make people shop safely, making it easier for people to find their needs through online media. one of the objects that uses an e-commerce account is My Ex-Clocker. These business people prefer to use sales and branding using the Shopee platform, this is because many people use the application to buy various kinds of needs, therefore they want to know how to increase sales via Shopee media. The purpose of this research is to find out the business communication strategy of Bess Lemariku in increasing sales through Shopee e-commerce. By using data collection techniques observation, interviews, and literature study. The results of the study show that the sales conditions for Bebek Lemariku use the Shopee platform, mainly because Shopee is one of the top choices because many audiences feel that Shopee has features that support Thrift Shop Bes Lemariku in optimizing the business communication strategy process. Bekaslemariku uses three implementations to increase sales through a giveaway with a buy 1 get 1 system, content marketing, and paid media. Research shows that the Bukalapak platform on the Shopee platform grows sales results but is not maximized through the implementation of giveaways, content marketing and paid media. Obstacles that occur in implementing business communication strategies to increase sales, namely, there is a lack of operational costs for carrying out paid communications in the nature of ads, a lack of analyzing and adapting to people's wishes, and not issuing breakthroughs to suppress sales in Shopee e-commerce.
Abstrak. E-commerce merupakan platform dalam bentuk aplikasi yang tujuannya dibuat bagi masyarakat agar berbelanja dengan aman, memudahkan masyarakat dalam mencari kebutuhan mereka melalui media online. salah satu objek yang menggunakan akun e-commerse yaitu Bekaslemariku. Pelaku bisnis tersebut lebih menyukai pemanfaatan penjualan dan branding dengan menggunakan platform Shopee, hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut untuk membeli berbagai macam kebutuhan, maka dari itu ingin mengetahui bagaimana cara Bekaslemariku dalam meningkatkan penjualan melalui media Shopee. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis Bekaslemariku dalam meningkatkan penjualan melalui e-commerce Shopee. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan Kondisi penjualan Bekaslemariku menggunakan platform Shopee, utamanya karena Shopee menjadi salah satu pilihan utama karena banyak khalayak yang merasa bahwa Shopee memiliki fitur-fitur yang menunjang Thrift Shop Bekaslemariku dalam mengoptimalkan proses strategi komunikasi bisnis. Bekaslemariku menggunakan tigas penerapan untuk meningkatkan penjualan melalui giveaway dengan sistem buy 1 get 1, content marketing, dan paid media. Penelitian menunjukkan bahwa Bekaslemariku pada platform Shopee menumbuhkan hasil penjualan namun belum maksimal melalui penerapan giveaway, content marketing, dan paid media. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan strategi komunikasi bisnis untuk meningkatkan penjualan yaitu,terjadi kurangnya biaya operasional untuk melakukan komunikasi berbayar yang bersifat ads, kurangnya menganalisa dan beradaptasi dengan keinginan masyarakat, serta tidak mengeluarkan terobosan untuk menekan penjualannya di dalam e-commerce Shopee.
References
David Dwimarta. (2012). Bisnis Online,. Kata Buku.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori Dan Praktek Komunikasi. Pt. Citra Aditia Bakti.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Alfabeta.