Peranan Media Streaming dalam Menggantikan Televisi Konvensional di Kalangan Masyarakat

Authors

  • Alya Dwi Yuliani Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Oji Kurniadi Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3140

Keywords:

Media Streaming, New Media, Youtube

Abstract

Abstract. Along with the development of the times, the position of television is now being replaced in the community. This is due to the presence of new media (new media). One form of the development of this new media is social media in the form of video streaming. One of the streaming media that is currently popularly used by the public is YouTube. This study examines the role of streaming media in replacing conventional television among the public. The purpose of this study is to find out how effective the use of streaming media is among the public, especially in Sumedang City. This study uses a qualitative descriptive research method. Data collection techniques using data triangulation, namely observation, interviews, and documentation. The results of the research in this study are the use of streaming media among the people of Sumedang City, the main purpose of which is to seek entertainment and get the latest information. The effectiveness possessed by streaming media compared to conventional television includes entertainment and information that is more adaptive, interactive, and in accordance with the times. One of the interactive features in streaming media is that people can customize their viewing experience according to their personal preferences. In addition, innovative features such as easy access, time and place flexibility are strong factors why many people in Sumedang City have switched to using streaming media from conventional television.

Abstrak. Seiring berkembangnya zaman, posisi televisi kini mulai tergantikan di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya kehadiran new media (media baru). Salah satu bentuk dari perkembangan new media ini yaitu media sosial berbentuk video streaming. Salah satu media streaming yang kini sedang populer digunakan oleh masyarakat yaitu YouTube. Penelitian ini meneliti tentang bagaimana peranan media streaming dalam menggantikan televisi konvensional di kalangan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media streaming di kalangan masyarakat khususnya di Kota Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada penelitian ini ialah penggunaan media streaming di kalangan masyarakat Kota Sumedang tujuan utamanya yaitu untuk mencari hiburan dan mendapatkan informasi terkini. Adapun efektivitas yang dimiliki oleh media streaming dibandingkan televisi konvensional diantaranya adalah hiburan dan informasi yang lebih adaptif, interaktif, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Interaktif yang terdapat pada media streaming ini salah satunya adalah masyarakat dapat menyesuaikan pengalaman menonton sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Selain itu, fiturfitur inovatif seperti akses mudah, fleksibilitas waktu dan tempat menjadi faktor kuat mengapa banyak masyarakat Kota Sumedang yang beralih menggunakan media streaming dari televisi konvensional.

References

Fachruddin, Andi. 2017. Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi,

Dokumenter dan Teknik Editing. Jakarta: Kencana.

Imran, Ali Hasyim. 2016. “Penggunaan Tv Streaming Di Kalangan Masyarakat Perkotaan”. Jurnal Studi

Komunikasi dan Media. Vol 20, No 2, (hlm. 124- 129).

Juliandhono, Niko. & Berlianto, Margaret. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perceived Value

Dan Implikasinya Kepada Intention To Subscribe Serta Pengaruhnya Terhadap Social Influence Pada

Aplikasi Streaming Film Disney Plus Hotstar”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 16, No 2, (hlm. 78-

.

McQuail, D. 2011. Teori Komunikasi Massa Mcquail Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Miller, Michael. 2009. Sams Teach Yourself YouTube in 10 Minutes. United State of Amerika: SAMS.

Mutohharun, Jinan. 2013. “Intervensi New media dan Impersonalisasi Otoritas Keagamaan di Indonesia.

Jurnal Komunikasi Islam”. Vol 3, No 2, (hlm. 322-323).

Nasrullah, Rulli. 2022. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media.

Permatasari, Novi. Wahid, Umaimah. & Cangara, Hafied. 2022. “Genderlect Style dalam Komunikasi

Pria dan Wanita Pada Series Layangan Putus”. Jurnal Komunikasi. Vol 5, No 1.

Putra, Gede Lingga. 2019. “Pemanfaatan Animasi Promosi Dalam Media Youtube,”. Jurnal Senada. Vol

, No 9, (hlm. 264-265).

Ratnasari, Anne. 2008. “Internet sebagai Media Penunjang Studi Mahasiswa”. Jurnal Mimbar. Vol

XXIV, No 1, (hlm. 13-14).

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta:

Deepublish.

Safitri, Anggi. 2021. “Pengaruh Karakteristik Pesan pada Media Sosial dalam Membentuk User

Engagement (Studi Analisis Isi pada Akun Instagram Netflix Indonesia)”. Jurnal Lensa Mutiara

Komunikasi. Vol 5, No 2, (hlm. 129-130).

Situmorang, James. 2012. “Pemanfaatan Internet Sebagai New media Dalam Bidang Politik, Bisnis,

Pendidikan Dan Sosial Budaya”. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 8, No 1, (hlm. 74-74)

Sutisno P.C.S. 1993. Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. Jakarta: PT Grasindo.

Yasmin, Arti. & Saputeri, Marheni. 2019. “Pengaruh Product Placement Pond’s Age Miracel Terhadap

Brand Awareness Dan Purchase Intention Pada Aplikasi Viu (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota

Bandung)”. Jurnal e-Proceeding of Management. Vol 6, No 2, (hlm. 2).

Downloads

Published

2023-12-22