Peran Content Creator dalam Mempromosikan Kopi.7060 Melalui Instagram

Authors

  • Allyandra Fauzan Najib Ibnu Faisal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Muhammad E Fuady Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3139

Keywords:

Media Sosial, Instagram, Content Creator

Abstract

Abstract. Currently, a profession that is on the rise is content creator, like now in this digital era. Many brands are interested in using their services for advertising purposes. The aim of this research is to find out the role of content creators in promoting coffee shops via Instagram. The method used in this research is a qualitative research method with a case study approach. This research examines a contemporary phenomenon which is studied in depth regarding the role of content creators in utilizing Instagram features in marketing products. The research results show that the reason 7060 uses Instagram as their main media is because of the ease of using this media and Instagram is a media that is widely used by people of various ages today. In the content creation process, the role of the Kopi 7060 content creator begins with creating interesting ideas to be packaged into content that can market a product.

Abstrak. Saat ini profesi yang sedang naik daun yaitu content creator, seperti sekarang di era digital ini. Banyak merek tertarik menggunakan layanan mereka untuk tujuan periklanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran content creator dalam promosi coffeeshop melalui Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini meneliti fenomena kontemporer yang dikaji secara mendalam mengenai peran content creator dalam memanfaatkan fitur-fitur Instagram dalam memasarkan produk. Hasil penelitian menunjukan alasan 7060 dalam menggunakan Instagram sebagai media utamanya yaitu karena kemudahan dalam menggunakan media tersebut dan Instagram adalah media yang banyak digunakan orang saat ini dalam berbagai usia. Dalam proses pembuatan konten, peran content creator kopi 7060 ini berawal dari membuat ide yang menarik untuk dikemas menjadi sebuah konten yang bisa memasarkan sebuah produk.

References

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Zakirah, D. M. A. (2020). Media Sosial Sebagai Sarana Membentuk Identitas Diri Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 91–101.

Morrisan, M. A. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu (Edisi 1). Jakarta: Kencana.

Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, 8(1), 1. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208

Downloads

Published

2023-12-22