Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Minat Belajar Bahasa Inggris Komentator
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3034Keywords:
Penggunaan Media Sosial, Minat BelajarAbstract
Abstract. The presence of the internet gave rise to new media or currently known as social media which is often used as a medium of learning for some people, one of which is TikTok. Black Screen English is one of the accounts that focuses on educational content. Therefore, this study aims to find out the relationship between the use of TikTok social media and the interest in learning English from Black Screen English commentators. The method used in this study uses a quantitative approach and correlational methods. The samples used were commentators from the Black Screen English account, totaling 97 commenters. Researchers used Spearman's rank test analysis with data collection methods using questionnaires distributed through g-forms and interviews. The results of this study indicate that there is no relationship between the use of social media and the commentator's learning interest. This can be seen from the significance value which is greater than the value of α.
Abstrak. Hadirnya internet memunculkan media baru atau saat ini bisa dikenal sebagai media sosial yang kerap kali digunakan sebagai media pembelajaran bagi beberapa orang, salah satunya TikTok. Black Screen English menjadi salah satu akun yang berfokus pada konten edukasi. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Media Sosial TikTok Dengan Minat Belajar Bahasa Inggris Komentator Black Screen English. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Adapun sampel yang digunakan adalah komentator dari akun Black Screen English sebanyak 97 komentator. Peneliti menggunakan analisis uji rank spearman dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui gform dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Minat Belajar Komentator. Hal ini dilihat dari nilai signifikasi lebih besar dari nilai α.
References
PT. Remaja Rosdakarya
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Sugiyono (2012) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: AlfabetaA. Shimp T. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5th ed. Jakarta: Erlangga; 2000.