Strategi Branding Startup Kreatifest Indonesia dalam Membangun Brand Image

Authors

  • Hammam Alwi Mahfudz Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • O Hasbiansyah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2362

Keywords:

Startup, Strategi Branding, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Abstract. Komunikasi pemasaran terpadu merupakan upaya untuk menjadikan seluruh kegiatan pemasaran dan promosi perusahaan dapat menghasilkan citra atau image yang bersifat satu dan konsisten bagi konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis terkait strategi, faktor pembentuk, dan mengetahui implementasi strategi branding pada startup Kreatifest Indonesia dalam membangun brand image. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Adapun Subjek penelitian yang dipilih dalam melakukan penelitian ini yaitu Arief Munandar, Ramadhan Nur Faizy, dan Mia Rosmalia. Objek penelitian ini adalah mengenai strategi branding yang dilakukan startup Kreatifest Indonesia dalam membangun brand image sehingga mampu memikat para konsumen dan mampu menjaga eksistensinya di pasar Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan data analisis interaktif mengacu kepada konsep Miles & Huberman yang mengklasifikasikan analisis data kedalam tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi branding menggunakan Komunikasi Pemasaran Terpadu dengan memanfaatkan berbagai media. Membangun startegi ini, meliputi bagaimana proses awal, merek produk sebagai identitas, dan juga media yang akan digunakan. Selain itu, faktor pembentuk strategi ini meliputi kompetensi, standar, dan juga gaya. Implementasi strategi ini adalah dengan membuat program dan meningkatkan penjualan produk

Abstrak. Integrated marketing communication is an effort to make all marketing and promotional activities of the company able to produce an image that is one and consistent for consumers. This study aims to analyze strategies, forming factors, and find out the implementations of branding strategies on Kreatifest Indonesia startups in building brand images. This research uses qualitative research methods using a case study approach. The paradigm used is the paradigm of constructivism. The research subjects chosen in conducting this research were Arief Munandar, Ramadhan Nur Faizy, and Mia Rosmalia creator. The object of this study is about the branding strategy carried out by startup Kreatifest Indonesia in building a brand image so that it is able to attract consumers and be able to maintain its existence in the Indonesian market. The data collection techniques used in this study were interviews, observations, and documentation. Data analysis of this study uses interactive analysis data referring to the Miles & Huberman concept which classifies data analysis into three processes, namely data reduction, data presentation, and data verification or drawing conclusions. The results showed that branding strategies use Integrated Marketing Communication by utilizing various media. Building this strategy, including how the initial process is, the product brand as an identity, and also the media to be used. In addition, the factors that shape this strategy include competence, standards, and also style. Implementation of this strategy is to create programs and increase sales of product and services.

References

Amanah, Dita. (2011) Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza. Medan: Jurnal Keuangan & Bisnis Volume 3 No. 3 (Diakses pada 27 Juni 2022)
[2] Andrews, Kenneth R. (2005). Konsep Startegi Perusahaan, Jakarta: Erlangga Durianto D. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama; 2001.
[3] Emzir (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
[4] Kartajaya, Hermawan. (2009) Hermawan Kertajaya On Brand Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: Penerbit Mizan
[5] Kotler, Philip. (2009) Manajemen Pemasaran Jilid 2: Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.
[6] Moloeng, Lexy J. (2018) Metodologi Penelitian Kulitatif Edisi Revisi ke 30. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
[7] Startupranking.com (Diakses pada tanggal 13 Juli 2022)
[8] Wheelen, Thomas L. & Hunger, J. David “Strategic Management and Business Policy”, thirteenth edition, New York: Pearson, 2012
[9] Yunitasari, Cindy dan Edwin Japarianto, (2013). Analisa Faktor-faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No, 1, 1-8. Surabaya: Universitas Kristen Petra (Diakses pada 25 Oktober 2022)

Downloads

Published

2023-07-18