https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Perencanaan Strategi Promosi Rewind Photobooth Melalui Instagram

Authors

  • Galih Ramadani Pangestu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Aning Sofyan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2361

Keywords:

Teknologi, Strategi Pemasaran, Instagram

Abstract

Abstract. In the development of technology, it is increasingly developing and technology is now very easy to carry out daily activities, in many countries technology has become part of their daily activities where technology can facilitate their activities, with the many uses of technology in Indonesia, of course, is a big target. for businesses to market their business. Promotion is an activity that is part of the marketing communication mix. Promotion provides information to the public or consumers about the products or services offered by the company. The purpose of this study is to analyze and discuss promotion strategies and the use of social media in marketing business services in order to attract customers' interest which is carried out by rewind photobooth. The method used in this research is a qualitative descriptive method with a case study approach. The data from this study were obtained through observations and interviews specifically using several sources or informants. The results of this study are Rewind Photobooth in a promotional strategy that focuses on promotion on Instagram social media because the results of the 360 ​​video are mainly to share a moment through video-based social media.

Abstrak. Dalam perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang dan teknologi pun kini sangatlah memudahkan dalam beraktivitas sehari-hari, di banyak negara teknologi sudah menjadi bagian keseharian mereka dalam berkegiatan yang dimana teknologi dapat mempermudah dalam berkegiata, dengan banyaknya penggunaan teknologi yang ada di Indonesia tentunya merupakan target besar bagi dunia usaha untuk memasarkan bisnisnya. Promosi adalah suatu kegiatan yang merupakan bagian dari bauran komunikasi pemasaran. Promosi memberikan informasi kepada masyarakat atau konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas strategi promosi dan pemanfaatan media sosial dalam memasarkan jasa usaha agar bisa menarik minat pelanggan yang dilakukan oleh rewind photobooth.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dari penelitian ini didapatkan melalui hasil observasi dan juga wawancara secara spesifik menggunakan beberapa sumber atau informan. Hasil dari penelitian ini yaitu  Rewind Photobooth dalam strategi promosi berfokus pada promosi di media sosial instagram karena hasil dari video 360 tersebut tujuan utamanya untuk membagikan sebuah momen melalui media sosial berbasis video.

References

[1] Croteau, David dan William Hoynes, 2003. Media Society: Industries, Images, and Audiences. California: Pine Forge Press.Brogan, Chris. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
[2] Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.Firmansyah, Muhammad Anang. 2019. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Qiara Media.
[3] Lister, Martin, et al. 2003. New Media: A Critical Introduction. USA and Canada: Routledge.Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Budi Utama.
[4] McQuail, Dennis. 1987. Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga.Kotler& Keller. 2016. Principles Of Marketing (17th ed). England: Pearson.
[5] Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja RosdakaryaNasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[6] Santana, Septiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Yayasan Pustaka Obor Indonesia..
[7] Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Deepublish.
[8] Wibawanto, Wandah. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
[9] Anggriana, R., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online “OM-JEK” Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(2).
[10] Arman, A. (2015). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada CV. Sinar Utama Cabang Antasari Di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman.
[11] Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). eProceedings of Management, 3(2).
[12] Augustien, A., Suhartono, A. W., & Sutopo, A. R. (2016). Perancangan Media Promosi Jasa Photobooth Snap in Frame Di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(8), 9.
[13] Bahri, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidkan Islam Pada Tradisi Naik Ayun Masyarakat Bugis Di Dusun III Pembangunan Desa Punggur Besar (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam).
[14] Destyana, Y., & Oktavianti, R. (2021). Strategi Promosi Industri Jasa Perhotelan Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Pengunjung pada Era New Normal (Studi Kasus Pada Swissbel Resort Belitung). Prologia, 5(2), 253-260
[15] Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.
[16] Hidayat, W. (2016). Strategi Promosi Urban Coulture Melalui Media Sosial Instagram dalam Memperkenalkan Produk (Doctoral dissertation, Fakultas Komunikasi (UNISBA)).
[17] Iwan, V. (2020). Strategi Promosi Coffeegasm Melalui Media Sosial Instagram (Doctoral dissertation, Podomoro University).
[18] Limandono, J. A. (2017). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi Di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.
[19] Nawawi, N., & Awza, R. (2017). Persepsi Mahasiswa Menggunakan Fasilitas Wi-fi dalam Mencari Informasi di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (Doctoral dissertation, Riau University).
[20] Pertiwi, M. I., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Baker's King Donuts & Coffee Di Mx Mall Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
[21] Ridha, N. (2017). Proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian. Hikmah, 14(1), 62-70.
[22] Sara, R. V. A. (2018). Promotion Strategy Of Marketing Communication Division Of Bandung Makuta (Descriptive study about Promotion Strategy of marketing Communication Division of Bandung 1Makuta in Building ‘Brand Awareness’ Among Consumers) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
[23] Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. no. December.
[24] Setiawati, M. C., & Rusdi, F. (2020). Strategi Promosi Penyanyi Cover di Media Sosial. Prologia, 4(2), 264-271.
[25] Wahyuni, W. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Gowa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Downloads

Published

2023-07-14