Makna Pesan "Saling Menjaga adalah Amanah" dalam Iklan Gojek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2340Keywords:
Semiotika Barthes, Makna Pesan, Semiotika IklanAbstract
Abstract. The Gojek advertisement for the #PesanDariRumah edition is an advertisement created by Gojek Indonesia in the context of dealing with the Covid- 19 pandemic which is lifted from a 'reality' of life. Advertising based on reality is often the essence that remains superior without compromising the intent, message, and purpose of the ad. This study aims to find out the meaning of denotation, connotation, and myth as well as the meaning of the message 'Guarding each other is Amanah' contained in the Gojek advertisement based on the signs that appear on the advertisement. This study uses several relevant theories, namely: Message Meaning, Advertising Semiotics, and Roland Barthes Semiotics as research perspectives. This study uses an interpretive paradigm and uses qualitative research methods with a semiotic analysis approach of Roland Barthes. Data were obtained through data observation, document study, and literature study. The data analysis technique uses Roland Barthes' semiological analysis tool in the form of two orders of significations, namely denotation, connotation, and myth. Validity test using source triangulation technique. The results of the study indicate that in each scene in the advertisement, it tries to present a reality of changes in social life in the scope of the driver partner. In addition, the results of the study also show that this advertisement contains the message 'Guarding each other is Amanah' which can be used as an understanding that the importance of taking care of each other in the current pandemic era, be it between individuals, between families, to between driver partners and passengers. because it is a mandate and must be done by every element of society.
Abstrak. Iklan Gojek edisi #PesanDariRumah merupakan iklan hasil karya Gojek Indonesia dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 yang diangkat dari sebuah„realitas‟ kehidupan. Iklan berdasarkan realitas seringkali menjadi esensi yang tetap unggul tanpa mengesampingkan maksud, pesan, hingga tujuan dari iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos serta makna pesan „Saling Menjaga Adalah Amanah‟ yang terdapat dalam iklan Gojek berdasarkan tanda-tanda yang muncul pada iklan. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu: Makna Pesan, Semiotika Iklan, dan Semiotika Roland Barthes sebagai perspektif penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Data diperoleh melalui observasi data, studi dokumen, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan perangkat analisis semiologi Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap (two oder of significations), yaitu denotasi, konotasi, serta mitos. Uji keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam setiap scene dalam iklan berusaha mempresentasikan sebuah realitas perubahan kehidupan sosial di ruang lingkup mitra driver. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam iklan ini mengandung makna pesan „Saling Menjaga adalah Amanah‟ yang dapat dijadikan pemahaman bahwa pentingnya saling menjaga antar sesama di era pandemi saat ini, baik itu antar individu, antar keluarga, hingga antara mitra driver dan penumpang, karena hal tersebut merupakan amanah dan wajib dilakukan oleh setiap elemen masyarakat.
References
Jurnal Ekonomi Perjuangan, Volume 2, Nomor 2, (hlm. 212-224)
[2] Fajar Sheila Nurul & Dede Lilis Ch. (2021). “Kesadaran Lingkungan dalam Perubahan Iklim”, dalam Journal Riset Manajemen Komunikasi, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2021,Halaman 84-93).
[3] Gojek. "Tetap Bertanggung Jawab Saat Naik Gocar & Goride: Yuk Cegah Penyebaran Virus Covid-19" https://www.gojek.com/blog Tanggal Akses 2 Mei 2022 Pukul 19.15 WIB.
[4] Lukitaningsih, A. (2013). "Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran", dalam Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Volume 13, Nomor 2, (hlm. 116-129) .
[5] Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. PT REMAJA ROSDAKARYA.
[6] Susanto, E. H. (2014). "Dinamika Pesan Iklan", dalam Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, Volume 1, (hlm. 1–9).
[7] Teguh, P. (2021). "Makna Pesan Iklan Homecare Unilever Edisi Ramadhan 2020 Versi Gerakan Masjid Bersih". Skripsi. Purwekerto: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Institur Agama Islam Negeri Purwokerto.