Dasar-Dasar Komunikasi Bisnis
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i1.2324Keywords:
Membuat, Mengirim Surat, Kepada Pihak LainAbstract
Abstract. Communication in the business world is used to build partnerships, intellectual resources, to promote an idea, product, service, or an organization, with the aim of creating value for the business being run. According to Purwanto, business communication is communication used in the business world which includes various forms of communication, verbal or non-verbal communication to achieve certain goals. In this sense of communication, it includes the party communicating and something being communicated. The nature of communication includes oral, written, non-verbal communication through gestures or gestures, namely body language, or through symbols and pictures. Verbal communication is used in the business world to convey business messages to other parties either in writing or orally, while non-verbal communication is more spontaneous than verbal communication in terms of conveying a message.
Abstrak. Komunikasi dalam dunia bisnis digunakan untuk membangun Partnership, sumberdaya intelektual , untuk mempromosikan satu gagasan, produk, servis, atau suatu organisasi,dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Menurut purwanto komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, komunikasi verbal ataupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pengertian komunikasi ini tercakup pihak yang berkomunikasi dan sesuatu yang dikomunikasikan. Sifat komunikasi meliputi komunikasi lisan, tulisan, komunikasi non-verbal melalui kial atau gestural yaitu Bahasa tubuh, atau melalui symbol dan gambar-gambar. Komunikasi verbal digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik secara tertulis (written) maupun lisan (oral) sedangkan komunikasi non verbal lebih bersifat spontan dibandingkan dengan komunikasi verbal dalam hal penyampaian suatu pesan.
References
[2] Prof. Dr H. Rizali Hadi, M. ,. (2015). Komunikasi Bisnis. PADMA Publisher.
[3] Munadzdzofah, O. (2017). PENTINGNYA BAHASA INGGRIS, CHINA, DAN JEPANG
SEBAGAI BAHASA KOMUNIKASI BISNIS DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Ilmiah Ilmu
Administrasi dan Sekretari, 1(2).
[4] Praditya, A. (2019, Februari). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KOMUNIKASI BISNIS TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE SHOP. Jurnal Semarak, 2(1), 31-43.
[5] Sigit Hardiyanto, D. P. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi, 3(1), 30-39.
[6] Hartman, George, M. 1997. Seni Negosiasi (Tips Negosiasi yang Gemilang). Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
[7] Himstreet, William C; Baty, Wayne Murlin. 1990. Business. Communicationss: Principles
and Methods. Boston: PWS-. Kent Publishing Company.
[8] Elizabeth, Ngah-Kiing Lim. 2004. Strategies for Effective Cross – Cultural Negotiation: The
FRAME Approach. Singapore. McGrawHill.
[9] Oliver, David. 2002. Cara Berunding lebih Efektif (101 Ways to Negotiate More Effectively).
Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[10] Handcock, Dawnson R dan Bob, Algozine. 2006. Doing Case Studi Research. New
York:Teacher College Press.
[11] Krizan, et al. 2008. Business Communication, 8th Edition. Jakarta : Bumi Aksara.
[12] Moriarty, S., Wells, W., dan J.Barnet.2001. Advertising: Principles and Practice.
Edition 5th.
[13] Rindam House. New york. Penerjemah H. Teguh. 2002.
[14] Priyatna, Suganda dan Elvinaro Ardianto. 2008. Tujuh Pilar Strategi Komunikasi
Bisnis, Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjadjaran.
[15] Rosenbalt, Bernard. 1995. Communication in business. New Jersey: prentice hall,
inc.Engelwood cliffs.
[16] Shimp, A Terence. 2010. Integrated Marketing Communication In Advertising And
Promotion. South-Western: Cengage Learning.
[17] Widyanto dan Pakkana, Mukhaer. 2013. Pengantar Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media
[18] Atika, Risma 2017. Strategi Customer Relations Dalam Meningkatkan kepuasan pelanggan.
Conselor : Nurjanah, Ilmu Komunikasi FISIP UR 2 Januari 2017
[19] Katz, Bernard. 2009. Komunikasi Bisnis Praktis. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.
[20] Haryatmoko, 2007, Etika Komunikasi, Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi,Yogyakarta