https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Integrasi Materi Literasi Digital “Tular Nalar” dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia

Authors

  • Yohanes Adven Sarbani Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1636

Keywords:

Literasi Digital, Tutur Nalar, Perkuliahan Bahasa Indonesia

Abstract

Abstract.

This research seeks to find ways to integrate digital literacy material «Tular Nalar» in Indonesian language lectures, as well as find out student responses to digital literacy learning in Indonesian language lectures. The subjects of this study were students taking the Indonesian language course at Widya Mandala Catholic University Surabaya in the odd semester of 2021/2022. They consisted of 85% of Psychology Study Program students, 13.4% of D-III Office Administration Study Program students, and 10.7% of Philosophy Study Program students. As well as indicators of student performance, students are able to identify various types of paragraphs based on the content and location of the topic sentence. The «Tular Nalar» curriculum material is integrated as reading material for students to achieve the learning objectives of the course. After students get an explanation of the target paragraphs in the CMPK sub-group, students open the website www.tularnalar.id and enter online learning. Students read digital literacy themes in accordance with the distribution of predetermined theme readings. Student responses regarding the digital literacy material «Tular Reason» are as follows.

Abstrak.

Penelitian ini berusaha untuk menemukan cara mengintegrasikan materi literasi digital «Tular Nalar» dalam perkuliahan Bahasa Indonesia, serta mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran literasi digital dalam perkuliahan Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada semester gasal 2021/2022. Mereka terdiri dari 85% mahasiswa Prodi Psikologi, 13.4% mahasiswa Prodi Administrasi Perkantoran D-III, dan 10.7% mahasiswa Prodi Ilmu Filsafat. Serta indikator kinerja pembelajarnya ialah mahasiswa mampu mengidentifikasi beragam jenis paragraf berdasarkan isi dan letak kalimat topik. Materi kurikulum «Tular Nalar» diintegrasikan sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran mata kuliah. Setelah mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai paragraf sesuai target dalam sub-CMPK, maka mahasiswa membuka situs www.tularnalar.id dan masuk ke belajar online. Mahasiswa membaca tema literasi digital sesuai dengan pembagian bacaan tema yang sudah ditentukan. Tanggapan mahasiswa terkait materi literasi digital «Tular Nalar» adalah sebagai berikut ini.

References

Adiputri, R. D. (2021. 27 Januari). Literasi Abad Ke-21. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/opini/2021/07/27/literasi-abad-ke-21

Astuti, S. I., Mulyati, H., & Lumakto, G., (2020). In search of Indonesian-based digital literacy curriculum through TULAR NALAR. Paper dipresentasikan di Social and Humanities Research Symposium 2020 oleh LPPM Universitas Islam Bandung dengan tema “Islam, Media and Education in the Digital Era” Bandung

Direktorat Penjaminan Mutu. (2018). Pendidikan Berbasis Capaian Pembelajaran (Outcomes-Based Education/OBE). (ppt) Jakarta: DIRJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI

Katadata & Kominfo. (2020). Status literasi digital Indonesia 2020 hasil survei di 34 provinsi. Jakarta: Kominfo.

Kurnia, N. dan Astuti, S. I. (2017). Peta Gerakan Literasi Digital di Indonesia: Studi Tentang Pelaku, Ragam Kegiatan, Kelompok Sasaran dan Mitra yang Dilakukan Oleh Japelidi. Informasi. Vol 47, No 2 (2017) 149-166.

Kurnia, N. dan Wijayanto, X., A. (2020). Kolaborasi Sebagai Kunci: Membumikan Kompetensi Literasi Digital Japelidi dalam Kurnia, N, Nurhajati, L., Astuti S., I. (ed). Kolaborasi Lawan (Hoaks) Covid-19: Kampanye, Riset, dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi. Yogyakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM

Monggilo, Z. M. Z., Kurnia, N., Wirawanda, Y., Desi, Y. P., Sukmawati, A. I., Anwar, C. R., Wenerda, I, & Astuti, S. I. (2021). Modul cakap bermedia digital. Jakarta: Kominfo, Japelidi, & Siberkreasi. Diakses dari https://literasidigital.id/ books/modul-cakap-bermedia-digital/.

Nugroho, C. (2020). Cyber Society Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Jakarta: Prenada Media.

Nurjan, S., Firman., Minarwati. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Sulawesi Selatan: Aksara Timur

Sarbani, Y.A., (2019). Bahasa Indonesia. Surabaya: Fakultas Vokasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Suladi. (2014). Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-12-23