Penerapan Propaganda di Media Sosial Twitter Guna Menyebarkan Informasi Terkait Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1634Keywords:
Propaganda, Twitter, InformasiAbstract
Abtract. Information related to Covid-19 is widely circulated on Twitter social media but the information is still fragmentary and efforts are needed to unite it so that social media users can easily access information related to Covid-19. This study aims to apply propaganda on social media Twitter and explain how the impact of the propaganda. The novelty of this research is focused on the propaganda of the Twitter social media account which is the most responded to by citizens because it informs the wargabantuwarga.com website which collects information about Covid-19, determining the account using Twitter's social media analysis tool in the form of Social Bearing. The research method used is qualitative research with data sources from literature studies and observations on Twitter social media. The results of the study show that the application of propaganda on Twitter social media has been proven to be able to get citizens involved in disseminating information related to Covid-19, including Covid-19 information on the wargabantuwarga.com website. The dissemination of this information was carried out by sharing tweets from the Twitter social media account @anandabadudu which reached thousands of times and received responses from netizens. The propaganda used is white propaganda and the propaganda technique Using All Forms of Persuasion. Both give rise to social action which means the relationship between the propagandist and the target of propaganda or other netizens.
Abstrak. Informasi terkait Covid-19 banyak beredar di media sosial Twitter tetapi informasi tersebut masih terpisah-pisah dan diperlukan upaya untuk menyatukannya sehingga pengguna media sosial mudah mengakses informasi terkait Covid-19. Penelitian ini bertujuan menerapkan propaganda di media sosial Twitter dan menjelaskan bagaimana dampak dari propaganda tersebut. Kebaruan penelitian ini difokuskan pada propaganda akun media sosial Twitter yang paling banyak direspons oleh warganet karena menginformasikan terkait situs web wargabantuwarga.com yang menghimpun informasi tentang Covid-19, penentuan akun tersebut menggunakan alat analisis media sosial Twitter berupa Social Bearing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data dari studi pustaka dan pengamatan di media sosial Twitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan propaganda di media sosial Twitter telah terbukti mampu membuat warganet terlibat dalam menyebarkan informasi terkait Covid-19, termasuk informasi Covid-19 yang berada di situs web wargabantuwarga.com. Penyebaran informasi tersebut dilakukan dengan membagikan cuitan dari akun media sosial Twitter @anandabadudu yang mencapai ribuan kali dan mendapat respons dari warganet. Adapun propaganda yang digunakan adalah propaganda jenis propaganda putih dan teknik propaganda Using All Forms of Persuations. Keduanya memunculkan tindakan sosial yang berarti hubungan antara propagandis dan sasaran propaganda atau warganet lainnya.
References
Alvian Y. & Steven L. (2020). Propaganda Covid-19 terhadap Awareness Masyarakat Surabaya untuk Mengikuti Program Kerja Pemerintah. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(1), 27-41.
Bachtiar, A. Y., dkk. (2018). Peran Media Dalam Propaganda. Jurnal Komunikologi, 13(2).
Dharmawan, R. A. (2018). Tindakan Sosial Dalam Penyelamatan Mangrove (Studi Kasus KeMANGTEER). Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1).
Gotong Royong. (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/gotong%20royong, 15 September 2021.
Goeritman, H. I. N. (2021). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 melalui Media Sosial (Crisis Communication of Indonesia Government During Pandemic Covid-19 using Social Media). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 23(1), 1-19.
Haryanto, A. T., (2021). Pengguna Aktif Medsos RI 170 Juta, Bisa Main 3 Jam Sehari. Detik. Diakses dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407834/pengguna-aktif-medsos-ri-170-juta-bisa-main-3-jam-sehari.
Inayah, D. & Fredy L. P. (2020). Implementasi Social Network Analysis dalam Penyebaran Informasi Virus Corona (Covid-19) di Twitter. Seminar Nasional Official Statistics 2020: Statistics in The New Normal: A Challenge of Big Data and Official Statistics, 292-299.
Indorelawan. (n.d). Tentang Indorelawan. Diakses dari https://www.indorelawan.org/o/about-us.
Marzuuqi, S. & Yulianto, M. (2019). Twitter Sebagai Media Propaganda (Analisis Wacana pada Tweet @TsamaraDKI dan @FaldoMaldini sebagai Media Propaganda Menjelang Pemilihan Presiden 2019). Jurnal Interaksi Online, 7(4), 421-438. Diakses dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/25177.
Muqsith, S. J., Alkhendra, A., Yazan, S., & Fransiska, A. (2019). Teknik Propaganda pada Pemberitaan Calon Walikota Padang Jelang Pemilukada 2018 di Harian Padang Ekspress. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 79-89.
Mushodiq, M. A. & Imron, A. (2020). Peran Majelis Ulama Indonesia Dalam Mitigasi Pandemi Covid-19; Tinjauan Tindakan Sosial dan Dominasi Kekuasaan Max Weber. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(2), 455-472.
Juditha, C. (2019). Dukungan Sosial Warganet di Twitter Terhadap Gaya Komunikasi Pasangan Calon Presiden pada Debat Pemilu 2019. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 23(1), 87-100.
Juditha, C. (2021). Isu Pornografi dan Penyebarannya di Twitter (Kasus Video Asusila Mirip Artis). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 25(1), 15-30.
JPPN. (2019). Lepas Dandhy Laksono, Polisi Bekuk Jurnalis dan Aktivis Ananda Badudu. Diakses dari https://www.jpnn.com/news/lepas-dandhy-laksono-polisi-bekuk-jurnalis-dan-aktivis-ananda-badudu.
Komunikasi (Def. 1). (n.d). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diakses melalui https://kbbi.web.id/komunikasi, 28 Juli 2021.
Kunandar, Alip Yog. (2017). Memahami Propaganda (Metode, Praktik, dan Analisa). Yogyakarta: PT Kanisius.
Muiz, Abdul. (2015). Twitter sebagai Media Propaganda (Analisis Wacana pada Tweet Akun @ForBali13 sebagai Media Propaganda Tolak Reklamasi Tanjung Benoa Periode 1 Desember 2014-31 Januari 2015). Skripsi. Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Diakses dari https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16639/2/10730032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf.
Rachman, F. F.. & Setia, P. (2020). Analisis Sentimen Pro dan Kontra Masyarakat Indonesia tentang Vaksin COVID-19 pada Media Sosial Twitter. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 100-109.
Rezeki, S. R. I., Restiviani, Y., & Zahara R.. (2020). Penggunaan Sosial Media Twitter dalam Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dalam Penanganan Covid-19). Jurnal of Islamic and Law Studies, 4(2), 63-78.
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya media sosial, edukasi masyarakat, dan pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).
Saputra, H. A., Setiawan, A., & Muksin D. (2021). Pandemic Corona virus (Covid-19): Twitter Analysis as a Social Media Information Platform in Indonesia. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 78-93.
Seeger, M. (2020). Crisis Communication Researcher Shares 5 Key Principles that Officials Should Use in Coronavirus. The Conversation. Diakses dari https:// theconversation.com/crisis-communication-researcher-shares-5-key-principles-that-officials-should-use-in-coronavirus-133046.
Setiawan, A., Herdin A.. S.., & Muhammad E.. A.. (2021). Efektifitas Penyebaran Informasi Covid-19 melalui Media Twitter Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jurnal Academia Praja, 4(1), 89-106.
Setyowati, Dewi. (2020). Pengguna Internet Indonesia Naik Jadi 196,7 Juta, Peluang Bagi Startup. Katadata. Diakses dari https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5fa911794f3e6/pengguna-internet-indonesia-naik-jadi-196-7-juta-peluang-bagi-startup.
Shoelhi, Mohammad. (2020). Propaganda dalam Komunikasi Internasional. Yogyakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Shirley & Azeharie, S. (2014). Fungsi Komunikasi Media Sosial Twitter Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara, 6(3).
Siyoto, S., Sodik, M. Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sukmono, F. G. (2012). Ruang Publik Alternatif dalam Cyber Space (Geliat Weblog sebagai Online Citizen Journalism). Jurnal Makna, 2(2), 132-139.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tom. (2015). Creating the Social Bearing Website. Diakses dari https://Social Bearing.com/blog/social-bearing-website-launched.
Wilmy, R. R. (2020). Analyzing The Use of Twitter in Supporting Propaganda on National Interest. Jurnal Penelitian dan Kajian Intelijen, 1(2), 37-53.