Aktivitas Promosi Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Ciamis melalui Kegiatan Desaku Wisataku

Authors

  • Dhaifina Fakhrana Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung
  • Zulfebriges Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i1.163

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Kegiatan Desaku Wisataku, Event

Abstract

Abstract. The activity of the Desaku Wisataku is an annual routine program of the BPPD Kabupaten Ciamis which as a whole is packaged in video content and contains the promotion of superior tourism village products in Kabupaten Ciamis. This activity is the result of the collaboration between BPPD Kabupaten Ciamis and the Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis to increase tourist visits and the quality of tourism in Kabupaten Ciamis. The uniqueness of the Kegiatan Desaku Wisataku is that as an event, Desaku Wisataku directly involves the community. In addition, the Kegiatan Desaku Wisataku are also a new innovation in terms of tourism promotion during the Covid-19 pandemic. This study aims to examine the marketing communication activities of the BPPD Kabupaten Ciamis through Desaku Wisataku using the concept of event management, promotion mix and event approaches as well as analyzing solutions to the obstacles contained in these activities. The research method used is qualitative with a case study. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the Kegiatan Desaku Wisataku applies the concept of event management Goldblatt which consist of research, planning, design, coordination and evaluation. There are several obstacles in Desaku Wisataku such as coordination, awareness and understanding of the community, finances, weather conditions and human resources. The solution taken was to carry out further communication and make changes to the schedule of Desaku Wisataku. 

 Abstrak. Kegiatan Desaku Wisataku merupakan program rutin tahunan BPPD Kabupaten Ciamis yang secara keseluruhan dikemas dalam konten video dan berisi tentang promosi produk unggulan desa wisata di Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut merupakan hasil dari kolaborasi BPPD Kabupaten Ciamis dan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan kualitas pariwisata Kabupaten Ciamis. Keunikan yang dimiliki oleh Kegiatan Desaku Wisataku yaitu bahwa sebagai event, Desaku Wisataku melibatkan pihak masyarakat secara langsung. Selain itu, Kegiatan Desaku Wisataku juga merupakan inovasi baru dalam hal promosi pariwisata saat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai aktivitas marketing komunikasi Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis melalui Kegiatan Desaku menggunakan konsep manajemen event, bauran promosi dan pendekatan event serta menganalisis solusi dari hambatan yang terdapat pada kegiatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa Kegiatan Desaku Wisataku mengaplikasikan konsep manajemen event Goldblatt yang terdiri dari research, perencanaan, desain, koordinasi dan evaluasi. Kegiatan Desaku Wisataku mengalami beberapa hambatan yaitu seperti koordinasi, kesadaran dan pemahaman masyarakat, finansial, keadaan cuaca dan SDM. Solusi yang dilakukan yaitu melakukan komunikasi lanjut dan melakukan perubahan jadwal Kegiatan Desaku Wisataku.

Downloads

Published

2021-10-26