https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Implementasi Strategi Promosi Wisata Melalui Website Sipinter Berisi

Authors

  • Dadi Ahmadi Universitas Islam Bandung
  • Natasya Giyar Dwisyafitri Universtitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1529

Keywords:

Strategi promosi pariwisata, media promosi, inovasi

Abstract

Abstract. The Government of Purwakarta Regency through the Department of Youth, Sports, Tourism and Culture of Purwakarta Regency creates an innovation regarding tourism that utilizes technology. The innovation is called Sipinter Berisi or Integrated Tourism Information System. Disporaparbud Purwakarta uses technology in the form of website applications as innovative solutions, and believes that technology & internet can be used to meet everyone’s needs, especially in this case, namely to promote tourist destination in Purwakarta Regency. In maintaning the number of tourist visitors in Purwakarta Regency, of course Disporaparbud Purwakarta carries out strategy in promoting tourism, especially through the Sipinter Berisi. The purpose of this study was to determine strategic planning, strategic implementation, obstacles experienced, and the form of evaluation carried out by the Disporaparbud Purwakarta. The method used in this research is a qualitative method with a case study approach and constructivism paradigm. Data collection techniques used are interviews, observation, documentation, and literature study. The results of this study indicate that in carrying out the promotion, it is necessary to carry out the stages of planning, implementing and evaluating the obstacles that occur. The planning is carried out with the stages of searching for data and selecting website-based media. In its implementation, TV media connections, stakeholder mapping with different interests, and the mobilizations of tourism managers are carried out. In this tourism promotion, there are obstacles that occur, namely the lack of budget and inappropriate human resource background so that work motivation decreases. In overcoming these obstacles, evaluations are carried out including by reviewing the obstacles that occur and by controlling human resources.

Abstrak. Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta menciptakan suatu inovasi mengenai kepariwisataan yang memanfaatkan teknologi. Inovasi tersebut dinamai Sipinter Berisi atau Sistem Informasi Pariwisata Terintegrasi. Disporaparbud Kabupaten Purwakarta menggunakan teknologi berupa aplikasi website sebagai solusi yang inovatif, serta meyakini bahwa teknologi & internet dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang, khususnya dalam hal ini yaitu untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta. Dalam mempertahankan jumlah pengunjung wisatawan di Kabupaten Purwakarta, tentunya Disporaparbud Kabupaten Purwakarta melakukan strategi dalam mempromosikan pariwisata khususnya melalui media Sipinter Berisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan strategi, implementasi strategi, hambatan yang dialami, dan bentuk evaluasi yang dilakukan oleh Disporaparbud Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam melaksanakan promosi diperlukan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari hambatan yang terjadi. Perencanaan yang dilakukan yaitu dengan tahapan pencarian data dan pemilihan media berbasis website. Dalam pelaksanaannya dilakukan koneksi media TV, pemetaan stakeholder dalam kepentingan yang berbeda, dan mobilisasi pengelola wisata. Dalam promosi wisata ini terdapat hambatan yang terjadi yaitu adanya keterbatasan anggaran dan background SDM yang tidak sesuai sehingga menurunnya motivasi kerja. Dalam menanggulangi hambatan tersebut dilakukan evaluasi diantaranya dengan mengkaji hambatan yang terjadi dan dengan pengendalian SDM.

References

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. AE Publishing.

aesthetika, nur maghfirah. (2012). STRATEGI PROMOSI WISATA PULAU BAWEAN MELALUI EVENT FESTIVAL MOLOD BAWEAN. KANAL, 1(1), 53–68.

Affandi, A., Rozi, A., & Sunarsi, D. (2021). Manajemen SDM Strategik: Strategi Mengelola Karyawan di Era 4.0. Bintang Visitama Publisher.

Budimanta, A., Prasetijo, A., & Rudito, B. (2008). Corporate Social Responsibility: Alternatif bagi Pembangunan Indonesia. ICSD.

Chatamallah, M. (2008). Strategi “Public Relations” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations” di Provinsi Banten. MediaTor (Jurnal Komunikasi), 9(2), 393–402. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/1120

Hasibuan, M. S. . (2011). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Bumi Aksara.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi (Edisi Pert). Kencana Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=gI9ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:uH10H2tT08sJ:scholar.google.com&ots=b-9mAsu29h&sig=bX_n1aRmjlNabcj1g29IwByJQOA&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Nafarin, M. (2004). Penganggaran Perusahaan (Revisi). Salemba Empat.

Panjaitan, D. H. D. (2017). Perancangan sistem informasi penjualan buku anak-anak berbasis web. AMIK Bina Sarana Informatika Bogor.

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). UB Press.

Tunggala, S., & Saadjad, K. A. (2019). Strategi Komunikasi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Kabupaten Banggai. Jurnal Komunikasi, 11(2), 197. https://doi.org/10.24912/jk.v11i2.2714

Downloads

Published

2022-12-22