Perencanaan Komunikasi Berbasis Internet pada Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1441Keywords:
Perencanaan Komunikasi, Internet, Media SosialAbstract
Abstract. The Ministry of Religion of Central Java Province has programs to reduce divorce rates, including BINWIN and KUA Kick Off in the BP4 division. However, communication activities for these programs have not been carried out massively. In line with this, the divorce rate is still increasing, it is known that it is no longer an economic problem that supports this, but a lack of mutual trust in married couples. This study aims to prepare a communication planning document for Public Relations of the Ministry of Religion for activities to communicate existing programs. The case study method with data collection techniques through interviews, documentation, and observations was carried out to obtain comprehensive data. The result of the research is the design of a communication planning document by determining the key message "Dual Roles for Family Resilience", targeted at the bride and groom and their families, aims to increase awareness of the Ministry of Religion program, the communication actor chosen is the government assisted by scholars and public figures, communication is carried out through media channels Youtube, IG and Whatsapp social networks are carried out periodically and in parallel.
Abstrak. Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah memiliki program untuk menurunkan angka perceraian, diantaranya Kick Off BINWIN dan KUA di divisi BP4. Namun, kegiatan komunikasi untuk program-program tersebut belum dilakukan secara masif. Sejalan dengan hal tersebut angka perceraian yang masih meningkat, diketahui bukan lagi masalah ekonomi yang mendukung hal tersebut, melainkan kurangnya rasa saling percaya pada pasangan suami istri. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dokumen perencanaan komunikasi Humas Kementerian Agama untuk kegiatan mengkomunikasikan program-program yang ada. Metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dilakukan untuk memperoleh data yang komprehensif. Hasil dari penelitian ini adalah rancang bangun dokumen perencanaan komunikasi dengan menentukan pesan kunci “Peran Ganda untuk Ketahanan Keluarga”, ditujukan kepada calon pengantin dan keluarganya, bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap program Kemenag, pelaku komunikasi. dipilih adalah pemerintah dibantu oleh ulama dan tokoh masyarakat, komunikasi dilakukan melalui saluran media Youtube, IG dan jejaring sosial Whatsapp dilakukan secara berkala dan paralel.
References
Admin. (2021). Data Pengguna Media Sosial di Indonesia Tahun 2021. Retrieved from https://www.iimers.com/data-pengguna-media-sosial-di-indonesia-tahun-2021/
Alvian, Y., & Laudry, S. (2020). Propaganda covid-19 terhadap awareness masyarakat surabaya untuk mengikuti program kerja pemerintah. Jurnal Komunikasi Profesional, 4(1).
Andri, M. (2020). Implementasi Bimbingan Perkawinan Sebagai Bagian Dari Upaya Membangun Keluarga Muslim Yang Ideal. ADIL Indonesia Journal, 2(2).
Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105–120.
Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Retrieved from https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Dinata, W. S. W. (2015). Optimalisasi Peran Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam Rangka Pembentukan Keluarga Sakinah di Kabupaten Jember. Journal de Jure, 7(1), 78–88.
Fitrah, M., & Luthfiyah. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).
Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Gunawan, R., Aulia, S., Supeno, H., Wijanarko, A., Uwiringiyimana, J. P., & Mahayana, D. (2021). Adiksi Media Sosial Dan Gadget Bagi Pengguna Internet Di Indonesia. Techno-Socio Ekonomika, 14(1), 1–14.
Harahap, Y., Ginting, R., & Khairani, L. (2021). Fenomena Keterbukaan Diri Selebgram Perempuan di Kota Medan Sebagai Cermin Budaya Populer di Media Sosial Instagram. PERSPEKTIF, 10(2), 754–762.
Haryanto, A. T. (2021). Pengguna Aktif Medsos RI 170 Juta, Bisa Main 3 Jam Sehari. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-5407834/pengguna-aktif-medsos-ri-170-juta-bisa-main-3-jam-sehari
Herdyanto, A. (2021). 12 Konten YouTube Paling Disukai, Cari Viewer Lebih Mudah. Retrieved from https://www.idntimes.com/tech/trend/abraham-herdyanto/jenis-konten-youtube-yang-paling-disukai-penonton/13
Juanda, H. (2017). Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh. Jurnal Peurawi, 1(1), 19–20.
Khatimah, H. (2018). Posisi dan Peran Media dalam Kehidupan Masyarakat. TASÂMUH, 1(1), 19–20.
Kustiwan, I. (2014). Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota. Pengantar Perencanaan Wilayah Dan Kota, 1–26. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4276/1/PWKL4201-M1.pdf
MAE. (2020). Perceraian di Pulau Jawa Meningkat Gegara Pandemi COVID-19. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-5150980/perceraian-di-pulau-jawa-meningkat-gegara-pandemi-covid-19
Mursid, F., & Maharani, E. (2021). Kominfo: Pengguna Internet Indonesia Terbesar Ke-4 di Dunia. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/qv56gb335/kominfo-pengguna-internet-indonesia-terbesar-ke4-di-dunia
Na’mah, U. (2016). Pentingnya peran Suscatin (Kursus Calon Pengantin) dalam membendung laju perceraian. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 7(1), 146–174.
Nisa, I. N. F., Fitriani, F., & Novitasari, A. (2019). Peran Bimbingan Pra Nikah Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Surakarta Dalam Menekan Angka Perceraian Pada Tahun 2016-2018. Academica: Journal Of Multidisciplinary Studies, 3(2), 189–204.
Nugraha, J. fajar. (2017). Kredibilitas Komunikator Politik Artis (Studi Deskriptif Mengenai Kredibilitas Komunikator Politik Sigit Purnomo Said Sebagai Wakil Wali Kota Palu Periode 2016-2021). JBPTUNIKOMPP. Retrieved from https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/771/jbptunikompp-gdl-jakafajarn-38525-1-artikel.pdf
Nurdianti, S. R. (2014). Analisis Faktor-Faktor Hambatan Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Keluarga Berencana Pada Masyarakat Kebon Agung-Samarinda. Ilmu Komunikasi, 2(2), 145–159. Retrieved from http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/05/ejournal_rahma new_word (05-19-14-05-58-25).pdf.
Pratiwi, M. R. (2014). Peran ICT bagi Organisasi Media Massa dan Budaya Masyarakat. Komunikator, 6(1).
Rahardjo, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4, 9–15.
Rosalia, N., Pratiwi, M. R., & Aliya, F. N. (2020). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Keluarga Untuk Kader Jppa Kelurahan Sadeng Dalam Mewujudkan Kota Layak Anak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia P-Issn, 2655(6277).
Sasongko, A. (2014). Dampak dari Tingginya Angka Perceraian. Retrieved September 30, 2021, from https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/11/14/nf0rkz-ini-dampak-dari-tingginya-angka-perceraian
Syam, N. W. (2014). Konsep Dasar dan Strategi Perencanaan. Konsep Dasar Dan Strategi Perencanaan, 1–41.
Syarif, N., Elva, R. R., & Ernita, A. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Pariaman Pada Program Satu Keluarga Satu Sarjana. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 160–179.
Thadi, R., & Damayanti, P. (2021). Ulama Sebagai Aktor Sosial: Peran Strategis Ulama Sebagai Komunikator Dakwah. Islamic Communication Journal, 41–48. Retrieved from https://www.siducat.org/index.php/dawuh/article/view/271
Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. Lentera, 17(1), 53–61.
Wiratmo, L. B., Irfan, N., & Kuwatono, K. (2017). Website Pemerintah Daerah sebagai Sarana Online Public Relations. Jurnal ASPIKOM, 3(2), 326–33