Strategi Pemanfaatan Instagram @Mami.Sneakers Untuk Menciptakan Brand Awareness Bagi Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i2.1078Keywords:
Media Sosial, Instagram, Brand AwarenessAbstract
Abstract. Instagram social media is social media that often used among teenagers or generation z, on average generation z uses Instagram as a place to share photos or videos, but currently, Instagram can also be used as an online business place and a place to create brand awareness. Like @Mami.sneakers which is an online business that sells sneakers and has a generation z target market, in the midst of intense competition, @Mami.sneakers uses Instagram to introduce their business and create brand awareness. The purpose of this study was to determine the strategy for using Instagram @Mami.sneakers to create brand awareness for generation z. This study uses a qualitative approach. Data was collected through interviews, observation and supported by document research. The results show that the strategy of using Instagram to create brand awareness carried out by @Mami.sneakers is very careful in utilizing the features available on Instagram.
Abstrak. Media sosial Instagram merupakan media sosial yang sering digunakan genersi z, rata-rata generasi z menggunakan Instagram sebagai tempat untuk membagaikan foto atau video, tetapi saat ini Instagram juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bisnis online dan tempat untuk menciptakan kesadaran merek. Seperti @Mami.sneakers yang merupakan bisnis online yang menjual sepatu sneakers dan memiliki target pasar generasi z, maka ditengah persaingannya yang ketat @Mami.sneakers memanfaatkan Instagram untuk mengenalkan usahaanya serta menciptakan kesadaran merek. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mencari tahu startegi pemanfaatkan Instagram @Mami.sneakers untuk menciptakan kesadaran merek bagi generasi z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan di dukung oleh dokumen penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemanfaatan Instagram untuk menciptakan kesadaran merek yang dilakukan oleh @Mami.sneakers sangat menyeluruh dalam memanfaatkan fitur yang tersedia di Instagram.
References
Agustina, L. (2018). Live Video Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i1.16
Albi, A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
Ciptaning puspita dewi, R. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA INSTAGRAM. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 5–7.
Dwi Raka, Z. (2019). PENYEBARAN KONTEN ILEGAL DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS: PORNOGRAFI PADA APLIKASI BIGO LIVE). 8(5), 55.
Fariastuti, I. (Univ. P. D. M. (Beragama)), & Azis, M. A. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OneFourThree.Co DI. Jurnal Pustaka Komunikasi.
Febrina, A. (2019). Motif Orangtua Mengunggah Foto Anak di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orangtua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55–65.
Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Realition.
Haryono. (2020). Ragam Metodelogi Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak (Jejak Publisher).
Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, I(skor 403), 44–55. https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/218
Nisa, F. K., Viratama, A. B., & Hidayanti, N. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(2), 146. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.8377
Ramadhan, A. F., & Simanjuntak, M. (2018). Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.243
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. UNDIP E Journal, 6(4), 1–12. http://www.fisip.undip.ac.id
Sanjaya, H. W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur.
Santoso, G., & Triwijayati, A. (2018). Gaya Pengambilan Keputusan Pembelian Pakaian Secara Online pada Generasi Z Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.3.231
Siauw, F. (2019). Trendsetter Muballigh di Medsos : Analisis Framing Instagram. 15(01), 36–48. https://doi.org/10.23971/jsam.v15i1.1150
Soffani, A., & Nugroho, C. (2019). UNSUR BUDAYA DALAM MEDIA SOSIAL: STUDI PADA FACEBOOK KANG DEDI MULYADI. Jurnal Manajemen Komunikasi. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i2.12936
tempo.co. (2021). Konsep Live Streaming Menggunakan Media Sosial, Mudah dan Murah. Tempo.Co.
Utomo, I. W. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi.