RANCANGAN STRATEGI PROMOSI BERBASIS WEBSITE PADA KLINIK DNA FAVORIT TAHUN 2024-2027
DOI:
https://doi.org/10.29313/performa.v21i2.4501Keywords:
Informatif, User Friendly, Promosi, pemasaran, SEO, WebsiteAbstract
Salah satu kunci keberhasilan agar produk atau jasa dapat dikenal secara luas yaitu dengan melakukan kegiatan promosi. Umumnya perusahaan terutama B2B (Business to Business), penggunaan website dalam keperluan proses bisnis masih menjadi primadona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan promosi digital yang telah dilakukan di Klinik DNA Favorit, menganalisis GAP dan SWOT yang ada pada promosi digital untuk website Klinik DNA Favorit, dan menganalisis strategi promosi digital pada website yang tepat bagi Klinik DNA Favorit. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara stakeholder dan melakukan wawancara kuesioner terhadap 30 pasien Klinik DNA Favorit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kinerja website DNA Favorit melalui desain ulang website, analisis kata kunci, dan implementasi SEO memberikan dampak positif terhadap visibilitas dan interaksi pengguna. Desain ulang website yang lebih user- friendly dan tampilan yang menarik meningkatkan pengguna serta meningkatkan kepuasan pengguna. Pemilihan kata kunci yang relevan dan spesifik membantu meningkatkan posisi website di hasil pencarian. Konten yang informatif dan terus diperbarui menarik pengunjung dan mendorong interaksi lebih lanjut dengan website.
References
Aarons, G., Fettes, D., Sommerfeld, D., & Palinkas, L. (2011). Mixed methods for implementation research. Child Maltreatment, 17(1), 67-79. https://doi.org/10.1177/1077559511426908
Chaffey, D., & Smith (2017). Digital marketing excellence: Planning, Optimizing, and Integrating Online Marketing. Abingdon: Routledge.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson UK.
Creswell, J., & Zhang, W. (2009). The application of mixed methods designs to trauma research. Journal of Traumatic Stress, 22(6), 612-621. https://doi.org/10.1002/jts.20479
Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., ... & Nugroho, A. (2023). Strategi Pemasaran. CV. Intelektual Manifes Media.
Datanesia. (2023, April 10). Geliat Industri kesehatan. https://datanesia.id/geliat-industri-kesehatan/
Halilintar, R. B., & Ariyus, D. (2018). Implementasi SEO (Search Engine Optimization) pada website AGC (Auto Generated Content) untuk meningkatkan SERP (Search Engine Result Page) studi kasus: website Gallery (pp.13–18).
Ivankova, N., & Wingo, N. (2018). Applying mixed methods in action research: methodological potentials and advantages. American Behavioral Scientist, 62(7), 978-997. https://doi.org/10.1177/0002764218772673
Izgar, G., & Akturk, A. (2018). A mixed method research on peer assessment. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(2), 118. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i2.12770
Khayrani, K. (2022). Analisis Strategi Digital Marketing Dengan Metode SOSTAC Pada Sepatu Pollenzo (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Mohammad, W., & Maulidiyah, N. R. (2023). Pengaruh akses internet terhadap aspek kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 1(2), 1-10.
Ramadhan, A. (2023). Efektivitas media sosial dan teknologi informasi terhadap perilaku masyarakat dalam operasional transaksi jual beli online. Jurnal Of Information System And Management, 2(3), 65–70.
Rakha, F. (2023). Pengaruh strategi komunikasi gamification terhadap keputusan berlangganan aplikasi belanja online (Survei pada mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Lampung pengguna fitur Shopee Games).
Sunarta, D. A. (2023). Kaum milenial di perkembangan ekonomi digital. Economics and Business Management International Journal, 5(1), 9-16.
Syahputra, R. (2019). Strategi pemasaran dalam Alquran tentang promosi penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 6(2), 83-88.
Tukiran, Effendi S. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Umami, Z., & Darma, G. S. (2021). Digital marketing: Engaging consumers with smart digital marketing content. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 94–103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fikry Haruno, Nanda Alifia Putri, Aprihatiningrum Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.