PENGARUH KUALITAS PRODUK MAKANAN, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NIAT PERILAKU KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.29313/performa.v21i2.4498Keywords:
kualitas produk, promosi, Kualitas Pelayanan, behavior intentionAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk makanan, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap niat perilaku konsumen, studi kasus Harris Café Sentul. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei untuk mendapatkan tanggapan pelanggan Harris Café Sentul. Teknik sampel menggunakan sampling purposive dengan tujuan mendapatkan pelanggan yang sudah lebih dari 1x menikmati makanan di Harris Café Sentul. Periode penyebaran instrumen penelitian dari tanggal 1 November 2023 sampai 30 November 2023 didapat 300 responden. Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk makanan, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention. Ketiga pengaruh tersebut kualitas produk makanan berpengaruh lebih signifikan terhadap behavioral intention yang diikuti pengaruh kualitas pelayanan dan promosi. Implikasi manajerial, peningkatan kualitas produk makanan dan mengembangkan promosi yang efektif serta dan layanan yang berkualitas untuk mendorong peningkatan consumer behavioral intention Harris Café Sentul serta meningkatkan pelanggan restoran. Rekomendasi penelitian, memastikan kualitas makanan dan layanan dapat diberikan secara konsisten serta mengembangkan promosi yang tidak hanya berfokus pada diskon atau penawaran khusus, tetapi juga pada pengalaman pelanggan dengan menawarkan paket makan yang mencakup pengalaman layanan istimewa atau event khusus di Harris Café Sentul.
References
Abdillah, F. R., & Paludi, S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di De ’ Margo Restaurant The Margo Hotel Depok. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(2), 499–511.
Altauriq, D., & Hadisuwarno, H. (2024). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Denny’s. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 7(1), 10–20.
Alvian, I. G. P. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen “Masalah.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(4), 295–302.
Campbell, C., & Rapp, J. (2020). ScienceDirect More than meets the eye : The functional components underlying influencer marketing. Business Horizons, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2020.03.003
Daulay, N., & Lubis, A. R. (2023). Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Niat Perilaku Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Pada Pengguna Scarlett Whitening Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 8(2), 296–309.
Davis, B., Lockwood, A., & Pantelidis, I. S. (2018). Food and Beverage Management (6th ed.). Routledge.
Febrianis, R., & Rahmidani, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Behavior Intention Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan PT.Lion Mentari Airlines. Jurnal Ecogen, 5(3), 451–465.
Fu, Y., Liu, X., Wang, Y., & Chao, R. (2018). How experiential consumption moderates the effects of souvenir authenticity on behavioral intention through perceived value. Tourism Management, 69, 356–367. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.06.023
Goeltom, V. A. H., Kristiana, Y., Juliana, J., Bernato, I., & Pramono, R. (2020). The Effect of Service Quality and Value of Five-Star Hotel Services on Behavioral Intentions with the Role of Consumer Satisfaction as Mediator. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 967–976. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no11.967
Gunawan, I. M. D. P., Pambudi, B., & Wardana, M. A. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingginya Food Cost di Hotel Analysis of Factors Affecting the High Food Cost in Hotel. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(5), 1194–1205.
Iskandar, H. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Remaja Kuring Serpong. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 4(2), 75–89.
Khairunnisa, & Saputra. (2022). Pengaruh Marketing Mix Yang Di Mediasi Oleh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Surya Naufal Farm. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(2).
Kotler, P., & Armstrong., G. (2019). Principles of Marketing (14th (ed.)). Prentice Hall.
Kurniawan, D., Sutarjo, A., & Yanti, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Perilaku Konsumen Pada Restoran Bagan Padang. Jurnal Matua, 3(4), 690–703.
Ladhari, R. (2009). Service quality, emotional satisfaction, and behavioural intentions. Managing Service Quality, 19(3), 308–331. https://doi.org/10.1108/09604520910955320
Liliani, P. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Behavioral Intention Pada Restoran Top Yammie. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 18–48.
Liu, P., & Tse, E. C. (2018). Exploring factors on customers’ restaurant choice: an analysis of restaurant attributes. British Food Journal. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2017-0561
Mannan, M., Chowdhury, N., Sarker, P., & Amir, R. (2019). Modeling customer satisfaction and revisit intention in Bangladeshi dining restaurants. Journal of Modelling in Managemen, 14(4). https://doi.org/10.1108/JM2-12-2017-0135
Martiana, R., & Apriani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Deumdee Rangkasbitung. Journal of Management Studies, 6(2), 121–134.
Melati, D., & Mulki, A. M. (2021). Implementasi Strategi Promosi Di Hotel Mercure Gatot Subroto Jakarta. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 6(3), 137–149.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2018). Perilaku konsumen. Erlangga.
Nugroho, E., Budi, H., & Safi’i, I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Mahasiswa Teknik Industri Universitas Kadir, 2(2), 106–117.
Omotayo, F. O., & Adebayo, A. K. (2015). Factors influencing intentiontoadopt internet banking by postgraduate students of the university of Ibadan, Nigeria. Journal of Internet Banking and Commerce, 20(3).
Panasea, I. G. N. O., & Erliani, N. K. (2021). The Role of Sales Promotion in Modifying the Implementation of the Technology Acceptance Model (TAM) on Intentions to Use E-wallet in Denpasar. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(2), 289–301.
Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL : A multiple- Item Scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Potter, N. N., & Hotchkiss., J. H. (2012). Food science (5th ed.). Chapman and Hall.
Pranamulya, W. Y. (2019). Pengaruh Dining Atmospherics Terhadap Behavioral Intentions Melalui Mediasi Service Quality Dan Food Quality Pada Imari Japanese Restaurant Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1), 1349–1368.
Pratiwi, M., & Maulana, A. (2021). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Marcella Moslem Gallery Karawang, 8(6), 1696–1706.
Purwianti, L., & Tio, K. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioural Intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 15–32.
Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Jurnal Among Makarti, 14(1), 93–108.
Qin, H., Prybutok, V. R., & Zhao, Q. (2009). Perceived service quality in fast-food restaurants : empirical evidence from China. International Journal of Quality & Reliability Management, 27(4), 424–437. https://doi.org/10.1108/02656711011035129
Rahmadani, Y., & Ibrahim, M. (2022). Kualitas Produk Makanan Di Kitchen Department Hotel Grand Jatra Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fisip, 9(2), 1–14.
Rasidah, H., Jamal, S. A., & Sumarjan, N., & Ong, M. H. A. (2017). Perceived Value and Behavioral Intentions Relationship: A test of Mediation Model in Malaysian Green Hotels. Advanced Science Letters, 23(8), 7359–7362.
Salsabilah, T., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh Food Quality, Dining Atmosphere Dan Kesesuaian Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Ria Djenaka Shining Batu. Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 140–148.
Sanjaya, C. (2023). Pemodelan kepuasan konsumen dan niat berkunjung kembali terhadap Restoran Cocorico. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(11), 15–32.
Santia, A., Richmayati, M., & Suyatni. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Hotel Golden View Batam. Postgraduate Management Journal, 2(2), 1–11.
Sari, K. I., Purwanto, H., & Sulistyowati, L. N. (2022). Efek perceived value dan kualitas layanan terhadap behavioral intention: peran mediasi kepuasan pelanggan. MBR (Management and Business Review), 6(1), 127–137.
Sebayang, Y. B., & Gulo, S. (2020). Vol . 12 No . 2 Desember 2020 ISSN : 2088-3145 Jurnal Manajemen Tools ISSN : 2088-3145 Jurnal Manajemen Tools. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 140–150.
Setiyowati, H., Rinuastuti, B. H., & Saufi, A. (2017). Analisis Pengaruh Promotion Mix Terhadap Behavior Intention Dengan Religiousity Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Kota Mataram). JMM UNRAM: Master of Management Journal, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jmm.v6i2.139
Sihombing, D. A., & Ningsih, J. F. (2019). Analisis Niat Perilaku Konsumen Pada Restoran Cepat Saji di Kota Batam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 05(1), 1–12.
Silaban, L. S., & Raymond. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Tamu Untuk Menginap Di Hotel Harris Waterfront. SCIENTIA JOURNAL, 4(3).
Sinurat, E. M., & Sugiyanto, L. B. (2022). The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Sales Promotion through the Mediation of Attitude Toward Using and Perceived Security on Behavioral Intention to Use (Empirical Study : Mobile Wallet Users in Jakarta). Business Management Journal, 18(1), 17–35.
Song, H.-Y., & Lee, J.-H. (2015). A Study on the Effect of the Mediator of the Service Quality of Japanese Restaurants to Behavior Intention. The Korean Journal of Culinary Research, 21(1), 174–190.
Suatmodjo, F. A. T. (2017). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan café zybrick coffee & cantina. AGORA, 5(3).
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.
Tombeng, B., Roring, F., & Rumokoy, F. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Raja Oci Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 891–900.
Wijaya, W. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2), 581–594.
Yeo, V. C. S., Goh, S.-K., & Rezaei, S. (2017). Consumer experiences , attitude and behavioral intention toward online food delivery ( OFD ) services. Journal of Retailing and Consumer Services, 35, 150–162. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.12.013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 yogie putranto, Pamuji Gesang Rahardjo, Agus Riyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.