https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Hamidah Tussifah University Of Darussalam Gontor
  • Saniyah Konita Ulul Albab University Of Darussalam Gontor
  • Gina Atikah Hasni University of Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.29313/performa.v21i2.3272

Keywords:

Customer Satisfaction, Intervening Variable, Price, Repurchase Decision, Service Quality

Abstract

Di era digital banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ulang di pasar perjalanan online, karenanya business ditantang untuk dapat terus mempelajari pasar dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana harga dan kualitas layanan mempengaruhi keputusan pembelian ulang di platform Traveloka, dengan kepuasan konsumen sebagai faktor penengah, di Universitas Darussalam Gontor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 114 responden melalui purposive sampling dengan syarat telah melakukan lebih dari satu transaksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan kualitas layanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, harga dan kepuasan konsumen juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Meskipun kualitas layanan berpengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak berperan sebagai variabel intervening antara harga dan keputusan pembelian ulang, serta antara kualitas layanan dan keputusan pembelian ulang.

References

Cipto, H., & Erdiansyah, R. (2020). The Effect of Sales Promotion, Service Quality Perceived Value on Repurchase ( Case Study of Original Levis Store in Jakarta ). Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 478(ticash), 197–201.

Engel, J. F., Roger D., B., & Paul W., M. (1990). Perilaku Konsumen (M. Magaretha L (ed.); 1st ed.). Binarupa Aksara.

Fa’al Akbar, N., & Nurcholis, L. (2020). Pengaruh lokasi, harga dan kualitasproduk terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 3, January.

Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941

Febriansyah, G. T. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 70–88. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/view/2618

Ibrahim dkk, A. (2018). Metodologi Penelitian (G. Ilmu (ed.)).

Komalawati, C. A. dan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Online Tiket Pesawat Pada Perusahaan E-Commerce Traveloka (Studi pada Pengguna Traveloka Di Universitas Dhyana Pura). Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, Vol. 16(No.1), 74.

Kotler et al, P. (2001). Prinsip Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat.

Kotler, P. (2003). Marketing Management (11th ed.). Prentice Hall (Pearson Education International).

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L., & C. He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe an Edition. In Pearson education ltd (8th ed., Issue 17th Edition). www.pearson.com/uk

Kotler, P., & Lane Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 2 (J. Purba (ed.); 12th ed.). PT Indeks.

Kotler, P., & Lane Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas (13th ed.). Erlangga.

Kurniawan, A. W., & Zahra Puspitaningtyas. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widya Gama.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran Jasa; manusia, Teknologi,strategi (1st ed.). Erlangga.

Nathadewi, K. S., & Sukawati, T. G. R. (2019). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Lion Air. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6658. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p14

Putri Aprilia dkk, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Travel Brow Lumajang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 43–48.

Raharjo, S. (2021). Uji Multikolinearitas dengan Melihat Nilai Tolerance dan VIF SPSS. SPSS Indonesia Olah Data Dengan Spss. http://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-multikolonieritas-dengan-melihat.html

S. Winer, R. (2000). Marketing Management (N. E. Anderson (ed.)). Prentice Hall, Inc.

Setiawan, W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Beras Batang Gadis Di Agen S. Riyadi Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah MEA, Vol. 3, No.

Setiawati. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1581–1590.

Similarweb. (2022). Top Website Ranking categories Travel and Tourism. Similarweb. https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/category/travel-and-tourism/

Susanto, T. W. P., Sudapet, I. N., Subagyo, H. D., & Suyono, J. (2021). The Effect of Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Repurchase Intention (Case Study at Crown Prince Hotel Surabaya). Quantitative Economics and Management Studies, 2(5), 288–297. https://doi.org/10.35877/454ri.qems325

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran (1st ed.). Andi Zulkarnaen.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa; Prinsip, Penerapan, Penelitian. Andi Offset.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Manajemen Kualitas Jasa. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2 (ed.)). Andi.

Traveloka. (2020). Layanan Non-Stop 24/7 Hotel dan Tiket Pesawat di Traveloka. Traveloka. https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/layanan-non-stop-24-7-hotel-tiket-pesawat-di-traveloka-com/16337

Ursachi, G., Horodnic, I. A., & Zait, A. (2015). How Reliable are Measurement Scales? External Factors with Indirect Influence on Reliability Estimators. Procedia Economics and Finance, 20(15), 679–686. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(15)00123-9

Badan Pusat Statistik, “Badan pusat Statistik: Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2019,” no. 21, pp. 1–8, 2020.

HDR, Human Development Report 2019: beyond income, beyond averages, beyond today. 2019.

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Hamidah Tussifah, Saniyah Konita Ulul Albab, & Atikah Hasni, G. (2024). HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 21(2), 114–132. https://doi.org/10.29313/performa.v21i2.3272

Issue

Section

Articles