TRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN UNIVERSITAS SWASTA (STRATEGIES TO IMPROVE THE QUALITY OF GRADUATES OF PRIVATE UNIVERSITIES)

Authors

  • Yenny Maya Dora Universitas Widyatama
  • Nugraha Saefudin Universitas Widyatama
  • Ifa Latifah Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.29313/performa.v20i2.3098

Keywords:

Kualitas Lulusan, Metode Pembelajaran, Sarana dan Prasarana, Strategi

Abstract

Kualitas kelulusan pendidikan tinggi yang masih belum memenuhi harapan dan standar kompetensi kerja, dampak globalisasi yang akan menciptakan persaingan ketat perlu disikapi dengan mempersiapkan kualitas kelulusan pendidikan tinggi yang mampu bersaing. Tujuan penelitian ini untuk menyusun strategi meningkatkan kualitas lulusan Universitas Swasta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyatama Bandung. Dengan sampel penelitian sebanyak 100 alumni yang telah bekerja. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para alumni. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat gap yang paling besar pada kompetensi kemampuan penguasaan komputerisasi dan Bahasa Asing. Diikuti kompetensi kemampuan Kepemimpinan, Kerjasama Tim dan berkomunikasi baik lisan dan tulisan dengan baik , Negosiasi, penguasaan IT dan Integrasi. Sehingga bagian ini perlu dilakukan upaya untuk memperkecil gap bahkan menghilangkannya. Strategi yang dapat dilakukan oleh pihak Universitas Swasta adalah perbaikan terhadap pelaksanaan universitas, menerapkan Merdeka belajar dan kampus merdeka, menjalin kerjasama dengan pihak Industri, universitas lain baik Negeri/Swasta yang ada di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri.

Author Biographies

Nugraha Saefudin, Universitas Widyatama

Magister Management

Ifa Latifah, Universitas Widyatama

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Didi Mulyadi, Widyasari, and Abdul Kholik. 2019. Manajemen Lembaga Pendidikan.

Asmawi, M. Rosul. 2005. “Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu Di Perguruan Tinggi.” Makara Human Behavior Studies in Asia 9(2): 66.

Fathurrohman Pupuh, M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: : PT Refika Aditama.

Hajrawati. 2013. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Berdasarkan Standar Nasional.” Jurnal Eklektika 1(2): 137–52.

Hakim, Abdul. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Suka Bumi: CV. Jejak.

Islamiah, Raudhotul et al. 2022. “Proceedings of The 6 Th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education PERAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR ANAK USIA DINI.” : 29–34. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece.

Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makin, Moh. Dan Baharuddin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam (Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul). Malang: UIN-Maliki Press.

Mohamad, Ansyar. 2015. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslimin, Tri Adi, and Ari Kartiko. 2021. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan Di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2): 75–87.

Nurdin, Didin, & Imam Sibaweh. 2015. Pengelolaan Pendidikan Dari Teori Menuju Implementasi. Jakarta: Rajawali Press.

Sandu Siyoto, and M. Ali Sodik. 2015. “Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1.” Dasar Metodologi Penelitian: 1–109.

Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sari sasi gendro, dea aulya. 2022. LP2M UST Jogja Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Silvia, Silvia, Ahmad Fauzan, Edwin Musdi, and Elita Zusti Jamaan. 2021. “Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis Realistic Mathematic Education (Rme).” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(4): 2849.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, 2009. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. 2018. “PENGARUH KELENGKAPAN SARANA DAN PRASANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK).” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(1): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Zazin, Nur. 2011. Gerakan Manata Mutu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Maya Dora, Y., Saefudin, N., & Latifah, I. (2024). TRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN UNIVERSITAS SWASTA (STRATEGIES TO IMPROVE THE QUALITY OF GRADUATES OF PRIVATE UNIVERSITIES). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 20(2), 200–212. https://doi.org/10.29313/performa.v20i2.3098

Issue

Section

Articles