PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN INTENSI BERWIRAUSAHA: EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIATOR

Authors

  • Tarisya Apriliana Universitas Kristen Maranatha
  • Henky Lisan Suwarno Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.29313/performa.v20i2.2664

Keywords:

emosi positif, intensi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui efek emosi positif pada hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan intensi berwirausaha . Populasi penelitian ini merupakan Mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Maranatha. Sampel yang digunakan sebanyak 216 mahasiswa yang dikumpulkan melalui kuesioner daring. Data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian berdasarkan nilai T-Statistic sebesar 3.105, nilai P-Values 0.002, dan original sample sebesar 0.178. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha dan emosi positif. Emosi positif memiliki pengaruh positif terhadap intensi berwirausaha dan juga memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha.

References

Adnyana, I. G. L. A., & Purnama, N. M. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy dan Locus of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2), 253915.

Anggraeni, D., & Nurcaya, I. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(4), 241653.

Aryaningtyas, A. T., & Palupiningtyas, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa STIEPARI Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(2), 140. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i2.1398

Badan Pusat Statistik. (2022). BRSbrsInd-20220509104634. 34.

Budiarti, M. (2012). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Kewirausahan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia In Skripsi. Salemba: Universitas Indonesia (Issue June). http://152.118.24.168/detail?id=20319578&lokasi=lokal

Bukorim, Indradi, H., Permana, A., & Martono. (2014). Pengaruh Pendidikan Berwirausaha Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa. Media Ekonomi Dan Manajemen, 29(2), 144–151.

Cera, G., Mlouk, A., Cera, E., & Shumeli, A. (2020). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention. A Quasi-Experimental Research Design. Journal of Competitiveness, 12(1), 39–56.

Chen, B. S., Yuan, C. H., Yin, B., & Wu, X. Z. (2021). Positive Emotions and Entrepreneurial Intention: The Mediating Role of Entrepreneurial Cognition. Frontiers in Psychology, 12(August 2012). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.760328

Darmanto, S. (2016). Pengaruh Perceived Desirability,Perceived Feasibility, Propensity To Act Terhadap Intensi Berwirausaha. 1(2), 25049.

Deniz, S. (2013). The Relationship Between Emotional Intelligence and Problem Solving Skills in Prospective Teachers. Educational Research and Reviews, 8(24), 2339–2345. https://doi.org/10.5897/ERR2013.1584

Dwijayanti, R. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, Dan Kebutuhan Berprestasi Terhadap Pembentukan Sikap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(2), 170. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n2.p170-180

Fatoki, O. (2014). The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa : The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience. 5(7), 294–299. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n7p294

Fauziati, P., & Suryanti, K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Berwirausaha. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 76.

Ghozali, I., & Latan, H. (2014). Partial Least Squares: Concepts, Methods and Applications using WarpPLS 4 (Ed.2). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, & Latan, H. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. ., Hult, G. T. ., Ringle, C. ., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage (Second Edi).

Hamzah, F. A., Sucipto, H., & Harini, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Pemuda di Kecamatan Salem. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 19–27.

Handaru, A. W., Parimita, W., & Mufdhalifah, I. W. (2015). Membangun Intensi Berwirausaha Melalui Adversity Quotient, Self Efficacy, Dan Need For Achievement. Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 155–166. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.155

Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. ., Margaretha, Y., & Kambuno, D. (2020). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi dan Munumbuhkan Minat Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 214–220.

Irawati, M. D., & Fauziah, N. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis UNDIP. Jurnal Empati, 7(Nomor 3), 63–72.

Kadiyono, A. L. (2017). Pengaruh Emotional Capital Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa Setara SMA di Jatinangor. Sosiohumaniora, 19(2), 167–176.

Kasali, R. (2019). Disruption. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kemenkopukm. (2022). Data UMKM. https://satudata.kemenkopukm.go.id/kumkm_dashboard/

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 2017. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.9676

Koranti, K. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Minat Berwirausaha. Prosiding PESAT, 5.

Kuckertz, A., Kollmann, T., Krell, P., & Stöckmann, C. (2017). Understanding, Differentiating, and Measuring Opportunity Recognition and Opportunity Exploitation. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 23(1), 78–97. https://doi.org/10.1108/IJEBR-12-2015-0290

Kurniawan, A., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi, dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education, 5(1), 100–109.

Kusmintarti, A., Riwajanti, N. I., & Asdani, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Kewirausahaan dengan Sikap Kewirausahaan sebagai Mediasi. Journal of Research and Applications: Accounting and Management, 2(2), 119. https://doi.org/10.18382/jraam.v2i2.160

Maisah, Sohiron, Hariandi, A., Sopian, A., & Sandi, Q. (2020). Pengembangan Pendidikan Tinggi Berorientasi Kewirausahaan Dalam Perspektif Global. Jurnal Ilmu Manajemen Terpadu, 1(4), 305–317. https://doi.org/10.31933/JIMT

Mat, S. C., Maat, S. M., & Mohd, N. (2015). A Descriptive Analysis on Entrepreneurial Intention among Engineering Technology Students. Asian Social Science, 11(24), 286–292. https://doi.org/10.5539/ass.v11n24p286

Othman, N. H., Othman, N., & Juhdi, N. H. (2020). Entrepreneurship education and business opportunity exploitation: Positive emotion as mediator. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 370–381. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30102

PDDikti. (n.d.-a). Statistik Mahasiswa Berdasarkan Bidang. https://pddikti.kemdikbud.go.id/mahasiswa

PDDikti. (n.d.-b). Statistik Perbandingan Prodi. https://pddikti.kemdikbud.go.id/perbandingan/prodi

Peristiwo, H. (2013). Entrepreneurial Quotient (Entre-Q): Kecerdasan Wirausaha. Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 1–9.

Suandi, A. P., & Suwarno, H. L. (2022). Peran Pendidikan Kewrirausahaan dan Dukungan Akademik Dalam Meningkatkan Intensi Berwirausaha. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka baru press.

Syaifudin, A. (2017). Pengaruh Kepribadian, Lingkungan Keluarga dan Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Profita Edisi 8, 3, ¬1-3 http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/view/9958/9559

Ulfah, M. (2019). Intensi Berwirausaha Mahasiswa Di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(3), 290–298. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v5i3.410

Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(12), 8167–8198.

Widyansah, I. (2021). Keberhasilan Usaha Ditinjau Dari Peluang Usaha Dan Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus Pada Industri Mi Soun Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten). Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Wijaya, T., Nurhadi, & Kuncoro, A. M. (2015). Intensi Berwirausaha Mahasiswa : Perspektif Pengambilan Risiko. Siasat Bisnis, 19(2), 109–123.

Zampetakis, L. A., Lerakis, M., Kafetsios, K., & Moustakis, V. (2016). Anticipated Emotions Towards New Venture Creation: A Latent Profile Analysis Of Early Stage Career Starters. International Journal of Management Education, 14(1), 28–38. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2015.11.004

Zhao, Y., & Xie, B. (2020). Cognitive Bias, Entrepreneurial Emotion, and Entrepreneurship Intention. Frontiers in Psychology, 11(April), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00625

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Apriliana, T., & Henky Lisan Suwarno. (2024). PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN INTENSI BERWIRAUSAHA: EMOSI POSITIF SEBAGAI MEDIATOR. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 20(2), 110–123. https://doi.org/10.29313/performa.v20i2.2664

Issue

Section

Articles