Etnomatematika Dalam Angklung dan Karakteristiknya

Authors

  • Farid Hirji Badruzzaman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung Business School
  • Eka Purwanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung Business School
  • Erwin Harahap Universitas Islam Bandung
  • Wardana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STEMBI Bandung Business School
  • Evi Erfiyana Sekolah Tinggi Agama Islam KH Badruzzaman

Keywords:

budaya, etnomatematika, matematika, pembelajaran, angklung, musik, pendidikan, literasi, permainan, culture, ethnomathematics, mathematics, learning, music, education, literacy, games

Abstract

Abstrak. Konsep yang menghubungkan budaya dengan Matematika disebut etnomatematika. Melalui etnomatematika, pembelajaran Matematika bisa menjadi lebih menarik. Penelitian ini dilakukan pada permainan musik angklung yang merupakan salah satu alat musik khas daerah Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali konsep materi Matematika yang terdapat dalam angklung, khususnya angklung Padaeng. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa kehadiran etnomatematika dalam pembelajaran Matematika dapat memberikan motivasi dan nuansa baru bahwa pembelajaran Matematika tidak hanya terbatas di dalam kelas tetapi juga dengan dunia luar yaitu berinteraksi dengan budaya lokal. Selain dari itu dengan menghidupkan kembali budaya angklung dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Kata kunci: budaya, etnomatematika, Matematika, pembelajaran, angklung, musik, pendidikan, literasi, permainan

Abstract. The concept that links culture with Mathematics is called ethnomathematics. Through ethnomathematics, learning Mathematics can be more interesting. This research was conducted on the angklung music game which is one of the typical musical instruments of the West Java region. The purpose of this study was to explore the concepts of mathematical material contained in angklung, especially the Padaeng Angklung. The method used is descriptive exploratory method through observation and interviews. The results of the study that the presence of ethnomathematics in learning Mathematics can provide new motivation and nuances that learning Mathematics is not only limited in the classroom but also with the outside world, namely interacting with local culture. Apart from that, reviving the angklung culture can have an impact on increasing the economy for the surrounding community.

Keywords: culture, ethnomathematics, mathematics, learning, angklung, music, education, literacy, games

Downloads

Published

2022-05-31