Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi <p>Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, published by the Tarbiyah and Teacher Training Faculty, Universitas Islam Bandung, will start publishing articles starting in 2024. Articles will be published in March and November every year. This journal focuses on publishing research relating to character education, character and religious education, citizenship education, as well as several other components that have been determined. Therefore, the editors invite academics, lecturers and researchers to contribute to this journal. Articles are sent in Indonesian to make it easier for domestic readers to study literature related to character education. We welcome all questions regarding publication in this journal. Editorial Address: Jl. Taman Sari No. 24 Dean's Building, 2nd Floor, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, Universitas Islam Bandung.</p> <p><strong> <br /> --JOURNAL IDENTITY --</strong></p> <ul> <li>Nama Jurnal : Masagi, Jurnal Pendidikan Karakter</li> <li>ISSN : 3047-4663 (Online - Elektronik)</li> <li>Frekuensi Publikasi : 6 bulanan, Maret dan November</li> <li>DOI Prefix : 10.29313/masagi</li> <li>Penerbit : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba</li> <li>Website : <a href="https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi">https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi</a></li> <li>Editor in Chief : Dr. Giantomi Muhammad, M.Pd.</li> <li>License : <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" target="_blank" rel="license noopener"><strong>Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</strong></a></li> </ul> en-US masagi@unisba.ac.id (Giantomi Muhammad) tarbiyah.unisba@ac.id (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) Mon, 06 May 2024 15:25:04 +0800 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Konsep Uswah Hasanah dalam Pendidikan Islam https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3523 <p>Di antara faktor penyebab terjadinya dekadensi moral peserta didik adalah minimnya keteladanan dari orang tua, guru, individu dan komunitas masyarakat, dan para pemimpin. Era supra informasi ini pun memberikan dampak yang cukup signifikan, sebab peserta didik dihadapkan pada peniruan melalui media masa dan elektronik, dan termasuk manusia mempunyai fitrah <em>ghazirah</em> yang cenderung meniru orang lain. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang konsep dan hakikat <em>uswah hasanah</em> dalam perspektif pendidikan Islam sudah menjadi suatu keniscayaan dikuasai yang kemudian diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep <em>uswah hasanah</em> (keteladanan yang baik) menjadi salah satu komponen inti dalam transformasi konten pendidikan Islam yang berlandaskan pada Q.S. Al-Ahzab: 21 dan hadis bahwa akhlak Rasulullah saw. adalah Alquran. <em>Uswah hasanah</em> dianggap sebagai metode pendidikan Islam yang paling efektif dan berpengaruh pada kebiasaan, sikap, hingga menjadi tindakan. Urgensi konsep <em>uswah hasanah</em> dalam kehidupan adalah sebagai bukti ketaatan pada Allah dan Rasulullah saw. Dan bangsa yang berperadaban baik dimulai dari individu yang baik. Adapun pengembangan model penanaman nilai karakter melalui peneladanan dapat dilakukan dengan keteladanan dan pembiasaan baik yang disengaja ataupun tidak. Serta, implikasi pedagogi metode <em>uswah hasanah</em> ini menunjukkan bahwa pendidik adalah pewaris pada nabi, pendidikan adalah <em>uswah hasanah</em>, dan keteladanan itu dimulai dari diri sendiri. </p> Iwan Sanusi, Andewi Suhartini, Haditsa Qur'ani Nurhakim, Ulvah Nur'aeni, Giantomi Muhammad Copyright (c) 2024 Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3523 Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0800 Antara Tradisi dan Transformasi: Menjelajahi Peran Mata Kuliah Kepribadian dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Era Globalisasi https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3436 <p>Krisis etika di kalangan mahasiswa telah menjadi perhatian yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar penyebab dan implikasi dari krisis ini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dari sampel mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui survei dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kasus kecurangan akademik, perilaku tidak etis di media sosial, dan insiden bullying serta diskriminasi di lingkungan kampus. Analisis menyimpulkan perlunya pendidikan karakter yang holistik yang mencakup nilai-nilai moral dalam kurikulum akademik untuk mengatasi tantangan ini. Kesimpulannya, upaya kolaboratif dari institusi pendidikan, dosen, dan mahasiswa diperlukan untuk memperbaiki situasi ini dan membangun lingkungan kampus yang lebih etis.</p> Sahrona Harahap, Sholeh Pambudi, Fajar Nugraha Copyright (c) 2024 Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3436 Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0800 Pengembangan Pendidikan Karakter di Masyarakat https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3517 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk mengembangkan model pendidikan karakter di masyarakat. Latar belakang ini muncul seiring dengan peran penting karakter dalam membentuk identitas individu dan kemampuan sosialisasi mereka dengan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki potensi pengembangan model pendidikan karakter berbasis masyarakat dengan memanfaatkan metode studi kepustakaan atau <em>library research</em>. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakter mencerminkan cara berprilaku dan berfikir yang menjadi ciri khas setiap individu, memberikan landasan kuat untuk bersosialisasi dengan keluarga, masyarakat, dan negara. Nilai-nilai karakter tersebut bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Dalam konteks pengembangan, model pendidikan karakter dapat diperkuat melalui pendekatan seperti Model PML (Pembangunan Masyarakat Lokal), Model PS (Perencanaan Sosial), dan Model AS (Aksi Sosial). Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penguatan model ini bukan hanya meningkatkan pemahaman nilai-nilai karakter, tetapi juga mempromosikan keterlibatan masyarakat dalam membentuk fondasi moral dan etika yang kuat. Dengan demikian, model ini berpotensi memberikan kontribusi positif dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan nilai-nilai karakter dan berdaya saing tinggi.</p> Miftahul Huda Copyright (c) 2024 Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3517 Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0800 Nilai-Nilai Sufistik dalam Pelayanan Paliatif Pasien Terminal Rumah Sakit Islam Siti Khodijah Palembang https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3529 <p>Penelitian ini ditujukan untuk meneliti nilai-nilai Sufistik yang diterapkan oleh pelayanan Paliatif terhadap pasien terminal di Rumah Sakit Islam Siti Khodijah Palembang. Hal ini dikarenakan orang-orang yang memiliki penyakit kronis atau sudah tahap terminal sangat membutuhkan bantuan moril yang akan menyirami jiwa mereka agar menjadi lebih dekat kepada pencipta serta rido menerima penyakit yang diderita sebagai bagian dari takdir. Penelitian ini bersifat Kualitatif dengan menggunakan pendekatan tasawuf. Data primer berasal dari hasil wawancara terhadap 10 orang pasien dan 2 orang tenaga paliatif. Data sekunder berasal dari beragam buku, artikel dan jurnal yang terkait dengan tema penelitian. Semua data diperoleh melalui 3 cara yaitu : wawancara, observasi dan dokumentasi. Seluruh data tersebut akan dianalisis dengan metode reduction, data display dan conclusion drawing/ verification. Mengalisis data penyajian fakta secara sistematis berdasarkan fakta data yang diperoleh, sehingga dapat mudah dipahami dan disampaikan. Hasil temuan menujukan bahwa pelayanan paliatif yang diberikan kepada pasien penyakit terminal di Rumah Sakit islam Siti Khodijah Palembang menggunakan ajaran islam di dalamnya terutama nilai- nilai sufistik. Nilai-nilai tersebut antara lain nilai taubat, nilai sabar, nilai tawakkal, nilai ridha, nilai ikhlas, nilai takut( khauf), nilai yakin dan nilai dzikir. Berbagai nilai- nilai sufistik tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup pasien. Hal ini terlihat dari banyaknya Tingkat kesadaran para pasien terhadap pelayanan paliatif yang diberikan.</p> Elsa Pertiwi, Apriyanti, Ahmad Soleh sakni Copyright (c) 2024 Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3529 Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Pembiasaan Sholat Dhuha Terhadap Kedisiplinan Ibadah Siswa https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3394 <p>Pembiasaan sholat dhuha berjamaah sebagai bentuk latihan religius dapat menjadi instrumen yang efektif dalam membentuk kedisiplinan ibadah siswa. Dengan kedisiplinan ibadah yang baik, diharapkan siswa dapat menginternalisasikan nilai – nilai keagamaan dan mempraktekkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari – hari, baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiasaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan ibadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket atau kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan dianggap homogen.&nbsp; Sampel diambil dari populasi yaitu siswa SMP KP Baros, dan sampel yang diambil sebanyak 31 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembiasaan sholat dhuha terhadap kedisiplinan ibadah siswa. Dengan nilai signifikasi 0,000 &lt; 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,366 yang menunjukkan bahwa sebesar 36,6% kedisiplinan ibadah siswa (Y) dipengaruhi oleh pembiasaan sholat dhuha (X), maka ho ditolak dan ha diterima.</p> Tri Yugo Copyright (c) 2024 Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter https://journals.unisba.ac.id/index.php/masagi/article/view/3394 Wed, 27 Mar 2024 00:00:00 +0800