https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Peran Orang Tua dalam Membangun Karakter pada Anak melalui Penerapan Kebiasaan Bangun Pagi

Authors

  • Joni Haryanto Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6160

Keywords:

Orang Tua, Bangun Pagi, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat yang terdiri dari bangun pagi, beribadah, berolahraga, makan makanan sehat dan bergizi, giat belajar, bermasyarakat, dan tidur cepat, merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh kemendikbud. Tujuannya untuk menghasilkan generasi muda Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter. Namun program ini tentu harus melibatkan peran orang tua dalam penerapannya karena ada kebiasaan tertentu yang dilakukan di rumah, salah satunya adalah kebiasaan bangun pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi orang tua dalam membiasakan anak bangun pagi sebagai bagian dari program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan enam keluarga di Palembang dengan anak usia 6–12 tahun. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil menunjukkan lima strategi utama yaitu penetapan rutinitas malam, peningkatan motivasi anak, keteladanan orang tua, penciptaan lingkungan yang mendukung, dan komunikasi efektif. Tantangan yang dihadapi orang tua meliputi kebiasaan anak tidur larut dan kurangnya pemahaman tentang manfaat bangun pagi. Penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi orang tua dalam membentuk kebiasaan positif anak.

References

Ali, G. T., Salam, R., & Achmad, R. (2024). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan di Era Globalisasi. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 149–161. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2

Amarullah, R. Q. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Uswah Hasanah dan Keterampilan Abad 21. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 84–101. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 12(2), 266–274. https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605

Arifin, F, A, R., & Tjahjono, A. B. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak Anak Di Keluarga the Role Of Parents In The Child’s Moral Education In The Family. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 456–464.

Azzahra, A. S, Ferdy, A. P, Ma’ruf A & Nadiatul, H. (2024). Kajian Literatur Sholat Shubuh dan Implikasinya Terhadap Kebugaran Jasmani. Student Scientific Creativity Journal, 2(5), 85–90. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i5.4043

Daulay, H. P. (2021). Historisitas dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah. PT. Tiara Wacana.

Endriani, A. (2017). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Sikap Disiplin. Jurnal Pedagogy, 4(2), 42–49.

Fadholi, M., & Inayati, N. L. (2023). Upaya Manajemen Kesiswaan Dalam Membentuk Karakter Islami. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(3), 569–585. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i3

Fadilah, R, A, W, S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., & Elisanti, A. D. (2021). Pendidikan Karakter. CV. Agrapana Media.

Hablaini, S., Lestari, R. F., & Niriyah, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Kuantitas Dan Kualitas Tidur Pada Anak Sekolah (Kelas Iv Dan V) Di Sd Negeri 182 Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 4(1), 26–37. https://doi.org/10.36341/jka.v4i1.1252

Harahap, E. F., Araminta, N., Sitorus, M., Islam, U., & Sumatera, N. (2025). Peran Orang Tua Sebagai Teladan dalam Pendidikan Akhlak pada Anak. Absorbent Mind: Journal Of Psyichology and Child Development, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.37680/absorbent

Hidayanto, D. N. (2019). Manajemen Waktu: Filosofi Teori Implementasi. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Ivanovich Agusta. (2023). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. In Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian (Vol. 27, Issue 10, pp. 1–11).

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Kemendikbud. (2024). Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat: Membentuk Generasi Berkarakter. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/gerakan-7-kebiasaan-anak-indonesia-hebat-membentuk-generasi-berkarakter

Khusni, M. F. (2018). Fase Perkembangan Anak Dan Pola Pembinaannya Dalam Perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.361-382

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Maryono, Hendra Budiono, & Resty Okha. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(I), 20–38. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Mubarok, A. Z. (2019). Model pendekatan pendidikan karakter di pesantren terpadu. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 134. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1680

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. PT. Bumi Aksara.

Nasution, T. (2018). Membangun kemandirian siswa melalui pendidikan karakter (Building Student Independence Through Character Education). Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–19.

Nugraha, M. A., An, D. A., Qolbi, K., & S, W. Q. (2024). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Era Digitalisasi di Sekolah. Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 136–148. https://doi.org/10.29313/masagi.v1i2

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa di Sd Negeri No. 13/1 Muara Bulian. FKIP Universitas Jambi, 1(13), 1–16.

Prasetyo, N. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini Seri Bacaan Orang Tua Milik Negara Tidak Diperjualbelikan. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Rasyid, M. A. (2015). Ajaibnya Bangun Pagi, Subuh, Dhuha, & Mengaji di Pagi Hari. Safirah.

Rif’ah, S., Nazla, T., Rizqiannor, M., Nofriansyah, M., Putri, E., Fatmasari, E., Dewi, R. E., & Fajeriyati, N. (2024). Dampak Buruk Sering Tidur Larut Malam Bagi Kesehatan Akibat Gadget pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama di Kota Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3706–3710. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.768

Rokmanah, M., Syachruroji, A., Putri, A. N., & Artikel, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Tidur Anak-Anak Sekolah Dasar Dalam Era Game Online. Jurnal on Education, 6(2), 9947–9952.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

Sari, D. (2017). Peran Orang tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 1–43.

Sari, N., Januar, & Anizar. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107

Satria, K. Q., & Sutrisno, S. (2021). Manajemen Skala Prioritas Kehidupan Manusia dalam Perspektif Agama Islam. NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 7(2), 197–210. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v7i2.357

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Stephen, R. C. (2020). The 7 Habits of Highly Effective People. Simon & Schuster.

Umamy, E., Kristiawan, I., & Efendiy, K. (2024). Membangun Kreativitas: Peran Karakter, Motivasi, dan Lingkungan Belajar. CV. Intelektual Manifes Media.

Wahono, J. (2014). Pentingnya Organisasi Dalam Mencapai Sebuah Tujuan. Academy of Education Journal, 5(1), 71–79. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.113

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi. Prenadamedia Grup.

Zain, M. A., & Hanif, M. I. (2023). Optimalisasi Manajemen Waktu Tidur Demi Meningkatkan Produktivitas Remaja Dengan Pendekatan Kesehatan Dan Nilai-Nilai Islam. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(4), 153–161. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.225

Zuhairansyah, A. (2022). Pengelolaan Waktu dalam Pendidikan Islam. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 29–43. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.746

Downloads

Published

2025-03-04

How to Cite

Joni Haryanto. (2025). Peran Orang Tua dalam Membangun Karakter pada Anak melalui Penerapan Kebiasaan Bangun Pagi: . Masagi: Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 318–336. https://doi.org/10.29313/masagi.v2i1.6160