https://aboutmusicschools.com https://slotmgc.com https://300thcombatengineersinwwii.com https://mobilephonesource.co.uk https://discord-servers.io https://esmark.net https://slotmgc.com https://nikeshoesinc.us https://ellisislandimmigrants.org https://holidaysanthology.com https://southaventownecenter.net https://jimgodfreydesign.com https://mckinneypaintingpros.com https://enchantedmansion.org https://mckinneypaintingpros.com https://laurabrodieauthor.com https://holidaysanthology.com https://ardictionary.com https://113.30.151.116 https://103.252.118.20 https://206.189.83.174 https://157.230.39.109 https://128.199.85.208 https://172.104.51.149 https://174.138.21.250 https://157.245.50.183 https://152.42.239.189 https://188.166.210.125 https://152.42.178.155 https://192.53.172.202 https://172.104.188.91 https://103.252.118.157 https://63.250.61.107 https://165.22.104.74

Edukasi Permainan Bahasa Dalam Iklan Produk Umkm Desa Tolengas

Authors

  • Rosida Tiurma Manurung Universitas Kristen Maranatha
  • Meilani Rohinsa Universitas Kristen Maranatha
  • Maria Yuni Megarini Universitas Kristen Maranatha
  • Tessalonika Sembiring Universitas Kristen Maranatha
  • Chandra Kuswoyo Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.29313/idea.v3i1.5296

Keywords:

Permainan Bahasa, UMKM, Tolengas

Abstract

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian negara, namun tidak jarang pelaku UMKM menghadapi tantangan yang beragam dan kompleks. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah dalam pemasaran dan promosi. Saat ini masih banyak UMKM yang menghadapi kesulitan dalam memasarkan produk mereka. Hal ini umumnya dikarenakan kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM dalam hal strategi pemasaran dan promosi. Pemasaran ataupun promosi suatu produk UMKM  tentunya memerlukan tata bahasa iklan yang menarik dan tepat. Guna mendukung pelaku UMKM di Desa Tolengas  untuk memasarkan maupun mempromosikan produknya, maka Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha yang melakukan kegiatan Edukasi Permainan Bahasa dalam Iklan Produk UMKM di Desa Tolengas, Kabupaten Sumedang. Hasil yang dapat disimpulkan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UMKM dalam hal permainan bahasa. Dengan adanya kegiatan psikoedukasi ini  para peserta semakin memahami bahwa permainan bahasa merupakan alat komunikasi yang menyenangkan, dan dapat diterapkan dalam pergaulan sehari-hari maupun dalam kegiatan bisnis dan di media sosial. Para peserta semakin memahami perlunya pemilihan bahasa yang menarik dalam iklan, agar orang yang membacanya dapat merespon postif iklan tersebut.

References

Christina. (1991). Pengalaman Sebagai Suatu Proses. Rosda Karya.

Hutahaean, S. (2004). Analisis Bahasa Iklan pada Majalah Kartini. Jurnal Ilmu Budaya. https://journal.unilak.ac.id/index.php/jib/article/view/668

Junieles, R., & Arindita N, S. F. (2020). Karakteristik dan Fungsi Bahasa Iklan Bisnis Layanan Aplikasi Chating di Youtube. Jurnal Konfiks, 7(1).

Kementrian Keuangan RI Direktorat Jendral Perbendaharaan. (n.d.). Retrieved October 30, 2024, from https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/

Nanang. (2021). Potensi UMKM Sumedang Luar Biasa. Medikom Online. https://medikomonline.com/berita/pemda/potensi-umkm-sumedang-luar-biasa

Downloads

Published

2024-11-29