Penguatan Program Literasi dan Numerasi Keluarga di Desa Citimun menuju Citimun Juara
DOI:
https://doi.org/10.29313/idea.v3i1.5255Keywords:
pendampingan, literasi, numerasi, keluargaAbstract
Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat desa Citimun mengenai implementasi program literasi dan numerasi di lingkungan keluarga guna mewujudkan masyarakat desa Citimun yang unggul dan berdaya. Landasan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yaitu pemahaman literasi dan numerasi masih dilaksanakan dengan kegiatan rutin di lingkungan keluarga, adanya asumsi bahwa implementasi literasi dan numerasi hanya dapat dilaksanakan di sekolah, dan adanya asumsi perkembangan literasi dan numerasi anak menjadi tanggung jawab sekolah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode community based participatory research dengan jumlah sasaran pengabdian sebanyak 50 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu adanya peningkatan pemahaman peserta pengabdian mengenai literasi dan numerasi serta kemampuan peserta pengabdian dalam mengimplementasikan program literasi dan numerasi dengan kegiatan-kegiatan inovatif. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini yaitu pengabdian akan memberikan dampak positif apabila direncanakan dengan baik, berdasarkan hasil analisis kebutuhan mitra, disesuaikan dengan kebiasan masyarakat desa, dan dengan pendampingan yang berkelanjutan.
References
Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga (program pengabdian di Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja). Abdimas Siliwangi, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34
Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., Mugara, R., Muliadi, D. R., & Risnawati, S. (2019). Program Pendampingan Dalam Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Ecoliteracy Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 2(2), 122. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p122-128.3327
Bakhtiar, A. M. (2016). Curriculum Development of Environmental Education Based on Local Wisdom at Elementary School. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 15(3).
Ekawati, R., Firdaus, F., & Wahyuni, Y. S. (2022). Pentingnya Literasi Numberasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bersama Radio Rri. Menara Pengabdian, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.31869/jmp.v2i2.3932
Fatin Fauziyyah, D. (2020). Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, Volume 10, 61–70. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i2.2800
Ferianti, N., & Irna, I. (2020). Pengembangan Strategi Literasi Keluarga Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Penelitian Pengembangan pada siswa kelompok B PAUD BAI Rumah Cendekia Kabupaten Bogor). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.415
Ginting, C. A. A. B., Saputri, L., Mardiana, M., Sitepu, D. R. B., Afni, K., Devieta, A., Dinanti, I., & Tarigan, S. B. (2023). Pendampingan literasi dan numerasi anak usia sekolah dasar di Padang Cermin, Langkat, Sumatera Utara. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 123–129.
Inten, D. N., Aziz, H., Hakim, H. Q. N., & Mulyani, D. (2024). Pelatihan pengajaran hafalan quran melalui metode ritme otak sebagai upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru Madrasah Diniyah Kecamatan Pangalengan. Abdimas Siliwangi, 7(2), 293–306.
Irawanto, A., Elissa, K., & Gustika, M. (2022). Peningkatan literasi, numerasi, dan kreativitas dengan bercerita. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5(3), 6504–6512.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36
Rahmadanita, A. (2022). Rendahnya Literasi Remaja di Indonesia: Masalah dan Solusi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 8(2), 55. https://doi.org/10.20961/jpi.v8i2.66437
Ria, R. F. R. A., & Nourma Oktaviarini. (2023). Pendampingan Penguatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Kanigara, 3(2), 173–183. https://doi.org/10.36456/kanigara.v3i2.7758
Rony, Z., & Aryanto, S. (2019). Coaching Competency as a Solution for Indonesian Headmaster of Elementary School in Disruption Era. Proceedings of the Proceedings of the 1st International Conference on Business, Law And Pedagogy, ICBLP 2019, 13-15 February 2019, Sidoarjo, Indonesia, 13–15. https://doi.org/10.4108/eai.13-2-2019.2286504
Sadriani, A., Arifin, I., GH, M., & Ruslan, Z. A. (2023). Peningkatan literasi dan numerasi siswa melalui program pojok baca di SD Negeri Pampang. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–36.
Wasik, B. H. (2012). Handbook of Family Literacy (B. H. Wasik, Ed.; 2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203841495
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Euis Eti Rohaeti, Galih Dani Septiyan Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.