FUNGSI GRUP ICR DAKWAH FACEBOOK SEBAGAI SARANA DAKWAH
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.v4i2.5067Keywords:
Dakwah, Facebook, Media Sosial, ICR DakwahAbstract
This study discusses ICR Dakwah group on Facebook which is useful for spreading Islamic da'wah. Judging from the phenomenon, the development of the times, the influence of social media is very strong for the community. several ways from each era are carried out so that da'wah continues to develop and continues to run as it should. therefore, the author is very interested in analyzing it. The method used is descriptive qualitative method which aims to collect detailed actual information that describes the existing problems. The results of this study have illustrated that a social media forum continues to run well in spreading Islamic da'wah. Social media is very helpful in spreading da'wah today, in which many people prefer social media as a medium of communication and provide news quickly. This is a forum for expressing or communicating with each other in adding knowledge about da'wah according to the times.
Penelitian ini membahas grup ICR Dakwah yang ada di facebook yang mana berguna sebagai penyebaran dakwah islam. Dilihat dari fenomenanya, semakin berkembangnya zaman, pengaruh sosial media sangat kuat untuk para masyarakat. Beberapa cara dari setiap zaman dilakukan agar dakwah terus berkembang dan terus berjalan sebagimana mestinya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang menggambarkan persoalan yang ada. hasil penelitian ini telah menggambarkan bahwa suatu forum sosial media terus berjalan dengan baik dalam penyebaran dakwah islam. Media sosial sangat membantu dalam penyebaran dakwah masa kini, yang mana banyak masyarakat lebih memilih sosial media sebagai media komunikasi dan memberikan kabar secara cepat. Hal ini merupakan salah satu wadah mengekspresikan atau saling berkomunikasi dalam menambah ilmu tentang dakwah sesuai perkembangan zaman.
References
Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia Al-‘Ashry. Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 1998.
Al-Wa’iy, Taufiq Yusuf. Fikih Dakwah Ilallah. Jakarta Timur: Al-‘Itishom, 2011.
Aminudin. “Facebook Sebagai Media Dakwah.” Diakses 02 Januari 2023, dari Institut Agama Islam Negeri Kendari.
Anida, dkk. “Strategi Dakwah Bil Hikmah Media Sosial Facebook Terhadap Akun @pecintaudud (Ustadz Maududi),” JRF: Journal of Religion and Film, Volume 3 Nomor 1 2024.
Ghazali, Zulfikar. “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Dakwah Dalam Masyarakat Virtual.” Vol. IV, No. 1, Desember 2016 – Mei 2017.
Hamid. Ad-Dakwah Ilallah bil Hikmah wa Al-Maw’izah Al-Hasanah. Mesir: Al-Hay’ah Al-Mishriyyah Al-‘Ammah, 1996.
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook, diakses pada 27 Oktober 2024, pukul 7:54 WIB.
Manzur, Ibnu. Lisanul ‘Arab, jilid:14. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-ilmiyah, 2009.
Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Arab-Indonesia Al-Munawwir. Yogyakarta: ttp, 1984.
Nadhiri, Nanda Ghilman. dkk. “Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah terkait Kesadaran Beribadah Mahasiswa Unisba.” Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam (JRKPI), Volume 4, No. 1, Juli 2024.
Sa’id, Abu Abdurrahman bin ‘Aly bin Wahf Al-Qahthani. Al-‘Alaqah Al-Mutslaa bayna Ad-Du’at wa Wasail Al-Itishol Al-Haditsah fii Dhoui Al-Kitab wa As-Sunnah. Riyadh: Muasasah Al-Jarisi Litauzi’ wal ‘ilan, 1432 H.
Taimiyah, Ibnu. Majmu’ Fatawa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, jilid.15. Arab Saudi: 1995.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.