PENGARUH TREN HIJAB FASHION DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP CARA BERPAKAIAN ISLAMI MAHASISWI UNISBA FAKULTAS DAKWAH ANGKATAN 2019

Authors

  • Yayuh Khufibasyaris Universitas Islam Bandung
  • Hendi Suhendi Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29313/hikmah.v4i1.3361

Keywords:

Trend, Hijab Fashion, Social Media Tiktok

Abstract

This research examines how much influence 2019's Dakwah Faculty of Unisba Student of the hijab fashion trends in the social media of TikTok on how to dress Islamic by applying the field research and qualitative method. Along with the development of communication and information technology brings new things and diversity in religion. Indonesia is a country that the majority of the population is Muslims, so that using the hijab has become a common thing in society. The hijab is the identity of a muslim and changes as the times grow and experienced modernization. The social media most frequently accessed by college student is TikTok. Through social media, information about the fashion trend of hijab has become widespread and unbridled. The manufacturers made TikTok an advertising medium and promotion. 

Penelitian ini meneliti seberapa besar pengaruh tren hijab fashion di media sosial TikTok terhadap cara berpakaian Islami Mahasiswi Unisba Fakultas Dakwah Angkatan 2019 dengan menerapkan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif.  Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi membawa nuansa baru dan keragaman dalam keberagamaan. Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, sehingga menggunakan jilbab sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Jilbab merupakan pembentuk identitas seseorang sebagai muslimah mengalami perubahan seiring perkembangan zaman dan mengalami modernisasi. Media sosial yang paling sering diakses oleh mahasiswi adalah TikTok. Melalui media sosial TikTok, informasi mengenai tren fashion hijab telah merajalela dan tidak terbendung. Para pembisnis pakaian menjadikan TikTok sebagai media iklan dan promosi. 

References

Aripudin, A. (2013). Sosiologi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bagaskara, B. (2022, September 30). Aturan Lengkap Berbusana Islami di Kampus Unisba. Retrieved from detikJabar: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6321750/aturan-lengkap-berbusana-islami-di-kampus-unisba

Damayanti, I. (2020, March 13). Berpakaian tapi Telanjang, Apa Maksudnya? Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/q74yyt430/berpakaian-tapi-telanjang-apa-maksudnya

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian. Sukabumi: CV Jejak.

Hariansyah. (2018). Millenials Bukan Generasi Micin. Bandung: Guepedia Publisher.

Kim. (2005). Consumer Profiles Of Apparel Product Involvement and Values. Journal Of Fashion.

Mahmud, Y., Paat, C. J., & Lesawen, L. (2020). Jilbab sebagai Gaya Hidup Wanita Modern di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Holistik, 13(3), 1-14. Retrieved January 13, 2023, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/29404

Malia, J. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Estetika Berpakaian Islami Remaja Putri (Studi Di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Muthahhari, M. (2013). Teologi dan Falsafah Hijab: Teologi Sosial Hijab Perempuan dalam Konsep Agama Islam. Yogyakarta: Rausyanfikr Institute.

Partic, L. (2014). Jilbab Bukan Jilboob: 101 Cara Berhijab Sempurna. Jakarta: Penerbit Kalil.

Qothrunnada, K. (2022, August 16). Pengertian Estetika: Teori, Fungsi, dan Unsur di Dalamnya. Retrieved from detikJabar: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6237367/pengertian-estetika-teori-fungsi-dan-unsur-di-dalamnya

Sumartono, & Djabar. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Surat Al-A’raf Ayat 26. (n.d.). Retrieved from TafsirWeb: https://tafsirweb.com/2480-surat-al-araf-ayat-26.html

Zamhari, A., & Triasari. (2021). Hijab Fashion sebagai Strategi Dakwah pada Hijabers Community Jakarta. Jurnal MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 7(1), 1-27. Retrieved January 13, 2023, from https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/JMD/article/view/71-01

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Yayuh Khufibasyaris, & Suhendi, H. (2024). PENGARUH TREN HIJAB FASHION DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP CARA BERPAKAIAN ISLAMI MAHASISWI UNISBA FAKULTAS DAKWAH ANGKATAN 2019. HIKMAH : Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29313/hikmah.v4i1.3361

Issue

Section

Articles