TANTANTANGAN DAKWAH MELAUI PODCAST SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.29313/hikmah.v4i1.3325Keywords:
Da'wah Activities, Podcast, Da'wah Broadcasts, Online Media PlatformsAbstract
Da'wah activities must adapt to the conditions of society. It is important to plan different methods so that da'wah can work optimally. The presence of a podcast is one of the best opportunities for preaching in this modern era. The purpose of this article is to explore the possibility of podcast media as a choice of da'wah media for da'wah material in modern times. The method used is descriptive qualitative with library research. The results of this study indicate that podcasts are starting to be in demand and have become the choice of some groups, including da'wah broadcasts. Podcasts were chosen because they are practical, effective, can be listened to at any time, and can even be done by cooperating with several other online media platforms. Podcasts are a way to continue da'wah outside of the usual da'wah activities.
Kegiatan dakwah harus menyesuaikan dengan kondisi masyarakat. Penting untuk merencanakan metode yang berbeda agar dakwah dapat bekerja secara optimal. Kehadiran Podcast merupakan salah satu peluang terbaik untuk berdakwah di zaman modern ini. Tujuan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi kemungkinan media Podcast sebagai pilihan media dakwah untuk materi dakwah di zaman modern. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Podcast mulai diminati dan menjadi pilihan sebagian kalangan termasuk siaran dakwah. Podcast dipilih karena praktis, efektif, dapat didengarkan kapan saja, bahkan dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan beberapa platform media online lainnya. Podcast adalah cara untuk melanjutkan dakwah di luar kegiatan dakwah yang biasa dilakukan.
References
Ahmad, N. (2013). Tantangan Dakwah Di Era Teknologi Dan Informasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.
Ariyanto, P. P. (2021). Podcast Sebagai Media Dakwah Era. Academic Journal of Da’wa and Communication, 108-112.
Athik Hidayatul Ummah(1), M. K. (2020). Podcast Sebagai Strategi Dakwah Di Era Digital : Analisis Peluang Dan Tantangan. Komunike.
Aziz, M. A. (2017). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Hafidhuddin, D. (2001). Dakwah Aktual. Jakarta: Gema Insani Press.
Imarshan, I. (2021). Popularitas Podcast Sebagai Pilihan Sumber Informasi Bagi Masyarakat Sejak Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis.
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media . Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah.
Nikmah, F. (2020). Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Milenial. Jurnal Kajian Islam Kontemporer.
Podcast Sebagai Media Dakwah Alternatif Di Era Pandemi Covid-19. (2021). Institut Agama Islam Negeri Langsa -Indonesia, 199-209.
Religiusitas Media Dakwah Podcast Islam Spotify. (2021). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Septarina. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan Podcast Sebagai Media Sarana Informasi Pada Prokopim Kota Bandung. Jurnal Ilmiah.